Tips Memilih Flashdisk

Sampai saat ini, flashdisk masih menjadi salah satu tempat penyimpanan portable yang sering digunakan. Bukan tanpa alasan, flashdisk dipilih karena ukuran fisiknya yang kecil tapi mampu menyimpan data cukup banyak.

Flashdisk sering digunakan oleh berbagai kalangan seperti siswa, guru, bahkan sampai pekerja kantoran sekalipun. Flashdisk memang cenderung digunakan untuk menyimpan file semacam dokumen saja, bukan film yang memiliki ukuran hingga bergiga-giga.

Untuk merk, saat ini flashdisk juga semakin berkembang di pasaran, jadi merknya juga semakin banyak. Dari segi kualitas, semua itu juga berbeda-beda, ada yang bagus dan ada juga yang biasa-biasa saja, jadi memang harus pintar memilih saat hendak membelinya.

Tips Membeli Flashdisk

Tips Memilih Flashdisk

Tujuan seseorang membeli flashdisk itu bermacam-macam, ada yang memang karena kepentingan sekolah, ada yang hanya untuk membuat bootable USB saja, bahkan ada juga yang hanya “agar punya” saja.

Nah, bagi yang hendak membeli flashdisk, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa tips memilih flashdisk yang bisa Anda terapkan.

1. Ukuran Flashdisk

Saat ini, ukuran flashdisk sudah ada bermacam-macam ya, mulai dari 1GB, 2GB, 4GB, 8GB, 16GB, 32GB, 64GB, 128GB, atau bahkan ada yang lebih besar lagi.

Nah, saat membeli flashdisk dan bingung menentukan kapasitas yang akan dipilih, silahkan kembalikan lagi ke tujuan Anda membeli flashdisk tersebut.

Semisal Anda membeli flashdisk cuma untuk menyimpan dokumen kecil saja, mungkin flashdisk dengan kapasitas 4GB sudah lebih dari cukup. Tapi, jika tujuan Anda membeli flashdisk untuk menyimpan film, maka Anda perlu kapasitas yang lebih besar lagi.

2. Merk Flashdisk

Dalam membeli barang apapun, merk selalu diletakkan pada bagian paling depan untuk dijadikan suatu pertimbangan. Semakin keren merk tersebut, biasanya seseorang akan semakin ngebet untuk memilikinya.

Merk pada flashdisk saat ini juga sangat bermacam-macam, ada Toshiba, Samsung, Sandisk, Kingston, Transcend, Corsair, Adata, dan lain sebagainya.

Dalam memilih merk flashdisk di atas, mungkin banyak yang sering kebingungan ya karena hampir semua merk memang bagus. Untuk mengambil keputusan terbaik, mungkin Anda bisa mengetahui masing-masing kelebihan dan kekurangan merk tersebut.

Ingat, Anda jangan cuma membandingkan merknya saja ya, tapi bandingkan juga tipe flashdisk tersebut. Dengan begitu, Anda akan menjadi lebih mudah mengambil keputusan mau pilih merk flashdisk apa.

3. Kemampuan Membaca Data

Setiap kelas flashdisk tentu memiliki kemampuan membaca data yang berbeda-beda. Semakin tinggi kelas flashdisk tersebut, biasanya kecepatan aksesnya akan semakin cepat.

Dalam hal ini, saya tetap menyarankan Anda untuk memilih flashdisk dengan kelas tinggi sekalian, karena akan sangat berpengaruh saat proses transfer data.

Saat ini, kelas tertinggi dari flashdisk adalah class 10. Jadi, Anda bisa memilih kelas tersebut untuk dijadikan pilihan class pada merk yang Anda inginkan.

4. Harga

Terkadang, harga menjadi sesuatu hal yang harus dipertimbangkan dengan sangat matang. Hanya selisih sedikit saja, biasanya akan menjadi pikiran.

Itu tidak mengapa, daripada malah menyesal pada akhirnya, mending dipikirkan secara matang terlebih dahulu.

Namun, biasanya, barang yang memiliki harga yang mahal itu jauh lebih baik daripada barang yang memiliki harga yang relatif murah.

Dari sini mungkin bisa Anda pertimbangkan lagi untuk memilih flashdisk yang memiliki harga lumayan mahal.

5. Kondisi Fisik

Setiap flashdisk itu memiliki bentuk yang bermacam-macam. Saran saya, usahakan jangan terlalu fokus pada bentuk ya, melainkan pada kondisi fisik saja.

Silahkan pilih flashdisk dengan kondisi fisik yang keras dan kuat. Hal ini dimaksudkan agar flashdisk tersebut tetap kokoh ketika jatuh dari ketinggian.

Nah, itulah beberapa tips memilih flashdisk yang bisa Anda praktikkan. Semoga artikel singkat ini bisa bermanfaat dan membantu Anda dalam proses pemilihan flashdisk.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.