Pesona Wisata Hutan Pinus Pengger Jogja

Wisata Hutan Pinus Pengger Jogja menjadi pilihan terbaik untuk menghabislkan liburan. Jaraknya sekitar 24 kilometer dari pusat kota, dan dibuka mulai pukul 06.30 hingga 23.00 WIB.

Tempat ini menawarkan pemandangan hutan pinus yang pohonnya tinggi menjulang, dan udara yang segar. Pada malam hari, kamu bisa menikmati gemerlapnya Kota Jogja dari ketinggian.

Lokasi Wisata

Hutan Pinus Pengger merupakan kawasan Resor Pemangku Hutan Mangunan. Lokasi tepatnya berada di Dusun Sendangsari, Desa Terong, Dlingo, Kabupaten Bantul.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuknya sangat murah yaitu Rp3.000 per orang. Sedangkan tarif parkir motor dikenai Rp3.000, mobil Rp5.000, dan bus besar Rp20.000.

Rute Menuju Lokasi Hutan Pinus Pengger Jogja

Apabila tidak membawa kendaraan pribadi, kamu bisa menyewa dengan tarif per hari. Rutenya adalah arah menuju Jalan Wonosari. Sesampainya di perempatan Patuk, ambil arah selatan.

Setelah menempuh jarak sekitar 4,5 kilometer, kamu akan menemukan papan petunjuk. Artinya, Pinus Pengger sudah dekat. Ikuti petunjuk untuk menuju ke gerbang wisata.

Aktivitas Menarik yang jadi Daya Tarik Hutan Pinus Pengger Jogja 

Cukup dengan berkeliling atau duduk-duduk sebenarnya sudah puas. Agar lebih berkesan, kamu harus coba beberapa aktifitas yang asyik dilakukan di Hutan Pinus Pengger. Berikut pilihannya:

  1. Camping

Pihak pengelola menyediakan area camping yang cukup luas sekaligus peralatannya. Khusus sewa lokasi mematok 15 ribu rupiah per orang, dan sewa tenda seharga 50 ribu rupiah.

Satu tenda kapasitasnya untuk 4 orang. Kayu bakar juga dijual seharga 30 ribu rupiah untuk satu ikat. Kebutuhan makanan seperti jagung dan ayam pun bisa kamu beli dengan harga murah.

  1. Bersepeda

Mengendarai sepeda keliling lokasi patut dicoba. Karena medannya tidak rata, kamu harus hati-hati dan fokus. Biaya penyewaan sepeda hanya 10 ribu per orang untuk sepuasanya.

  1. Berfoto di Spot Ikonik

Liburan akan makin sempurna dengan mengabadikan setiap momen. Kamu bebas memilih spot foto yang ada di Pinus Pengger. Satu yang paling terkenal adalah tangan raksasa.

Saat malam hari, beberapa lampu yang diletakkan di ujung tangan akan menyala. Berlatar pemandangan Kota Jogja dari atas membuat spot ini banyak diburu setiap harinya.

Ada juga rumah rumah pohon dan rumah piramid yang terbuat dari ranting-ranting pohon. Bagian tengahnya dilubangi untuk tempat berpose.

  1. Menaiki Wahana Outbound

Makin seru di Pinus Pengger dengan mencoba dua wahana paling populer. Pertama adalah flying fox dan lainnya adalah panjat tebing yang keamanannya sudah sesuai standar.

Kamu cukup membayar sebesar 15 ribu rupiah untuk masing-masing wahana. Jika ingin bersantai di antara pepohonan sewa saja hammock. Harga sewanya 10 ribu rupiah per item.

  1. Menikmati Fasilitas yang Disediakan

Dalam area wisata, kamu bisa menggunakan fasilitas umum seperti mushola, tempat parkir, toilet, dan gazebo. Khusus gazebo, kamu bisa menyewanya untuk kegiatan tertentu.

Dikutip dari blog wisata Visaloka, Pinus Pengger menyewakan arena panggung hutan yang bisa disewa. Biaya sewa untuk acara komersil sebesar 3 juta rupiah sedangkan non komersil sebesar 1 juta rupiah.

Bagi yang berencana foto prewedding atau membuat video, juga bisa. Asalkan membayar sebesar 250 ribu rupiah untuk video dan 200 ribu rupiah untuk foto prewedding.

  1. Menikmati kuliner

Saat lelah berkeliling, kamu bisa langsung menuju food court untuk istirahat. Banyak jenis makanan, camilan, dan minuman yang dijual. Terasa lebih nikmat saat makan langsung di tempat.

Hutan Pinus Pengger Jogja merupakan sekian dari wisata murah yang wajib dikunjungi. Tempatnya begitu asri dan segar sehingga cocok sebagai short escape bersama teman atau keluarga.

Pastikan kamu jago dalam berkendara karena jalan menuju destinasi cukup menantang. Sebelum berangkat, cek dulu kondisi kendaraan dan isi penuh bahan bakar.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.