Jenis Jenis Penelitian

Dalam bidang keilmuan terdapat sebuah penelitian, yaitu kegiatan yang dilakukan dengan cara sistematis baik untuk menemukan sesuatu yang baru ataupun mengembangkan yang telah ada.

Akan tetapi banyak sekali jenis jenis penelitan yang ada, baik dari segi kegunaan yang nantinya akan dapat mempermudah dalam proses penelitian itu sendiri.

Sudah tahukan Anda jenis jenis penelitian tersebut? Jika belum, silahkan simak ulasan berikut ini.

Jenis Jenis Penelitian Yang Sering Digunakan

Ada beberapa jenis penelitian yang mungkin belum Anda ketahui, akan tetapi sudah ada jenis penelitian tersebut.

Lebih jelasnya, sebagai berikut:

Jenis Penelitan Eksperimen

Penelitian eksperimen adalah penelitan yang dilakukan dengan cara mencoba hal atau sesuatu untuk mendapatkan hasil yang dapat dipastikan.

Jadi pada penelitian ini yaitu bertujuan mendapatkan hasil atau kesimpulan percobaan yang telah diupayakan.

Penelitian Deskriptif

Penelitian deskriptif adalah penelitian yang dilakukan dengan metode penelitian untuk menerangkan sebuah peristiwa-peristiwa yang masih ada pada era saat ini.

Jadi penelitian ini adalah akan menghasilkan sebuah ulasan mengenai situasi yang masih terjadi pada saat ini.

Penelitian Korelasional

Penelitian Korelasional adalah usaha penelitian yang dilakukan dengan cara pengumpulan data untuk dapat memutuskan memilih dan bisa mentukan antara variabel satu dengan dua ataupun juga bisa lebih dari dua variabel.

Seorang peneliti nantinya bertujuan untuk dapat memutuskan sebuah tingkatan dari variabel-variabel tersebut, mana yang nantinya akan lebih penting.

Penelitian Evaluasi

Penelitian evaluasi ialah suatu usaha yang dilakukan untuk mendapatkan sebuah kesimpulan atau ringkasan berdasarkan fakta dan data yang telah didapatkan.

Intinya pada jenis penelian ini adalah mendapatkan sebuah rangkuman untuk mendapatkan yang terbaik dari informasi yang telah didapatkan.

Penelitian Simulasi

Penelitian Simulasi adalah Sebuah usaha penelitian yang bertujuan untuk mendapatkan suatu gambaran dengan menggunakan sebuah sistem, dimana nantinya akan dapat diterapakan untuk dimanipulasi dengan mudah.

Untuk penelitan ini dibutuhkan sebuah lingkungan yang mirip atau bisa jadi lingkungan yang asli sesuai dengan fakta yang ada.

Penelitian Survei

Penelitian Survei adalah jenis penelitan yang dilakukan untuk mendapatkan subuah fakta ataupun data yang ada pada dilapangan.

Tujuan dari penelitan ini ialah bisa berguna mendapatkan informasi yang tepat dan nyata.

Penelitian Studi Kasus

Dimana dalam penelitian studi kasus ini diperlukan sebuah objek yang nantinya akan dibuat sebuah penelitian tersebut.

Setelah mendapatkan sebuah objek maka selanjutnya yaitu melakukan usaha penelitan guna mendapatkan hasil kepastian pada penelitan itu sendiri.

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendapatkan atau menambah ilmu pengetahuan  tentang studi kasus yang telah dicoba dalam penelitian.

Penelitian Cultural

Jenis penelitian cultural adalah usaha kegiatan penelitian yang ditujukan kepada objek yang ada pada budaya masa lalu. Biasanya dengan adanya sebuah fenomena ataupun budaya yang masih diragukan dengan kebenarannya. Supaya mendapatkan hasil tentang ilmu pengetahuan budaya tersebut.

Demikianlah pembahasan tentang jenis jenis penelitian yang berdasarkan dengan pengertian masing-masing. Semoga dapat bermanfaat dan dapat menambah ilmu wawasan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.