Jam dan Jadwal Upload Video TikTok Supaya Masuk FYP

Boom! TikTok meledak! Jika kamu adalah seorang influencer atau pebisnis yang sedang ingin melebarkan sayap, maka pertimbangkanlah TikTok sebagai salah satu saluran pemasaranmu.

Tapi, masalahnya membangun audiens yang besar di TikTok itu tentu bukanlah hal yang mudah. Tentunya ada banyak cara untuk FYP di TikTok, salah satunya adalah memperhatikan waktu mengunggah postingan atau video. Kamu mungkin bertanya-tanya sendiri “sebenarnya kapan sih waktu terbaik posting di TikTok biar FYP?”

Pada kenyataannya, menemukan waktu yang tepat kapan harus membuat postingan di TikTok agar masuk FYP sudah jelas tidak mudah. Terdapat banyak faktor dan statistik yang bisa memengaruhinya, dan hal ini juga pastinya bisa berbeda-beda untuk setiap media sosial, apalagi tren juga bisa berganti seiring waktu.

Dan hanya karena kamu upload video baru lalu masuk FYP di suatu waktu tertentu, itu tidak dapat menjamin kamu bisa mendapatkan hasil yang sama di waktu yang sama juga pada periode percobaan selanjutnya.

Lantas, kapan waktu posting di TikTok biar FYP? Tenang, pada artikel kali ini kami akan memberitahu kamu jawaban atas pertanyaan tersebut. Dengan mengetahui jam FYP TikTok, maka peluang video kamu masuk FYP tentu akan semakin besar, dan akan semakin banyak lagi orang yang download video TikTok kamu.

Langsung saja, simak pembahasan jadwal FYP TikTok berikut ini!

Jadwal Posting TikTok Agar Masuk FYP

Jadwal FYP TikTok

Berdasarkan riset global yang dilakukan oleh Influencer Marketing Hub, secara umum jadwal posting video di TikTok supaya FYP adalah jam 6 sampai 10 pagi dan jam 7 sampai 11 malam.

Hasil tersebut didapatkan dari 100.000 lebih postingan TikTok di seluruh dunia yang dianalisa untuk menemukan rating engagement terbaik dengan mengenyampingkan segala sektor atau bidang-bidang tertentu.

Adapun jadwal posting video TikTok supaya FYP berdasarkan masing-masing hari dalam satu minggu berikut ini.

Jam-Jam FYP TikTok di Indonesia Berdasarkan Hari

Jika sebelumnya adalah jadwal FYP TikTok secara global atau seluruh dunia berdasarkan EST (Eastern Standard Time), maka berikut di bawah ini jadwal FYP TikTok Indonesia berdasarkan hari yang didapat dari hasil pengamatan terhadap kebiasaan dan keseharian para penggunanya.

1. Hari Senin

Hari Senin adalah hari pertama dalam satu minggu, di mana orang-orang akan mulai kembali beraktivitas entah itu bekerja, kuliah, bersekolah, atau kesibukan-kesibukan lainnya.

Maka dari itu, jam yang tepat untuk upload video TikTok di hari senin adalah dari jam 12 sampai 1 siang. Yang mana di waktu-waktu ini, orang-orang sedang beristirahat dan cenderung membuka media sosial.

2. Hari Selasa

Pada hari kedua dalam satu pekan ini, orang-orang masih cukup sibuk. Tapi, sebagian besar tugas mereka biasanya sudah diselesaikan pada hari Senin.

Oleh sebab itu, biasanya mereka sudah luang di sore hari, dan hal ini menjadikan jam yang cocok untuk upload TikTok di hari Selasa adalah pada pukul 4 sore hari.

3. Hari Rabu

Pada hari Rabu, orang-orang biasanya sudah mulai sering membuka media sosial baik di siang hari maupun malam harinya untuk mencari hiburan.

Jadi, waktu terbaik untuk posting TikTok biar FYP di hari Rabu adalah pada jam 11 siang dan jam 9 malam. Dua jam tayang di satu hari.

4. Hari Kamis

Di tengah-tengah minggu ini, aktivitas orang menjadi lebih fleksibel dan santai. Mereka telah menyelesaikan sebagian besar pekerjaan dan tugasnya, sehingga siap menantikan akhir pekan yang akan datang.

Untuk hari Kamis sendiri, terdapat tiga waktu yang tepat bagi konten kreator TikTok untuk mengupload videonya, yakni pada jam 12 sampai jam 1 siang, jam 3 sampai jam 4 sore, dan jam 8 sampai jam 11 malam.

