Hati-Hati dengan Aplikasi WhatsApp Gold

Berbicara tentang WhatsApp, sampai saat ini aplikasi ini masih termasuk aplikasi yang paling banyak di unduh oleh masyarakat. Tampilan-nya yang ringan serta mudah digunakan sangat memudahkan penggunanya.

Apalagi setelah muncul WhatsApp Modifikasi atau WhatsApp Mod yang dikembangkan oleh pihak ketiga selain dari WhatsApp official-nya. Dengan adanya WhatsApp modifikasi ini membuat aplikasi ini sangat terkenal di Playstore.

Tak heran jika jumlah unduhan WhatsApp ini sangat tinggi sehingga hal tersebut juga banyak dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab. Baik itu untuk melakukan aksi, penipuan, penyebaran berita bohong, dan yang lainnya.

Bahkan, beberapa orang membuat aplikasi berbahaya dengan mengatasnamakan layanan WhatsApp, salah satunya yaitu WhatsApp Gold.

Apa WhatsApp Gold?

WhatsApp Gold ini dapat dikatakan aplikasi abal-abal yang membawa pesan hoax berantai bahwa WhatsApp mempunyai sebuah layanan premium yang disebut WhatsApp Gold ini.

WhatsApp Gold ini menawarkan beragam fitur khusus, seperti mengirim foto pada 100 orang sekaligus, membuka pesan tanpa ketahuan, menghapus pesan terkirim dalam suatu waktu dan lain-lain.

Sayangnya, layanan tersebut tidaklah resmi dari platform WhatsApp. Hal ini dapat dilihat dari saat pengguna ingin memperbaharui ke versi ini, maka akan dilempar ke halaman non resmi WhatsApp. Jadi, untuk memperbaharuinya tidak melewati Google Play Store.

Fakta Menarik Tentang WhatsApp Gold

Berikut beberapa fakta terkait WhatsApp Gold:

  1. Muncul pertama tahun 2016 

Pesan yang berisi WhatsApp Gold ini muncul pertama kali tahun 2016. Dalam pesan tersebut disebutkan bahwa WhatsApp Gold ini biasanya sering digunakan oleh para selebritis, dan pada saat itu semua orang sudah bisa menggunakannya.

  1. WhatsApp memberikan keterangan resmi terkait Hoax di situsnya

WhatsApp sendiri telah berhasil mengatasi hoax tersebut yang diketahui bernama WhatsApp Plus. Dijelaskan dalam laman FAQ situs resminya bahwa WhatsApp Plus ini merupakan aplikasi yang tidak dikembangkan oleh WhatsApp.

Jadi, diharapkan untuk berhati-hati dan meng-uninstall aplikasi tersebut. WhatsApp juga menjelaskan bahwa pihaknya tidak pernah mendukung WhatsApp Plus ini.

  1. Masyarakat dihimbau untuk tidak meneruskan pesan 

Sophos yang merupakan sebuah perusahaan keamanan daring menyarankan kepada parapengguna WhatsApp untuk tidak meneruskan pesan hoax tersebut.

Sophos bahkan menambahkan untuk aman dari virus juga malware, setiap pengguna cukup mengunduh aplikasi dari laman resmi saja, seperti App Store dan Google Play saja.

  1. Video virus Martinelli adalah hoax 

Dalam sebuah pesan berupa teks WhatsApp Gold juga akan memberi peringatan kepada para pengguna tentang sebuah video bernama Martinelli yang akan membawa virus. Virus tersebut akan meretas ponsel dengan singkat yaitu dalam kurun waktu kurang lebih 10 detik saja.

Nyatanya, peringatan tersebut hoax semata dan muncul pertama kali dengan bahasa spanyol. Dari sini, pihak kepolisian Spanyol juga telah memberi konfirmasi bahwa teks tersebut isapan jempol belaka.

  1. WhatsApp rentan terkena hoax 

Seperti yang kita ketahui bahwa WhatsApp adalah aplikasi pesan yang paling populer. Dari situ pula, WhatsApp ini berulang kali terkena hoax. Tahun 2018, muncul kembali pesan hoax yang berisikan tautan penawaran penerbangan gratis Aer Lingus, yang merupakan maskapai asal Irlandia.

Pihaknya juga sudah mengonfirmasi bahwa pesan tersebut hoax. Hal yang paling memprihatinkan adalah hoax Olivia.

Akun spam mengirimkan pesan pada anak-anak yang berpura-pura menjadi seorang teman bernama Olivia. Padahal ujung-ujungnya, akun Olivia tersebut akan mulai mengirim tautan yang berisi info tidak bagus.

Itulah beberapa fakta terkait WhatsApp Gold ini. Untuk itu, agar terhindar dari aplikasi tersebut sebaiknya tidak mengunduh aplikasi lewat laman resmi seperti Google Play Store, App Store, atau toko resmi yang lain.

Jika anda menerima pesan tersebut, hendaknya tidak diteruskan lagi agar tidak banyak orang yang tertipu dengan hal itu.

Lalu, bagaimana dengan pengguna yang sudah terlanjur menggunakan aplikasi WhatsApp Gold ini?

Sebaiknya segera di uninstall dan lakukan reset pabrik agar perangkat Anda tidak terkena virus atau malware yang tidak diinginkan.

Beberapa orang mungkin tergoda untuk menggunakan WhatsApp Gold karena beberapa fitur menarik yang ditawarkan. Hal ini serupa dengan WhatsApp Mod karena aplikasi ini dikembangkan oleh berbagai developers dan merupakan aplikasi WA non resmi.

Tampilan WA biasanya lebih menarik, dan ada tambahan fitur-fitur tertentu. Dari segi tampilan memang tidak membosankan. Namun, karena sifatnya tidak resmi, secara otomatis banyak pihak yang ragu untuk menggunakan aplikasi ini.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.