Perkara Yang Membatalkan Sholat

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Shalat merupakan amaliah wajib bagi setiap muslim. Bagi seorang muslim yang sudah baligh maka baginya haram untuk meninggalkan shalat dalam keadaan apapun. Bila tidak bisa mengerjakan dengan berdiri maka mengerjakan sambil duduk. Bila tidak bisa dengan duduk maka dengan tidur miring.

Saking begitu wajibnya melaksanakan shalat maka bila tidak bisa mengerjakan shalat dengan tidur miring maka mengerjakan dengan tidur telentang. Selama nyawa masih terkandung dalam badan seseorang maka baginya wajib untuk melaksanakan shalat.

Bahkan perintah untuk melaksanakan sholat, Allah perintahkan kepada Nabi Muhammad saw. berbeda dengan perintah ibadah yang lain seperti puasa misalnya, dalam memberi perintah untuk melaksanakan puasa Allah SWT melalui Malaikat Jibril dalam menyampaikan wahyunya.

Maka shalat merupakan tonggak utama bagi keimanan seseorang. Sehingga dalam suatu hadits disebutkan yang artinya “shalat merupakan tiangnya agama”. Melalui terjemah hadits tersebut bisa kita petik kesimpulan sederhana bahwasanya shalat merupakan ibadah yang benar-benar wajib bagi setiap muslim.

Pengertian Sholat 

Shalat yang setiap hari kita kerjakan sebenarnya bila dibahas secara teori shalat sendiri artinya apa? Shalat secara bahasa ialah doa. sedangkan shalat bila dilihat dari segi syara’ sebagaimana dijelaskan oleh Imam Rafi’i artinya ialah ucapan dan pekerjaan yang dimulai dengan takbir dan diakhiri dengan salam dengan syarat-syarat tertentu.

Nah itulah yang dimaksud dengan pengertian shalat. Maka shalat merupakan doa yang dilakukan oleh umat muslim dengan diawali oleh takbir dan diakhiri dengan salam. Dalam melaksanakan sholat tersebut seseorang harus mengikuti syarat-syarat yang telah ditentukan.

Shalat yang difardhukan atas umat muslim seluruhnya berjumlah lima waktu shalat. Lima waktu shalat tersebut yaitu subuh, dzuhur, ashar, maghrib dan isya.

untuk yang ingin mengetahui niat sholat lima waktu tersebut silahkan bisa kunjungi situs nyamankubro.com

Syarat Wajib Sholat

Seperti sedikit disinggung di atas bahwa dalam mengerjakan shalat seseorang harus mengetahui apa saja yang menjadi kewajiban dalam melaksanakan shalat. Sehingga shalat yang dilakukan tersebut tidak asal-asalan.

Syarat wajib shalat yang harus dipahami bersama ialah sebagai berikut:

  1. Beragama islam. Shalat tidak diwajibkan atas mereka yang tidak beragam islam (kafir asli) bagi orang non muslim yang masuk islam baginya tidak wajib mengkodlo sholat yang ditinggalkan selama menjadi non muslim.
  2. Maka shalat tidak wajib bagi orang muslim yang masih dalam usia anak-anak. Baik laki-laki ataupun perempuan. Akan tetapi bila telah menginjak tujuh tahun maka harus diperintah untuk melaksanakan shalat.
  3. Memiliki akal sempurna. Sholat tidak diwajibkan atas orang yang dalam kondisi akal tidak sehat atau gila.

Perkara Yang Membatalkan Sholat

Selain perkara wajib yang harus dipahami oleh orang yang hendak menjalankan shalat, terdapat pula perkara yang harus dipahami oleh orang yang hendak menjalankan shalat yaitu perkara yang membatalkan shalat.

Tujuannya ialah agar dalam melaksanakan shalat tetap dalam keadaan benar dan sah hingga shalat tersebut selesai. Perkara yang dapat membatalkan shalat ialah sebagai berikut:

  1. Berbicara secara sengaja dengan kata-kata yang umumnya digunakan sebagai komunikasi sesama manusia.
  2. Gerakan yang banyak dan terus menerus (berturut-turut) seperti tiga langkah, baik dilakukan secara sengaja ataupun tidak.
  3. Hadats kecil dan besar.
  4. Terkena najis yang tidak dimaafkan.
  5. Terbukanya aurat dengan sengaja.
  6. Merubah niat, seperti niat keluar dari shalat.
  7. Membelakangi arah kiblat.
  8. Makan di dalam shalat.
  9. Minum di dalam shalat.
  10. Tertawa di dalam shalat.
  11. Keluar dari islam atau memutus agama islam, baik dengan lisan atau dengan perbuatan.

Nah itulah beberapa perkara yang dapat membatalkan shalat yang harus kita pahami. Dengan demikian tentunya kita lebih berhati-hati dalam menjalankan shalat. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.