Hal yang Menarik dari Lumpia Khas Semarang

Lumpia khas Semarang dikenal sebagai makanan ringan di Indonesia yang bisa Anda dapatkan di sekitar kota Semarang. Lumpia merupakan satu makanan favorit banyak orang. Disajikan dengan saus cokelat dan acar bawang merah mentimun, cita rasa lumpia ini sangat menarik untuk dicicipi.

Selain terkenal dengan wisata Umbul Sidomukti, Semarang juga terkenal dengan lumpianya ini. Penasaran  apa saja hal menarik dari makanan satu ini dan bagaimana cara untuk membuat lumpia Semarang? Cari tahu fakta menarik tentang lumpia Semarang di bawah ini.

Fakta Mengenai Lumpia Khas Semarang

Berikut ini adalah hal-hal yang membuat lumpia Semarang sangat populer dan menjadi makanan ringan yang cukup terkenal di Semarang, di antaranya adalah :

Lumpia yang khas dengan isian rebungnya

Sebenarnya ada beberapa versi lumpia di Indonesia, namun lumpia Semarang adalah salah satu lumpia yang populer di tanah air. Semarang sendiri ibukota provinsi Jawa Tengah dan yang membuat lumpia dari kota ini sangat khas adalah isiannya yang terbuat dari rebung atau bambu muda

Lumpia adalah paduan makanan Cina dan Jaea

Istilah lumpia sendiri berasal dari lunpia dalam dialek Hokien dari bahasa Cina. Nah, lumpia sendiri adalah fusion atau makanan yang menggabungkan tradisi Cina dan Jawa sehingga cita rasa yang dihasilkan sangat lezat di lidah. Selain isian rebung,a dapula varian isi lainnya seperti ayam, udang atau sayuran.

Hampir sama dengan masakan Filipina

Bagi orang-orang yang tinggal di Amerika Utara, lumpia umumnya terkait dengan masakan Filipina. Namun, lumpia juga merupakan makanan khas negara Indonesia. Istilah

Karena Indonesia dan Filipina adalah negara tetangga yang masih dalam kawasan Asia Tenggara dan memiliki beberapa kesamaan kata, maka bahasa yang dimiliki hampir tidak jauh berbeda. Nama yang sama tidak berarti isiannya sama. Rebung selalu dikenal sebagai isian lumpia Semarang yang terkenal.

Sausnya yang menambah nikmat

Disajikan dengan saus lumpia yang terbuat dari udang kering gula kelapa, cabai merah, air, lada putih, dan tepung tapioka, satu suapan lumpia yang dicelup ke saus akan membuat lidah Anda tercengang saking nikmatnya. Ada dua opsional yang bisa Anda coba untuk menikmati lumpia Semarang, yakni dengan saus atau cabai rawit dan itu sesuai selera.

Cara Membuat Lumpia Khas Semarang

Nah, salah satu cita rasa terbaik lumpia Semarang, dapat Anda temukan di Klenteng Gang Lombok, Semarang. Namun jika Anda ingin membuatnya sendiri, tenang! Beberapa resep di bawah ini bisa Anda coba lakukan. Meskipun rebung memilki bau yang menyengat, Anda bisa membuat baunya hilang. Kuncinya adalah merebus rebung dalam air dengan sedikit gula untuk menghilangkan bau.

Siapkan bahan-bahan membuat lumpia di bawah ini :

  • Kulit lumpia
  • 2 sendok makan tepung terigu
  • 1 sendok makan air
  • 3 siung bawang putih (cincang halus)
  • 50 gram udang cincang halus.
  • 50 gram filet ayam
  • 2 telur
  • 2 tangkai daun bawang, cincang halus
  • 1 sendok makan saus tiram
  • 1 sdt minyak wijen
  • 1 sendok makan kecap manis
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdt merica
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 2 sendok makan minyak

Adapun cara membuatnya adalah :

  1. Tumis bawang putih dan potong daun bawang dengan minyak sampai harum. Setelah itu tambahkan rebung, udang dan ayam yang sudah dihaluskan.
  2. Tambahkan telur dan dan aduk sampai telur benar-benar matang.
  3. Tambahkan merica, garam, gula, minyak wijen, kecap manis, saus tiram, 1 sendok makan berisi air dan tepung. Matikan kompor dan biarkan dingin.
  4. Ambil pembungkus lumpia dan masukkan isian kemudian gulung hingga rekat.
  5. Setelah semua isian habis goreng semua lumpia hingga warnanya agak cokelat

Bagaimana? Tidak begitu sulit bukan membuat sebuah lumpia Semarang? Untuk varian isi, tergantung selera Anda, ya! Jika hanya ingin menggunakan isian rebung saja juga bisa.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.