Tips Praktis Mencuci Baju

Zaman sekarang ini, kegiatan mencuci pakaian semakin mudah dengan kehadiran mesin cuci. Namun demikian, dalam proses pencucian, anda masih perlu memperhatikan hal-hal berikut ini agar hasil cucian maksimal dan mesin cuci tetap awet.

Berikut ini adalah tips mencuci praktis yang bisa anda terapkan pada saat mencuci pakaian menggunakan mesin cuci.

Tips Praktis Mencuci yang Work!

trik mencuci pakaian

1. Gunakan Obat Kumur untuk Membersihkan Mesin Cuci

Tips pertama yakni menggunakan obat kumur untuk membersihkan mesin cuci. Caranya yakni isi tabung mesin cuci dengan ½ penuh. Kemudian tuangkan obat kumur (mouthwash) sebanyak ½ gelas ke dalam tempat memasukkan sabun. Putar mesin, lalu kuras air dari dalam mesin cuci.

2. Gunakan Tas untuk Kaos Kaki

Mencuci kaos kaki bisa diakali dengan membungkusnya dengan sebuah tas yang disebut laundry net. Hal ini dilakukan agar saat pencucian kaos kaki tidak tercecer. Terkadang, jika tercecer kita akan sulit menemukan kaos kaki tersebut.

3. Kaos Kaki Dicuci dengan Air Dingin

Selain menggunakan tas laundry net, mencuci kaos kaki juga sebaiknya menggunakan air dingin. Hal ini dikarenakan noda kaos kaki lebih didominasi dari keringat kita, sehingga tidak akan hancur saat terkena air panas. Tips ini rekomended banget untuk diterapin supaya kaos kakinya ga kendor.

4. Gunakan Aspirin

Aspirin atau obat penahan rasa sakit ternyata memiliki kegunaan untuk mencui pakaian berwarna putih. Kandungan Salicyl Acid di dalamnya membantu memutihkan baju yang berwarna putih.

5. Tidak Terlalu Lama Mengeringkan Pakaian

Mesin cuci modern biasanya telah dilengkapi pengering (dryer) di dalamnya. Meski demikian, anda sebaiknya tak melakukan pengeringan terlalu lama di mesin pengering tersebut. Pakaian yang terlalu lama dikeringkan lebih susah untuk disetrika.

6. Gunakan Sampo Bayi untuk Mencegah Pakaian Menyusut

Tips mencuci praktis selanjutnya adalah menggunakan sampo bayi. Sampo bayi ini digunakan untuk pakaian yang menyusut atau berubah ukuran saat dicuci. Bahan lembut pada sampo bayi dicampur air hangat membuat serat pakaian kembali terbuka.

7. Gunakan Handuk untuk Pengeringan

Peran mesin pengering pada mesin cuci bisa diganti dengan menggunakan handuk. Jika mesin cuci anda tak dilengkapi mesin pengering, gunakan handuk untuk membungkus baju-baju basah setelah pencucian. Lalu, remas lagi handuk tersebut untuk menghilangkan air resapan

8. Cuci Topi secara Khusus

Jangan sekali-kali mencuci topi di mesin cuci karena pasti bentuknya tidak dapat terjaga. Gunakan mesin pencuci piring dan letakkan pada rak bagian atas untuk mencuci topi. Intinya, topi tersebut dicuci dengan ‘perlakuan khusus’ untuk menjaga bentuk dan warnanya.

9. Jangan Gunakan Pelembut untuk Pakaian Putih

Perlu anda ketahui jika campuran pelembut dan pewangi bisa merusak warna pakaian putih. Lebih baik hindari penggunaannya untuk pakaian berwarna putih.

10. Cuci Baju Sesuai Jenis Kain

Sebaiknya anda mulai melakukan tips mencuci praktis berikut ini, yakni mencuci sesuai jenis kainnya. Selama ini yang beredar di masyarakat adalah mencuci baju sesuai warna, padahal seharusnya hanya baju putih saja yang dipisah.

11. Masukkan Kertas Timah Agar Tidak Tersetrum

Masukkan bola kertas timah (kertas timah dibentuk menjadi bola-bola kecil) ke dalam mesin cuci agar tidak tersetrum akibat aliran listrik statis yang bisa diasilkan oleh gesekan permukaan kulit dengan jenis kain tertentu.

12. Gunakan Krim Cukur untuk Hilangkan Noda

Krim cukur kumis dan jenggot bisa digunakan untuk membersihkan noda makeup di baju anda. Caranya adalah oleskan pada noda makeup, kucek sedikit lalu diamkan seharian maka noda akan luntur sendiri.

13. Gunakan Hairdryer untuk Hilangkan Noda Membandel

Memanaskan adalah cara terbaik untuk menghilangkan noda-noda yang tak mengandung protein seperti noda jus, tanah atau rumput. Misalnya menggunakan hairdryer.


Selain mengikuti 13 hacks di atas, Anda juga bisa menggunakan mesin cuci yang bagus agar hasil cuciannya semakin bersih tanpa merusak pakaian. Untuk informasi produk mesin cuci tersebut Anda bisa mengecekya disini ya -> mesin cuci bagus.

Demikianlah pembahasan mengenai trik atau hacks agar mencuci menjadi lebih mudah dan bersih. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.