Jejak Sejarah Kesultanan Cirebon

Kesultanan Cirebon adalah pusat pemerintahan kerajaan islam dan penyebaran islam di Jawa Barat. Hingga saat ini kesultanan Cirebon masih memiliki jejak sejarah yang bisa dilihat generasi selanjutnya.

Mulai dari keraton, makam, masjid dan benda-benda pusaka masih terjaga utuh sehingga bisa dilihat oleh generasi saat ini. Peninggalan sejarah inilah yang menunjukan kebesaran dari Kesultanan Cirebon.

Jejak-Sejarah-Kasultanan-Cirebon

Kesultanan Cirebon cukup berpengaruh terhadap proses penyebaran agama islam di tanah Sunda. Kasultanan Cirebon dan kasultanan Banten menjadi kunci utama bekembangnya Islam di tanah Pasundan.

Salah satu jejak sejarah yang paling terkenal adalah Keraton Kesepuhan, Kacirebonan, dan Kanoman. Tiga keraton ini masih berdiri kokoh dan bisa menjadi destinasi sejarah bagi Anda yang hendak berkunjung ke Cirebon.

Jejak sejarah kesultanan Cirebon semakin lengkap dengan adanya peninggalan benda-benda pusaka hingga makam dari tokoh penting Cirebon. berikut beberapa jejak sejarah Kesultanan Cirebon yang sampai saat ini masih bisa Anda ketahui.

Berikut Jejak Sejarah Kesultanan Cirebon

1. Keraton Cirebon

Kesultanan Cirebon memiliki berbagai keraton yang hingga saat ini masih berdiri. Diantaranya Keraton Kesepuhan Cirebon yang berada di Kecamatan Lemah Wungkuk, Cirebon. keraton Kesepuhan ini merupakan pusat pemerintahan Cirebon masa silam dengan gaya arsitektur yang unik.

Sedangkan 300 meter dari Keraton Kesepuhan terdapat Keraton Kanoman yang berdiri sejak wafatnya Panembahan Girilaya. Tidak jauh dari situ terdapat pula Keraton Kacirebonan yang menjadi keraton pecahan lainnya di Cirebon.

2. Masjid Bersejarah

Kesultanan Cirebon merupakan Kesultanan Islam yang meninggalkan berbagai macam masjid bersejarah. Salah satu yang paling terkenal adalah Masjid Sang Cipta Rasa.

Masjid ini dibangun pada tahun 1498 yang hingga kini masih berdiri kokoh. Selain itu ada Masjid Jami Pakuncen di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah yang didirikan oleh Sunan Amangkurat I sebagai tempat untuk syiar agama islam di tanah Cirebon.

3. Makam Bersejarah

Selain peninggaln berupa masjid terdapat peninggalan berupa keraton dan beberapa makam para tokoh dahulu di Cirebon.

Jejak sejarah Kesultanan Cirebon juga terdiri dari Makam bersejarah. Salah satu yang paling terkenal adalah Makam Sunan Gunung Jati, sebagai salah satu sunan anggota walisongo yang menyebarkan agama islam di wilayah Sunda.

Sunan Gunung Jati atau Syarif Hidayatullah adalah tokoh penting dalam syiar agama islam di tanah Cirebon dan Jawa Barat. Kompleks pemakanan sejarah kesultanan Cirebon berada di 6 km dari pusat kota Cirebon.

Selain itu terdapat juga makam Fatahillah, salah satu panglima perang Batavia. Kompleks makam ini juga memiliki peninggalan perkakasa bersejarah yang berasal dari dinasti Ming dari China.

4. Benda-benda pusaka

Kita bisa mengetahui kebesaran Kesultanan Cirebon melalui peninggalan benda-benda pusakanya. Salah satu yang paling terkenal adalah Kereta Paksi Naga Liman yang berasal dari tahun 1549.

Kereta ini merupakan buatan Panembahan Losari, cucu Sunan Gunung Jati. Terukir pahatan berupa belalai gajah dan kepala naga dibagian depannya.

Arsitektur kereta bersejarah ini sangat unik karena menggabungkan berbagai kebudayaan mulai dari Cina, Arab dan Mesir.

Demikian ulasan tentang jejak sejarah kesultanan Cirebon yang masih lestari dan dijaga oleh masyarakat Cirebon. Dengan begitu kita sebagai generasi penerus masih bisa melihat bukti keagungan dan kejayaan kasultanan Cirebon di masa lampau.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.