Pencemaran Tanah

Tanah adalah bagian penting dari sebuah lingkungan. Jika tanah tercemar, akan menyebabkan berbagai macam hal seperti mengurangi kesuburan tanah, menimbulkan wabah penyakit dan lain-lain. Penyebab terjadinya pencemaran tanah juga banyak seperti yang akan diulas pada artikel berikut ini. Namun sebelum masuk dalam sub penyebab pencemaran tanah, mari ketahui terlebih dahulu apa itu pencemaran tanah.

Pengertian Pencemaran Tanah

Pencemaran Tanah

Pencemaran tanah merupakan suatu keadaan dimana bahan kimia buatan manusia masuk ke dalam tanah dan mengubah lingkungan tanah alami. Pencemaran tanah biasanya terjadi karena adanya kebocoran limbah cair atau bahan kimia industri. Pencemaran tanah juga dapat oleh penggunaan pestisida, kecelakaan kendaraan pengangkut minyak, zat kimia atau limbah.

Selain itu, dapat juga disebabkan oleh air limbah dari tempat penimbunan sampah serta limbah industri yang langsung dibuang ke tanah tanpa memenuhi syarat (illegal dumping).

Penyebab Pencemaran Tanah

Berikut beberapa penyebab pencemaran lingkungan tanah :

1. Limbah Domestik

Limbah domestik dapat berasal dari pedagang, hotel, tempat usaha, perkantoran, dan tempat-tempat wisata. Limbah domestik dapat berupa limbah padat dan cair.

Limbah padat dapat berupa senyawa anorganik yang tidak dapat diuraikan oleh mikroorganisme. Contohnya seperti plastik, serat, kaleng-kaleng, keramik, dan bekas bahan bangunan yang menyebabkan tanah menjadi kurang subur.

Sedangkan limbah cair dapat berupa tinja (feses), oli, cat atau detergen. Jika bahan tersebut meresap kedalam tanah akan merusak kandungan air tanah bahkan dapat membunuh mikroorganisme di dalam tanah.

2. Limbah Industri

Limbah industri berasal dari sisa-sisa produksi industri. Limbah industri ini juga dapat berupa limbah padat dan cair. Limbah industri berupa limbah padat adalah hasil buangan industri berupa padatan atau lumpur. Contohnya sisa pengolahan pabrik gula, pulp, kertas, plywood, rayon serta pengawet ikan, buah, daging dan lain-lain.

Sedangkan limbah industri berupa limbah cair merupakan hasil pengolahan dalam suatu proses produksi. Contohnya sisa-sisa industri pelapisan logam dan industri kimia lainnya. Perak, arsen, boron, tembaga, krom dan timbal merupakan zat-zat yang dihasilkan dari proses industri pelapisan logam seperti Zn, Pb, Cd dan Hg dapat mencemari tanah.

3. Limbah Pertanian

Penggunaan pupuk sintetik yang melebihi ketentuan dapat menjadi penyebab pencemaran tanah. Contohnya pupuk urea dan pestisida untuk membasmi hama tanaman yang terus menerus digunakan dalam pertanian.

Akibatnya kesuburan tanah berkurang dan dapat mematikan mikroorganisme yang berguna di dalam tanah. Padahal kesuburan tanah tergantung pada jumlah organisme yang ada di dalamnya.

Dampak Pencemaran Tanah

Berikut beberapa dampak pencemaran lingkungan tanah :

  • Mengurangi kesuburan tanah.
  • Menimbulkan wabah penyakit.
  • Dapat membuat tumbuh-tumbuhan atau makhluk lainnya mati.
  • Merusak keindahan dan estetika.
  • Merusak ekosistem.

Cara Penanggulangan Pencemaran Tanah

Ada 2 cara untuk menanggulangi pencemaran lingkungan tanah yaitu dengan remediasi dan bioremediasi.

1. Remediasi

Remediasi merupakan kegiatan untuk membersihkan permukaan tanah yang tercemar. Terdapat 2 jenis remediasi tanah, yaitu in-site (on-site) dan ex-situ (off-site). Pembersihan on-site merupakan pembersihan di lokasi. Pembersihan ini lebih mudah dan lebih murah. Pembersihan ini terdiri atas venting atau injeksi dan bioremediasi.

Sedangkan pembersihan off-site merupakan penggalian tanah yang tercemar kemudian dibawa ke daerah yang aman. Setelah didaerah yang aman, tanah tersebut dibersihkan dari zat pencemar.

2. Bioremediasi

Bioremediasi merupakan proses pembersihan pencemaran tanah dengan menggunakan mikroorganisme seperti jamur dan bakteri. Tujuan dari bioremediasi adalah untuk memecah atau mendegradasi zat pencemar menjadi bahan yang tidak beracun atau kurang beracun (air dan karbon dioksida).

Jamur vesikular arbuskular mikoriza (vam) menjadi salah satu mikroorganisme yang berfungsi sebagai bioremediasi.

Demikian ularan ringkas mengenai pencemaran tanah. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.