Pahami Macam-Macam Disabilitas secara Umum

Disabilitas merupakan kondisi keterbatasan pada seseorang baik itu dari segi mental, fisik, intelektual, atau beberapa fungsi anggota tubuh lainnya. Dalam hal ini, penyandang disabilitas umumnya memerlukan alat bantu untuk menggunakan bagian tubuhnya yang bermasalah dan memerlukan perawatan khusus untuk beberapa jenis disabilitas.

Terdapat macam-macam disabilitas yang umum ditemukan pada seseorang mulai dari usia anak-anak atau balita hingga dewasa. Keterbatasan tersebut dapat disebabkan oleh beberapa faktor yang nantinya akan berpengaruh pada kondisi penderita. Berikut penjelasan mengenai beberapa macam disabilitas yang seringkali terjadi

Macam-Macam Disabilitas yang Banyak Terjadi

Berikut penjelasan mengenai jenis disabilitas yang umum ditemukan, antara lain :

1. Gangguan Pendengaran

Gangguan pendengaran ini tentunya berhubungan dengan terganggunya kondisi pendengaran baik itu secara ringan atau berat. Namun, dalam kasus ini penderita masih bisa menggunakan alat bantu dengar ketika gangguan yang dialami masih bisa diatasi oleh alat tersebut.

2. Gangguan Penglihatan

Umumnya, pada gangguan penglihatan seseorang akan mengalami masalah berupa penglihatan sebagian atau kebutaan. Terdapat beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai cara untuk beradaptasi dengan penyandang gangguan penglihatan ini seperti melakukan pengenalan diri ketika memulai pembicaraan.

Dan tentunya, pada kondisi tertentu Anda bisa menawarkan bantuan untuk memandunya berjalan seperti saling berpegangan tangan sambil menjelaskan secara singkat kondisi lingkungan sekitar.

3. Disabilitas Intelektual

Kondisi ini mengakibatkan penderitanya mengalami keterbatasan dalam hal keterampilan. Hal ini juga termasuk pada keterbatasan dalam merawat diri, berkomunikasi, beradaptasi dengan orang lain, dan kurangnya kontrol diri. Namun, hal yang perlu Anda ketahui bahwa pengidap disabilitas intelektual patut untuk diperlakukan sama dengan orang normal lainnya.

Hal ini perlu Anda terapkan ketika menemui penyandang disabilitas tersebut untuk menghindari adanya tekanan terhadap penderita. Oleh karena itu, dibutuhkan kesabaran saat Anda berhadapan dengan penyandang disabilitas intelektual ini.

4. Disabilitas Kesehatan Mental

Pada kasus ini, terdapat beberapa gangguan kesehatan mental yang menyerang seseorang karena beberapa sebab seperti depresi, bipolar, skizorfrenia, gangguan kepribadian, dan adanya rasa cemas. Hal ini tentunya akan berpengaruh terhadap pola pikir dan perilaku dari seseorang.

Pada kondisi ini, biasanya penderita akan sulit untuk berkonsentrasi baik itu karena kesehatan mental yang terganggu atau efek dari terapi yang digunakan. Namun, tentunya penyandang masalah kesehatan mental ini tidak perlu dijauhi karena sebenarnya penyakit tersebut masih bisa disembuhkan dengan beberapa metode pengobatan.

5. Autisme

Kondisi ini termasuk pada kondisi sindrom Asperger, gangguan autisme, dan autisme atipikal. Nantinya gangguan ini berpengaruh terhadap penangkapan informasi yang diserap dan tersimpan dalam otak. Sehingga pengidap autisme cenderung sulit dalam hal komunikasi verbal maupun non verbal, kesulitan untuk berinteraksi dengan orang lain, dan melakukan aktivitas lain.

6. Disabilitas Fisik

Disabilitas fisik akan berpengaruh terhadap kemampuan seseorang dalam melakukan pergerakan seperti ketangkasan. Jenis disabilitas ini terbagi menjadi dua yakni disabilitas yang bersifat sementara dan permanen.

7. Cedera Otak

Kondisi cacat otak atau Acquired Brain Injury (ABI) setelah lahir merupakan kondisi disabilitas yang bisa disebabkan oleh adanya penyakit tertentu, infeksi, kurangnya oksigen, atau terjadinya trauma pada bagian kepala. Ciri umum yang seringkali dialami oleh penyandang cedera otak yakni proses kerja otak akan melambat, adanya rasa lelah yang berlebih baik itu pada segi fisik maupun mental, dan adanya perubahan pada perilaku dan kepribadian.

Demikian penjelasan mengenai macam-macam disabilitas yang seringkali dijumpai. Tentunya terdapat beberapa alternatif yang bisa dilakukan sebagai terapi untuk mengatasi disabilitas. Seperti Prostetika.com yang merupakan jasa dalam pembuatan kaki palsu, tangan palsu, dan alat rehabilitasi lain serta menyediakan berbagai macam produk prostetik dan ortotik premium. Semoga membantu!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.