TikTok Affiliate: Pengertian, Syarat Pendaftaran, Cara Kerja dan Keuntungannya

TikTok Affiliate

Platform video musik TikTok makin populer dan digemari belakangan ini. Bahkan Indonesia merupakan negara kedua terbanyak dengan pengguna TikTok 99,1 juta pada kuartal I 2022.

Para pengguna aktif yang dilabeli sebagai kreator pun begitu loyal dalam memproduksi konten kreatif yang membuat pengguna lain betah di platform tersebut.

Bahkan TikTok meluncurkan program TikTok Affiliate yang menjadi salah satu metode penjualan baru di TikTok. TikTok Affiliate menjadi peluang monetisasi bagi para konten kreator di sosial media tersebut. Bagi kamu yang ingin tahu tentang TikTok affiliate, berikut rangkuman lengkap terkait TikTok affiliate yang kami kutip dari laman telisikpos.com.

Apa itu TikTok Affiliate?

TikTok Affiliate merupakan sebuah program yang menjadi jembatan penghubung antara kreator dan seller (penjual). TikTok Affiliate menguntungkan untuk kedua belah pihak.

Sederhananya program TikTok Affiliate berupa kerja sama kreator dalam mempromosikan produk seller dengan membagikan link penjualan daring melalui konten kreatifnya.

Kreator mendapat keuntungan berupa komisi sebesar 5 hingga 10 persen dari penjualan per item produk yang dipromosikannya. Hal tersebut tentu menjadi peluang bagi para kreator TikTok untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari kreativitasnya.

Bagaimana Cara Kerja TikTok Affiliate?

Cara kerja TikTok Affiliate begitu sederhana, yakni hanya mempromosikan produk dan menautkan link penjualan secara daring. Produk yang dipromosikan oleh kreator bisa saja produk milik sendiri maupun produk orang lain dengan lingkup program TikTok Affiliate.

Kemudian kreator akan mendapatkan komisi dari penjualan produk yang telah dipromosikannya. Komisi tersebut dapat ditarik dengan mudah ke rekening yang didaftarkan pengguna pada program TikTok Affiliate.

Apa Keuntungan Bergabung dengan TikTok Affiliate?

Keuntungan menggiurkan dari program TikTok Affiliate yakni kreator akan mendapatkan komisi yang menggiurkan dan terbilang cukup besar mulai dari 5 hingga 10 persen dari setiap produk yang terjual.

Bahkan para pengguna yang bergabung dengan program TikTok Affiliate dapat memantau laporan komisi yang didapat dengan tampilan grafik detail. Selanjutnya kreator dapat dengan mudah menarik atau mencairkan komisi penjualan ke rekening yang terdaftar.

Siapa Saja yang Sudah Sukses menjadi TikTok Affiliate?

Program TikTok Affiliate pun bukan khayalan semata, melainkan program yang benar-benar membayar atau menambah penghasilan.

Contohnya saja sosok TikToker Mas Asel asal Bandung yang bergabung dengan program TikTok Affiliate yang mampu menembus omzet Rp300 juta dalam 8 hari.

Bagaimana Cara Mendaftar TikTok Affiliate

Untuk mendaftar ke program TikTok Affiliate pun terbilang sangat mudah yakni dimulai dengan memiliki akun TikTok Shop, berikut ini adalah cara-caranya:

  1. Kunjungi laman seller-id.tiktok.com/account/welcome
  2. Masuk (sign in) dengan akun TikTok dan lakukan otorisasi serta lakukan verifikasi
  3. Isi informasi dasar dan centang pernyataan terakhir di laman informasi dasar
  4. Lakukan verifikasi data KTP dan tunggu email balasan dari TikTok

Setelah pendaftaran tersebut, maka lanjut daftar program TikTok Affiliate sebagai kreator:

  1. Masuk ke akun TikTok dan klik pengaturan privasi serta pastikan menu TikTok Shop muncul
  2. Tambahkan produk melalui menu tambahkan produk afiliasi
  3. Pilih produk yang akan dijual atau tautkan link dari e-commerce (dalam produk tersebut terdapat informasi komisi yang akan didapat)

Tips TikTok Affiliate untuk Pemula

Sebagai affiliate baru di TikTok dan telah menambahkan beberapa produk di Toko affiliate, langkah berikutnya adalah dengan membagikan link produk melalui video.

Hal yang perlu diperhatikan sebelum mengunggah video yaitu salah satunya dengan melakukan research produk dan memilih produk yang sedang viral.

Adapun tips khusus saat pemula mengikuti program TikTok Affiliate adalah sebagai berikut:

  1. Mengisi deskripsi yang sesuai dalam video yang akan diunggah
  2. Menggunakan tagar yang tengah viral namun sesuai dengan produk yang diunggah
  3. Menggunakan video yang menarik minat pembeli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *