5 Tanda Kanker Serviks Yang Jarang Disadari Wanita

kanker serviks

image source : pixabay

Salah satu penyakit yang sering mengenai wanita dan sangat berisiko menyebabkan kematian adalah kanker serviks atau leher rahim. Sedangkan kanker yang muncul di leher rahim ini dapat semakin memburuk dan menyebar ke beberapa organ di sekitarnya. Sejauh ini para wanita pun masih banyak yang tidak tahu apa saja tanda awal dari kanker pada serviks.

Sayangnya, untuk mengetahui ada atau tidaknya kanker pada serviks itu bukanlah suatu pekerjaan yang mudah. Tanda-tanda dari kanker pada serviks sering sama dengan kondisi dari gangguan vagina yang umum terjadi pada wanita. Karena sering dianggap sebagai penyakit yang umum atau biasa, kanker tidak segera ditangani dan semakin menyebabkan masalah yang besar.

Tanda Penyakit Kanker pada Serviks

Perdarahan yang tidak normal

Perdarahan pada vagina memang dapat terjadi karena menstruasi, atau karena adanya implantasi pada janin. Namun, di luar dua hal ini, perdarahan pada vagina akan dikatakan tidak normal karena merupakan tanda-tanda dari penyakit tertentu. Nah, salah satu penyakit yang menyebabkan kondisi pendarahan ini adalah endometriosis dan kanker pada serviks.

Kalau misalnya vagina sering mengeluarkan bercak darah padahal anda sedang tidak mengalami menstruasi atau sedang hamil, sebaiknya anda waspada karena bisa saja hal ini adalah tanda-tanda awal dari kanker serviks. Anda harus segera melakukan pemeriksaan agar anda dapat mengetahui ada atau tidaknya gangguan di area serviks dan juga lapisan dari vagina.

Keluarnya cairan pada vagina yang abnormal

Sebelum memasuki masa subur wanita, vagina memang sering mengeluarkan cairan yang berwarna putih dan tidak memiliki bau. Cairan yang satu ini merupakan salah satu tanda kematangan sel telur dan mempersiapkan pembuahan. Jika ada cairan yang keluar justru memiliki bau dan agak menggumpal serta warnanya kecokelatan, vagina anda sedang mengalami gangguan.

Munculnya carian yang berwarna agak cokelat disamping dengan bau busuk atau cairan menggumpal dengan warna agak kehijauan merupakan tanda-tanda ada infeksi. Kemungkinan juga ada penyakit menular seksual, keputihan patogen, atau tanda awal kanker pada serviks yang mulai tumbuh dan menyebar ke organ di sekitarnya.

Perut di bagian bawah sering nyeri

Wanita memang seringkali mengalami sakit di bagian bawah perut. Rasa sakit yang dirasakan ini juga seringkali muncul saat wanita mendekati waktu menstruasi. Rasa sakit ini akan hilang seiring dengan berjalannya waktu. Jika pada bagian perut bawah anda tetap merasakan sakit, padahal tidak sedang menstruasi, gangguan sedang terjadi pada vagina dalam.

Mengalami kutil di bagian kelamin

Wanita yang memiliki kutil pada bagian kelamin pada vaginanya, lebih memiliki risiko terkena gangguan pada serviksnya. Seperti yang telah kita ketahui, kutil pada kelamin ini dibawa oleh virus HPV. Nah, virus inilah yang terdiri dari beberapa strain, yang mana beberapa di antaranya bisa memicu munculnya kanker pada serviks wanita.

Jika Anda sudah mendapati adanya kutil pada kemaluan segeralah lakukan pengobatan dan pemeriksaan pap smear. Dengan adanya pemeriksaan ini, maka akan diketahui dengan jelas ada atau tidaknya sel kanker di area serviks.

Sakit saat melakukan bercinta

Tanda-tanda awal adanya kanker pada serviks yang terakhir adalah rasa sakit yang terus menerus terjadi saat melakukan bercinta atau seks. Sebenarnya rasa sakit yang ditasakan saat seks bisa diatasi dengan menambahkan pelumas. Namun, pada kondisi kanker serviks ini, pelumas tidak akan membantu dan rasa sakit tetap muncul dengan cukup intens.

Kesehatan memang sangat penting dan sangat perlu diperhatikan. Bukan hanya karena sudah terjadi, namun juga harus dicegah dari sekarang.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.