Tips Traveling ke Korea

Sebenernya demam huruf K di negara kita gak melulu cuma tentang musik dan drama. Traveling dan impian ingin menuju Korea Selatan sana pun tidak kalah menggemanya.

Gimana tidak? Siapa yang tidak terkesima dengan keindahan Korea yang tergambar jelas baik di video klip K-Pop atau drakor.

Pertanyaannya, apakah kamu sudah siap ke sana? Mulai dari paspor, visa, dan lain sebagainya.

Silakan simak tips traveling ke Korea berikut yang dilansir dari LanggasBlog.

Tips Traveling ke Korea

Mengurus paspor dan visa

Jalan-jalan atau liburan ke luar negeri, sudah pasti butuh paspor dan visa.

Uruslah sesegera mungkin tapi dengan perhitungan waktu sebaik mungkin, agar paspormu tidak habis masa berlakunya ketika akan berangkat ke Korea.

Sebagai catatan, Pemerintah Korea Selatan meminta syarat fotokopi rekening koran selama 3 bulan atau kopi dari surat pemberitahuan pajak penghasilan. Siapkan sebelum mengurus visa dan paspornya ya.

Menukar mata uang

Perlu kamu ketahui, kalau di Korea Selatan tidak menggunakan sistem nomor PIN untuk pembayaran yang menggunakan kartu kredit.

Korsel menggunakan tanda tangan digital untuk memverifikasi pembayaran kartu kredit di sana.

Lebih jauh, selalu dan selalu siapkan uang cash dalam bentuk mata uang Korsel, yaitu Won.

Paket data atau Wifi

Ketika berlibur ke beberapa negara di luar negeri, keberadaan internet sangatlah penting. Salah satunya ya di Korsel ini.

Tidak heran, Korea Selatan menyediakan jasa penyewaan Wifi di beberapa lokasi. Untuk awalan, kamu bisa koneksikan smartphone kamu ke Wifi di Bandara. Manfaatkan sebaik-baiknya untuk mencari informasi.

Mbah Google

Masih berkenaan dengan internet, Google ibarat kamus atawa ensiklopedia berjalan yang bakal berguna banget waktu kamu di Korea.

Secara, mereka jarang ada yang bisa berbahasa Inggris, dengan Google Translate tentu akan sangat membantu untuk memahami bahasa penduduk lokal.

Tidak hanya untuk menerjemahkan bahasa, Google juga biasa digunakan para traveler untuk mengecek peta ketika dalam perjalanan.

Praktis!

Mempelajari budaya

Budaya Korsel hampir mirip dengan budaya Jepang. Misalnya, kebersihan lingkungannya — buang sampah ya di tempat sampah. Gak sembarangan!

Budaya yang lain yaitu, budaya antri (tidak menyela), mengucap salam, dan berterimakasih setelah dibantu akan jamak kamu temui di sini.

Kalau kamu terbiasa hidup tertib, tentu mudah. Tapi, kalau tidak (duh), pelajari dengan seksama agar liburanmu menjadi lebih nyaman di sana.

Hotel

Akomodasi penginapan jelas wajib ada. Pertanyaannya, adakah tips khusus perihal topik perhotelan ini?

Tidak jauh beda dengan tips traveling pada umumnya, sebaiknya (kalau bisa) kamu menyewa kamar di penginapan yang dekat dengan pusat wisata atau pusat kota.

Tak hanya memudahkan ketika kamu akan berangkat menuju ke tempat-tempat wisata yang akan kamu datangi, kamu juga bisa berinteraksi dengan penduduk lokal dan meminta bantuan ketika membutuhkan sesuatu.

Pemandu lokal

Tips yang ini opsional, terutama ketika kamu ingin berangkat ke destinasi yang jauh dari lokasi penginapan.

Namanya tempat asing, ya pilihannya cuma dua: pakai travel guide dari Indonesia (agen travel) atau pakai guide lokal di negara tujuan.

Sekali lagi, ini opsional. Hanya untuk memudahkan saja.

Objek wisata anti-mainstream

Tips ini bisa kamu lakukan kalau kamu berangkat sendiri tanpa jasa agen travel yang biasanya sudah menetapkan mau ke objek wisata mana saja.

Spot wisata seperti pasar tradisional, kafe-kafe unik bisa kamu temukan ketika kamu eksplorasi di Korea sana.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.