Pantai Plengkung Banyuwangi

Surfing yang pada praktiknya dilakukan di pantai yang berombak besar adalah salah satu jenis olahraga yang mulai banyak digemari orang.

Alasannya kadang sederhana saja. Saat surfing atau berselancar, kamu bisa menguji adrenalin sambil melatih ketangkasan fisik serta menikmati keindahan pantai.

Pantai Plengkung Banyuwangi

Pantai-Plengkung-Banyuwangi

Di Indonesia, pantai yang memenuhi sarat sebagai tempat surfing jumlahnya sangat banyak. Namun jika yang kamu cari adalah tempat surfing terbaik, yang cakupannya tidak hanya di Indonesia tapi juga di Asia Tenggara, maka lokasinya ada di kota Banyuwangi.

Yuk simak ulasan dibawah ini tentang pantai Plengkung Banyuwangi yang di kutip dari wisatabagus.com.

Ya, pantai yang kami maksud adalah Pantai Plengkung atau yang juga dikenal dengan nama G-Land.

Pantai yang menjadi salah satu tempat wisata di Banyuwangi ini, ketenarannya sebagai lokasi surfing terbaik bahkan telah terdengar dan diakui sampai ke Asia bahkan dunia.

Bukti pengakuan tersebut adalah dengan telah berlangsungnya beberapa kali festival atau perlombaan surfing tingkat dunia di Pantai Plengkung ini.

Tercatat, di Pantai Plengkung pernah diadakan lomba surfing bertema Internasional Quicksilver Pro Surfing Championship di tahun 1995, 1996, dan 1997.

Selain itu, pada tahun 2003 juga pernah diselenggarakan lomba serupa dengan tema Da Hui Pro Surfing World Championship seri ke 3 di pantai ini.

Pesertanya bahkan tidak hanya dari Indonesia dan Asia saja, tapi juga dari beberapa negara di dunia seperti Amerika, Australia, dan Brasil.

Lalu, kenapa pantai ini bisa menjadi lokasi surfing terbaik?

Dinobatkannya Pantai Plengkung sebagai tempat selancar terbaik tingkat Asia adalah karena pantai ini memiliki gelombang ombak super besar yang tidak dimiliki pantai lain.

Bahkan, ombak terbesar di pantai ini yang diistilahkan sebagai Kong Waves dengan tinggi antara 6-8 meter hanya bisa didapatkan di pantai yang ada di Afrika selatan dan Hawai.

Pantai Plengkung Sebagai Lokasi Surfing Terbaik Asia Tenggara

Gelombang atau ombak terbesar di Pantai Plengkung secara rutin akan terjadi pada bulan April sampai Agustus.

Di rentang waktu tersebut, pantai ini akan sangat ramai oleh para peselancar yang datang tidak hanya dari dalam negeri tapi juga luar negeri.

Selain untuk peselancar professional, Pantai Plengkung juga sangat welcome untuk peselancar pemula. Karena di bulan selain April sampai Agustus, ombak di pantai ini tidak terlalu besar dan masih tergolong aman untuk pemula.

Perlu diketahui, ombak yang ada di Pantai Plengkung terklasifikasi menjadi 3 jenis berdasarkan ketinggiannya.

Untuk para surfing profesional yang sudah berpengalaman dan sering mengikuti lomba, mereka bisa memilih untuk datang ke pantai ini saat musim ombak Kong Waves yang akan muncul di bulan April sampai bulan Agustus.

Kemudian untuk peselancar semi professional, mereka bisa berselancar di pantai ini saat musim ombak Speedis Waves yang berketinggian antara 5 – 6 meter.

Nah yang terakhir untuk para pemula, mereka bisa datang dan berlatih surfing di pantai ini saat musim ombak Track Waves yang ketinggiannya hanya 3 – 4 meter saja.

Nah, itulah jawaban kalau kamu sekali lagi bertanya kenapa Pantai Plengkung yang juga sering dijadikan sebagai salah satu lokasi wisata Banyuwangi yang menjadi lokasi surfing terbaik di Asia Tenggara.

Selain di pulau Bali, Indonesia memilki keindahan pantai Plengkung dan besarnya ombak yang selalu ramai didatangi para selancar dari Indonesia atau mancanegara.

Demikian ulasan tentang pantai Plengkung Banyuwangi yang sangat terkenal bagi para selancar dunia. Jadi jika kamu menyukai olahraga surfing ini, maka jangan dulu bangga menyebut diri sebagai penakluk ombak kalau belum mencoba surfing di Pantai Plengkung.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.