Kecepatan Akses Internet dan Faktor yang Mempengaruhinya

Kecepatan akses internet adalah kecepatan pemindahan data dari satu perangkat ke perangkat lainnya yang dilakukan melalui jaringan internet. 

Ia terbagi menjadi 2, yaitu upstream dan downstream. Kecepatan akses upstream adalah kecepatan dalam mengunggah data dari perangkat yang Anda miliki ke server internet. Adapun kecepatan akses downstream adalah kecepatan dalam mengunduh data dari server internet ke perangkat Anda.

Sebagai contoh, kecepatan saat Anda mengunggah foto ke media sosial adalah upstream. Adapun kecepatan saat Anda mencari sesuatu di internet, maka ini adalah downstream.

Satuan Ukuran yang Digunakan

Satuan yang digunakan untuk mengukur kecepatan akses adalah bps atau bit per second. Ia adalah jumlah data (dihitung dengan bit) yang dapat ditransfer dalam satu detik. Supaya lebih mudah memahami, mari kita buat hitung-hitungan sederhana di bawah.

Misal Anda mengirim file 1 kb/kilobyte. 1 kb file sama dengan 1.000 byte. 1 byte file sendiri adalah sama dengan 8 bit. Artinya, data yang Anda kirimkan adalah (1 x 1.000) x 8 = 8.000 bit.

8.000 bit di sini dapat kita tulis dengan 8 kbps atau 8 kilo bit per second. Untuk kecepatan yang lebih besar, biasanya satuan yang digunakan adalah Mbps. 1 Mbps = 1.000 kbps.

Faktor yang Mempengaruhi Kecepatan Akses

Bagi Anda yang sering merasa akses internet lemot, jangan buru-buru menyalahkan provider. 

Pastikan Anda mengetahui sebab-sebab yang mempengaruhi kecepatan akses internet Anda berikut ini:

1. Besaran Bandwidth yang Dimiliki Jaringan

Apa itu Bandwidth? Ringkasnya, ia semacam jalan raya bagi data yang ingin Anda transfer. Semakin besar ukurannya, maka Anda dapat dengan lebih cepat dan lancar melakukan pemindahan data.

2. Jenis Perangkat yang Anda Gunakan

Misalnya Anda menggunakan komputer, maka RAM, Processor, dan Harddisk pada komputer Anda adalah contoh faktor yang sangat mempengaruhi kecepatan.

Semakin bagus performa dan kualitasnya, semakin cepat pula akses internet. Sebaliknya, semakin jelek kualitas dan performanya, maka semakin lambat pula aksesnya.

3. Jumlah Pengakses dalam Waktu yang Bersamaan

Faktor lain yang mempengaruhi kecepatan akses internet adalah jumlah pengakses dalam waktu bersamaan. Misalkan Anda melakukan akses menggunakan wifi, maka saat 1 orang melakukan akses, kecepatannya akan berbeda dengan saat 10 orang melakukan akses.

4. Jenis Jaringan yang Digunakan

Saya yakin Anda sering mendengar istilah CDMA, GPRS, line telepon, dan satelit. Itu adalah contoh-contoh dari teknologi layanan akses internet.

Saat Anda ingin mengakses sebuah jaringan, Anda dapat memilih salah satu dari mereka. Namun, masing-masing memiliki kecepatan yang berbeda. Layanan yang memiliki kecepatan terendah adalah line telepon.

5. Modem yang Digunakan

Modem memiliki macam-macam spesifikasi. Spesifikasi modem yang banyak digunakan biasanya memiliki kecepatan 56 kbps atau kecepatan standar.

Semakin besar kecepatan pada modem, maka semakin besar pula kecepatan dari akses internet Anda.

Semoga bermanfaat ya. Apabila masih ada pertanyaan, silahkan komentar di bawah.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.