Paragraf Narasi

Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan paragraf narasi? Jika belum, yuk simak penjelasannya dibawah ini.

Pengertian Paragraf Narasi

Paragraf narasi merupakan paragraf yang menceritakan tentang terjadinya suatu peristiwa yang berlangsung berdasarkan kronologi. Kejadian yang disampaikan bisa berupa cerita fiksi ataupun non fiksi (nyata).

Tujuan dari paragraf narasi yaitu untuk :

  • Memberikan pengetahuan 
  • Menyampaikan informasi
  • Berbagi pengalaman.

Ciri-Ciri Paragraf Narasi

Berikut ciri-ciri dari paragraf narasi :

  • Adanya unsur-unsur utama, seperti tokoh, latar, konflik, atau alur/plot.
  • Adanya unsur rangkaian waktu dan informasi.
  • Menggunakan sudut pandang penulis.
  • Menonjolkan unsur perbuatan dan tindakan.
  • Adanya latar suasana, waktu dan tempat.
  • Adanya tokoh dan perwatakan yang jelas.
  • Menggunakan urutan waktu dan tempat yang saling berhubungan.
  • Berisi tentang peristiwa atau pengalaman penulis.

Jenis Paragraf Narasi

Ada dua jenis paragraf narasi, yaitu :

1. Paragraf Narasi Ekspositoris

Yaitu paragraf yang menceritakan rangkaian perbuatan yang disampaikan secara informatif.

Contoh :

“Beternak ayam tidak sesulit yang dibayangkan. Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu membuat kandang ayam sesuai dengan kebutuhan. Kandang ayam yang akan digunakan sebaiknya diberi lampu guna menghangatkan suhu tubuh ayam. Setelah itu belilah ayam jantan 2 ekor dan ayam betina 7 ekor. Pastikan ayam diberi makan secara teratur agar terhindar dari penyakit serta bersihkanlah kandang secara rutin”

2. Paragraf Narasi Sugestif 

Yaitu paragraf yang menggambarkan rangkaian suatu peristiwa yang tersusun sedemikian rupa guna merangsang khayalan pembaca atau pendengar.

Contoh :

“Pagi ini seperti biasa Faizal berangkat kerja. Faizal bekerja di sebuah perusahaan swasta sebagai cleaning service. Maklum, Faisal hanya tamatan sekolah menengah atas (SMA). Faizal ingin sekali melanjutkan sekolah ke Perguruan Tinggi. Walaupun banyak yang menghina pekerjaannya, Faizal selalu bersemangat dan selalu berdoa kepada Tuhan agar mewujudkan impiannya sebagai sarjana”

Contoh Paragraf Narasi Singkat

Berikut ini beberapa contoh paragraf narasi :

Contoh 1

Pergilah Angga ke pasar menggunakan sepeda warisan kakeknya. Sesampainya di pasar, Angga membeli kebutuhan hidupnya bersama sang Ayah yang telah sakit-sakitan. Setelah semua barang terbeli, Angga kembali mengayuh sepeda warisan kakeknya menuju rumah yang hanya berupa gubuk di bawah jembatan.

Contoh di atas menjelaskan tentang si Angga yang pergi ke pasar untuk membeli kebutuhan lalu pulang. Ketiga peristiwa tersebut berurutan sehingga terbentuk kronologi.

Contoh 2

Di pagi hari yang cerah, Sindi pergi kehutan bersama kakeknya untuk mencari kayu bakar. Tak terasa mereka telah tiba di hutan yang lebat. Sindi mendengar suara-suara yang nyaring. Namun ia ketakutan karena itu adalah pengalaman pertamanya mencari kayu bakar di hutan.

Contoh di atas mengisahkan Sindi yang pergi ke hutan untuk mencari kayu bakar bersama kakeknya, tapi Sindi ketakutan karena baru pertama kalinya pergi ke hutan.

Contoh 3

Minggu kemarin menjadi hari yang tak terlupakan bagi Dinda, karena ia mendapatkan kejutan dari teman-teman bermainnya. Sebelumnya ia sudah curiga dengan tingkah laku teman-temannya. Benar saja, teman-teman Dinda memberikan kejutan berupa kue ulang tahun dan taburan tepung di badannya.

Contoh di atas menceritakan Dinda yang mendapatkan kejutan dari teman-temannya. Namun sebelumnya Dinda sudah menduga karena sikap teman-temannya akhir-akhir ini berubah. Ternyata benar dugaan Dinda.

Contoh 4

Di sebuah kota X, hiduplah seorang pemuda yang hebat. Pada suatu hari ia menolong orang yang akan dibunuh oleh penjahat. Awalnya ia kewalahan menghadapi penjahat tersebut, namun akhirnya ia menang. Karena hal itu ia ingin menjadi pahlawan. Kemudian ia berlatih keras dengan sit up 100x, push up 100x, squat jump 100x dan lari 3 KM setiap harinya. Pada akhirnya ia menjadi pemuda yang perkasa.

Cerita di atas mengisahkan seorang pemuda yang ingin menjadi pahlawan setelah telah menolong orang. Lalu Ia berlatih keras untuk menjadi pahlawan.

Contoh 5

Pagi itu Roni pergi ke hutan untuk memburu ayam hutan. Roni harus melewati beberapa rintangan yang cukup sulit untuk menuju hutan. Hal pertama yang harus dilewati Roni adalah hamparan sawah yang cukup luas. Kemudian semak belukar yang rimbun juga harus ia lewati. 

Tak hanya itu, Roni harus menyebrang melewati sungai yang tidak terlalu dalam namun deras arusnya. Setelah melewati sungai, sampailah Roni di hutan dan langsung berburu ayam hutan.

Demikian pembahasan mengenai paragraf narasi. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.