Interpolasi Linier: Pengertian, Rumus dan Contoh Soalnya

Membicarakan tentang matematika sepertinya menjadi phobia tersendiri bagi sebagian orang, karena memang termasuk mata pelajaran yang agak rumit. Dalam ilmu matematika sendiri, kita mengenal tentang berbagai macam interpolasi yang bisa dibilang susah  susah gampang untuk menyelesaikannya. Interpolasi sendiri adalah suatu metode untuk menentukan nilai antara dua nilai yang sudah diketahui berdasarkan fungsi persamaan.

Salah satu jenisnya ada interpolasi non linier dan interpolasi linier, namun yang akan Kami bahas lebih lengkap disini adalah jenis linier. Apa itu? Bagaimana rumusnya?

Agar lebih mudah dipahami, simak pembahasan berikut ini tentang interpolasi jenis linier

Mengenal Apa Itu Interpolasi Linier dan Rumusnya

Pada dasarnya, interpolasi jenis linier merupakan program atau metode yang digunakan untuk menentukan nilai antara dua persamaan linier (disebut juga persamaan garis lurus). Disebut sebagai persamaan garis lurus karena merupakan hasil persamaan linier dengan bentuk kurva pada grafik membentuk garis lurus.

Sehingga, metode interpolasi jenis linier ini didasarkan menurut teori perbandingan, seperti yang bisa Kamu lihat pada gambar berikut ini:

interpolasi linier newton

https://jadipaham.com/

Dari gambar tersebut, Kamu bisa melihat rumus atau persamaan dalam perhitungan interpolasi garis lurus atau linier.

Rumus tersebut menjadi dasar saat perhitungan dalam program excel maupun matlab dalam penerapan ilmu statistika.

Penjelasan Rumus

Sedikit memberikan penjelasan tentang rumus di atas, bahwa perbandingan antara jarak (X – X1) dengan (X2 – X1) sama dengan perbandingan jarak (Y – Y1) dengan (Y2 – Y1). Melalui persamaan tersebut maka untuk setiap titik diantara dua titik mempunyai hubungan linier, sehingga bisa ditentukan menggunakan rumus interpolasi linier.

Dari rumus kita juga bisa melihat bahwa jenis interpolasi ini berbeda dengan interpolasi kuadratik yang menggunakan tiga buah titik menggunakan pendekatan fungsi kuadrat.

Berikut ini contoh soal perhitungan interpolasi jenis linier:interpolasi linier pdf

Interpolasi jenis linier menjadi salah satu jenis interpolasi yang sering digunakan untuk berbagai bidang, terutama yang berkaitan dengan perhitungan matematika. Interpolasi ini diterapkan dalam pembuatan software atau program komputer lainnya.

Contoh Penerapan Interpolasi Jenis Linier

Kami telah membuat salah satu contoh soal  penerapan rumus interpolasi jenis linier agar lebih mudah dipahami. Simak berikut ini:

Diketahui dalam suatu garis lurus melewati koordinat (3,4) sebaga titik A dan koordinat (15,10) sebagai koordinat titik B, mereka berada pada suatu sistem koordinat X & Y. Sementara untuk garis A-B berpotongan terhadap garis vertical melalui persamaan C = 9 di titik C, lalu berapa koordinat di titik C tersebut?

Maka dalam rumus tersebut diketahui:

  • X1 = 3
  • X2 = 15
  • Y1 = 4
  • Y2 = 10
  • X = 9

Untuk penyelesainnya, Kamu bisa melihat perhitungan berikut ini:

interpolasi linier dan lagrange

https://rumusrumus.com/

Pembahasan di atas adalah sekilas mengenai interpolasi khusus untuk jenis linier dengan contoh soal dan penyelesaiannya. Dalam penerapannya untuk kehidupan sehari-hari, mungkin kamu akan menemukan soal yang lebih kompleks namun dengan dasar persamaan atau rumus sesuai yang telah Kami gambarkan di atas.

Bagaimana, sampai disini sudah paham bukan tentang interpolasi? Ilmu tentang interpolasi ini biasanya ditemukan pada mata pelajaran SMA. Banyak yang menganggap soalnya cukup sulit, sehingga perlu banyak latihan soal-soal dan pembahasannya agar lebih paham.

Kalau kamu mau mendapatkan informasi yang tak kalah menarik lainnya, bisa kunjungi situs Selasar yang menyajikan ragam info unik dan menarik setiap harinya.

Semoga informasi yang kami sampaikan di atas bisa bermanfaat bagi pembaca semua, dan jangan lupa share.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.