Perbedaan Sit Up dan Crunch

Sit up dan crunch merupakan latihan dasar untuk mengecilkan perut buncit dan melatih kekuatan otot. Namun masih banyak orang yang belum mengetahui perbedaan sit up dan crunch.

Selain itu juga masih banyak yang menganggap bahwa keduanya sama. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing. Jadi pilihlah sesuai dengan kebutuhan anda. Berikut penjelasan lengkapnya bersumber dari Yuksinau.id

Pengertian Sit Up dan Crunch

1. Sit Up

Sit up adalah latihan dasar untuk mengecilkan perut dan kekuatan otot seperti otot perut, otot pinggul, otot dada, otot leher, otot punggung bawah, dan otot kaki bawah.

Cara melakukan sit up dengan baik dan benar agar mendapatkan hasil yang maksimal :

  • Berbaring di lantai -> kaitkan kaki pada di bawah benda yang aman agar lebih stabil. Hal ini akan menggunakan otot kaki dan otot pinggul dan kurang dapat memberi tekanan pada abs.
  • Letakkan kedua lengan di sisi tubuh pada lantai -> angkat tangan memegang telinga dengan lembut atau dapat menyilangkan tangan ke dada.
  • Leher sedikit dilipat (kepala masuk ke depan).
  • Angkat kepala dan bahu dari lantai hingga posisi tegak atau setengah duduk. Konsentrasilah pada penggunaan kekuatan otot perut.
  • Kembali ke posisi awal.
  • Lakukan berulang – ulang dan buanglah napas ketika mengangkat kepala dan bahu hingga tegak atau setengah duduk dan tarik napas ketika menurunkannya.

Kelebihan sit up :

  • Banyak kalori yang terbakar. Karena sit up membutuhkan tenaga yang paling besar dibandingkan dengan gerakkan yang lain.
  • Otot perut bagian atas atau biasa disebut dengan rectus obdominis akan bekerja dengan keras yang menyebabkan efek sit up sangat terasa di bagian tersebut.

Kekurangan sit up :

  • Butuh alat bantu atau partner untuk menahan kaki agar tetap dapat menapak di lantai.
  • Sakit pada punggung. Ketika kebanyakan melakukan sit up maka punggung akan sakit. Hasil yang didapat juga tidak sebanding dengan sakit punggung tersebut.
  • Sit up tidak terlalu aman untuk dilakukan oleh semua orang.

2. Crunch

Crunch adalah latihan dasar untuk mengecilkan perut dan kekuatan otot dan merupakan setengah dari sit up.

Cara melakukan crunch dengan baik dan benar agar mendapatkan hasil yang maksimal :

  • Berbaring di lantai -> kaki di tekuk pada lutut dengan kaki yang rata di lantai dan dibuka selebar bahu.
  • Letakkan kedua lengan di sisi tubuh pada lantai -> angkat tangan memegang telinga dengan lembut atau dapat menyilangkan tangan ke dada.
  • Angkat kepala dan bahu dari lantai hal ini dapat membuat otot perut berkontraksi. Hindari untuk menarik atau meregangkan kepala ke depan dan jagalah pandangan agar tetap melihat ke atas atau melihat ke depan.
  • Kembali ke posisi awal.
  • Lakukan berulang – ulang dan buanglah napas ketika mengangkat kepala dan bahu dan tarik napas ketika menurunkannya.

Kelebihan crunch :

  • Gerakan otot perut lebih dinamis. Karena gerakan otot perut tidak hanya sekedar mengencang dan mengendur saja melainkan juga memanjang dan memendek.
  • Gerakan ini tidak membebani punggung sehingga tidak menjadikannya sakit.
  • Dapat melakukannya sendiri karena gerakan ini tidak memerlukan alat bantu maupun partner untuk menahan kaki.
  • Rasa sakit yang sedikit.
  • Tingkat keberhasilan cukup besar.
  • Crunch relatif aman untuk dilakukan oleh semua orang.

Kekurangan crunch :

  • Jika gerakkannya salah maka gerakan ini tetap akan menimbulkan rasa sakit dan kurang efektif.

Perbedaan Sit Up dan Crunch

Agar anda lebih jelas lagi mengenai perbedaan sit up dan crunch sudah kami rangkumkan di dalam tabel berikut ini.

Perbedaan Sit Up dan Crunch
Pembeda Sit Up Crunch
Pengertian Sit up adalah latihan dasar untuk mengecilkan perut dan kekuatan otot seperti otot perut, otot pinggul, otot dada, otot leher, otot punggung bawah, dan otot kaki bawah. Crunch adalah latihan dasar untuk mengecilkan perut dan kekuatan otot dan merupakan setengah dari sit up.
Cara Melakukan 1.   Berbaring di lantai -> kaitkan kaki pada di bawah benda yang aman agar lebih stabil. Hal ini akan menggunakan otot kaki dan otot pinggul dan kurang dapat memberi tekanan pada abs.

2.   Letakkan kedua lengan di sisi tubuh pada lantai -> angkat tangan memegang telinga dengan lembut atau dapat menyilangkan tangan ke dada.

3.   Leher sedikit dilipat (kepala masuk ke depan).

4.   Angkat kepala dan bahu dari lantai hingga posisi tegak atau setengah duduk. Konsentrasilah pada penggunaan kekuatan otot perut.

5.   Kembali ke posisi awal.

6.   Lakukan berulang – ulang dan buanglah napas ketika mengangkat kepala dan bahu hingga tegak atau setengah duduk dan tarik napas ketika menurunkannya.

1.   Berbaring di lantai -> kaki di tekuk pada lutut dengan kaki yang rata di lantai dan dibuka selebar bahu.

2.   Letakkan kedua lengan di sisi tubuh pada lantai -> angkat tangan memegang telinga dengan lembut atau dapat menyilangkan tangan ke dada.

3.   Angkat kepala dan bahu dari lantai hal ini dapat membuat otot perut berkontraksi. Hindari untuk menarik atau meregangkan kepala ke depan dan jagalah pandangan agar tetap melihat ke atas atau melihat ke depan.

4.   Kembali ke posisi awal.

5.   Lakukan berulang – ulang dan buanglah napas ketika mengangkat kepala dan bahu dan tarik napas ketika menurunkannya.

Kelebihan 1.   Banyak kalori yang terbakar. Karena sit up membutuhkan tenaga yang paling besar dibandingkan dengan gerakkan yang lain.

2.   Otot perut bagian atas atau biasa disebut dengan rectus obdominis akan bekerja dengan keras yang menyebabkan efek sit up sangat terasa di bagian tersebut.

1.   Gerakan otot perut lebih dinamis. Karena gerakan otot perut tidak hanya sekedar mengencang dan mengendur saja melainkan juga memanjang dan memendek.

2.   Gerakan ini tidak membebani punggung sehingga tidak menjadikannya sakit.

3.   Dapat melakukannya sendiri karena gerakan ini tidak memerlukan alat bantu maupun partner untuk menahan kaki.

4.   Rasa sakit yang sedikit.

5.   Tingkat keberhasilan cukup besar.

6.   Crunch relatif aman untuk dilakukan oleh semua orang.

Kekurangan 1.   Butuh alat bantu atau partner untuk menahan kaki agar tetap dapat menapak di lantai.

2.   Sakit pada punggung. Ketika kebanyakan melakukan sit up maka punggung akan sakit. Hasil yang didapat juga tidak sebanding dengan sakit punggung tersebut.

3.   Sit up tidak terlalu aman untuk dilakukan oleh semua orang.

 

 

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai perbedaan sit up dan crunch. Semoga dapat bermanfaat. Terima kasih 🙂

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.