Syarat Instal Windows 11

Beberapa waktu yang lalu, Microsoft secara resmi telah memperkenalkan sistem operasi terbaru mereka yakni Windows 11. Sebagai sistem operasi terbaru penerus dari Windows 10, Anda harus mengetahui persyaratan dan spesifikasi minimal yang dibutuhkan untuk menginstall Windows 11.

Dilansir dari laman resmi Microsoft, Windows 11 hadir dengan fitur-fitur baru dan keunggulan dibandingkan dengan Windows 10. Fitur-fitur tersebut meliputi tampilan baru, efek suara baru, hingga aplikasi baru. Namun, sebelum menginstal Windows 11 Anda harus memeriksa terlebih dulu apakah perangkat yang tersedia sudah memenuhi syarat atau belum.

Karena untuk menginstal Windows 11 maupun upgrade ke Windows 11, ada beberapa spesifikasi minimal komputer untuk bisa menjalankan Windows 11 tersebut. Diantaranya:

Spesifikasi Minimal Komputer

  • Processor: 1 gigahertz (GHz) or faster with 2 or more cores on a compatible 64-bit processor or System on a Chip (SoC)
  • Memory: 4GB RAM
  • Storage: 64GB atau lebih
  • System Firmware: UEFI, Secure Boot capable
  • Graphics Card: DirectX 12 compatible graphics / WDDM 2.x
  • Display: > 9″ with HD Resolution (720p)
  • Internet Conection: Microsoft account and internet connectivity required for setup for Windows 11 Home

Selain persyaratan hardware, Windows 11 juga memerlukan TPM (Trusted Platform Module). TPM merupakan modul chip dalam sebuah perangkat komputer yang bertugas untuk melindungi berbagai data yang tersimpan di dalam PC/Laptop dengan sistem enkripsi.

Yang menjadi pertanyaan banyak pengguna komputer yang ingin mencicipi sistem operasi Windows 11 ini adalah, bagaimana cara mengetahui jika perangkat yang dimiliki sudah terpasang TPM (Trusted Platform Module) atau belum.

Perangkat PC/Laptop dengan CPU yangdibuat pada sekitar 3 hingga 5 tahun lalu, dapat dipastikan sudah banyak yang dibekali dengan chip tersebut. Ini artinya, jika perangkat PC/Laptop Anda masih baru dibeli 2 atau tiga tahun Dapat dipastikan bisa menggunakan OS Windows 11 karena sudah pasti terpasang TPM (Trusted Platform Module).

Guna memastikannya, para pengguna bisa mengecek sendiri apakah perangkat PC/Laptop  sudah dibekali TPM (Trusted Platform Module) atau tidak.

Cara Cek TPM (Trusted Platform Module)

  • Pertama, tekan kombinasi tombol Window+R secara bersamaan pada keyboard.
  • Atau Anda juga bisa dengan mengetikkan kata kunci Run di menu pencarian.
  • Jika sudah masuk, kemudian ketikkan tpm.msc. Selanjutnya klik OK.

Nantinya akan muncul tampilan aplikasi sistem TPM Management, silahkan Anda perhatikan dikolom Status. Jika pada kolom yang ditampilkan pada layar PC/Laptop kalian tersebut mengatakan “The TPM is ready for use”, maka PC/Laptop Anda dipastikan memiliki TPM.

Namun, jika kolom Status mengatakan “Compatible TPM cannot be found“. Maka perangkat PC/Laptop yang Anda gunakan tidak dibekali dengan TPM atau chip tersebut dinonaktifkan, sehinggah PC/Laptop Anda tidak dapat melakukan install Windows 11.

Jika semua persyaratan diatas sudah dipenuhi, maka Anda sudah bisa melakukan install Windows 11 maupun melakukan upgrade Windows 10 ke Windows 11. Anda bisa membaca artikel tentang cara upgrade windows 10 ke windows 11.

Selain itu, Anda juga bisa mengeceknya melalui aplikasi PC Helath dari microsoft untuk mengetahui apakah perangkat Anda dapat dipasang windows 11 atau tidak.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.