5. Hari Jumat

Kemudian di hari Jumat, satu hari sebelum weekend, orang-orang akan lebih ceria dan positif. Mereka mulai merencanakan akhir pekan dan sering membuka media sosial untuk mendapatkan kabar terbaru.

Kamu bisa memanfaatkan waktu-waktu pada jam 12 sampai jam 1 siang, jam 3 sampai 4 sore, dan jam 8 sampai jam 11 malam untuk mengunggah video baru di TikTok.

6. Hari Sabtu

Dan tiba di akhir pekan, maka ini adalah momen-momen yang pas untuk mengupload konten TikTok. Pasalnya, di weekend orang-orang jelas lebih luang.

Jam FYP TikTok pada hari Sabtu adalah di pukul 9 dan 12 siang. Pada malam harinya, jangan dulu posting konten baru karena orang-orang cenderung lebih memilih keluar rumah untuk beraktivitas.

7. Hari Minggu

Dan di penghujung weekend, sebagian besar manusia akan menghabiskan waktunya lebih banyak di rumah. Maka kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk mengupload konten sebanyak-banyaknya dan bebas memilih waktunya kapan saja.

Karena orang-orang biasanya akan mengosongkan jadwalnya dan lebih memilih meluangkan waktunya untuk diri sendiri atau me time dan membuka media sosial.

Cara Menemukan Waktu yang Tepat untuk Upload TikTok

Jadwal di atas adalah jadwal waktu yang tepat untuk posting TikTok supaya FYP berdasarkan riset pada ratusan ribu postingan secara umum. Sementara itu, waktu terbaik untuk upload tentunya berbeda-beda untuk tiap-tiap akun. Lalu, adakah cara untuk menemukan waktu yang tepat? Tentu saja ada.

Berikut cara menemukan waktu terbaik untuk upload TikTok:

1. Ketahui Lokasi Followers

Mengetahui lokasi di mana para followers dan penonton TikTok kamu berada adalah faktor pertama dalam menentukan waktu terbaik posting TikTok.

Untuk mengetahui hal ini, kamu bisa memanfaatkan fitur analitik yang sudah disediakan oleh TikTok kepada para pengguna akun Pro. Jadi, kalau kamu masih belum beralih ke akun Pro, segeralah beralih mulai dari sekarang.

Setelah itu, bukalah analitik dan statistik akun kamu. Kumpulkan data dan tentukan lokasi sebagian besar followers kamu. Selain bisa mengetahui dari mana followers kamu berasal, fitur dari analitik TikTok ini juga dapat membantu kamu mengetahui data berdasarkan demografi lainnya seperti umur, gender, dan lain sebagainya.

Hal ini sangat penting untuk dilakukan demi melanjutkan ke tahap berikutnya di bawah yang berkaitan dengan jam upload. Apalagi, di Indonesia sendiri ada tiga zona waktu yang berbeda, yaitu WIB, WITA, dan WIT.

2. Ketahui Kapan Followers dan Penonton Kamu Membuka TikTok

Setelah mengetahui lokasi di mana para followers kamu berada, maka sekarang kamu jadi lebih mudah dalam mengetahui kapan mereka memiliki waktu luang dan membuka media sosial termasuk TikTok.

Setelah ketemu, maka waktu-waktu tersebutlah waktu terbaik bagi kamu untuk memposting video baru di TikTok. Kamu juga bisa menyesuaikannya lagi dengan jam-jam FYP TikTok di atas.

3. Manfaatkan Waktu Libur dan Tanggal Merah

Terakhir, kamu juga bisa memanfaatkan waktu-waktu libur, misalnya libur hari nasional dan libur akhir tahun untuk memposting video baru. Pasalnya, jelas orang memiliki lebih banyak waktu luang di hari libur dan akan cenderung lebih banyak membuka media sosial juga.

Namun, perlu kamu ketahui juga orang-orang mungkin akan keluar rumah untuk liburan atau melakukan aktivitas lain selain membuka media sosial. Jadi, pintar-pintarlah dalam membaca dan menentukan waktu posting ketika hari libur. Pahami kebiasaan followers kamu dan seiring waktu, kamu akan menemukan pola jadwal posting TikTok sendiri.

Nah itulah penjelasan tentang jadwal FYP TikTok dan cara menemukan waktu terbaik untuk upload TikTok. Semoga mudah dipahami dan memberi kamu insight baru nan menarik ya!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.