Definisi & Perbedaan Internet, Intranet, Extranet

Kamu harus tahu selain internet yang sekarang ini sudah menjadi bagian dari kegiatan yang melekat dikerjakan sehari-hari, ada dua jenis istilah sistem jaringan teknologi yang berbeda lainnya, yaitu intranet dan ekstranet. Internet, Intranet, dan Extranet mempunyai pengertian, fungsi dan perbedaan yang berbeda satu sama lain. Sistem jaringan teknologi yang bersifat informasi ini lah peruntukannya untuk saling berkomunikasi dan bisa untuk bertukar data. Dilihat dari jaman sekarang, sangat memungkinkan jika dengan perkembangan teknologi informasi yang dikenal sampai hari ini istilahnya disebut internet, Intranet dan ekstranet.

Intranet adalah jaringan internal dari perusahaan yang dibangun menggunakan teknologi yang disebut internet. Dan juga arsitektur dari intranet tersebut berupa aplikasi berbasis web dan menggunakan protocol TCP/IP. Untuk definisi dari Extranet sendiri yaitu jaringan intranet perusahaan yang ingin memperlihatkan informasi yang dimiliki mereka untuk ditampilkan ke jaringan luar. Sementara itu, Internet, Interconnected Network, adalah sebuah sistem komunikasi global yang bisa menghubungkan komputer-komputer yang tersebar di segala penjuru dengan jaringan-jaringan komputer lainnya yang ada di seluruh dunia.

Di dalam pengertian Internet yaitu jaringan terluas dalam sistem teknologi informasi yang bisa menyambungkan perangkat di seluruh dunia untuk saling terhubung dan bisa berkomunikasi. Jaringan internet tersebut bisa diakses oleh publik dan dapat dikirimkan dengan menggunakan standar Protokol Internet atau disingkat IP. Informasi yang didapat di internet bisa disebarkan melalui jaringan yang disebut World Wide Web atau istilah yang sudah diketahui masyarakat luas adalah www. Informasi tersebut bisa berupa text, foto, video, musik atau yang lainnya. Baca juga: Metro Ethernet Telkom

Untuk Intranet pengertiannya adalah jaringan teknologi informasi yang lebih kecil atau sempit tetapi lebih privat dibanding internet. Intranet dimungkinkan untuk menciptakan ruang kerja digital perusahaan yang dipusatkan untuk fokus ke setiap orang, dokumen, alat, percakapan, dan proyek di dalam perusahaan. 

internet ekstranet intranet

Intranet jika di dalam perusahaan biasanya akan dimulai dengan menerbitkan halaman web tentang acara perusahaan, memberikan info mengenai kebijakan kesehatan dan keselamatan, dan juga info tentang buletin staff. Intranet dengan kata lain juga bisa dibilang untuk dimanfaatkan sebagai portal yang menyediakan akses ke semua hal dan informasi apapun yang dibutuhkan pekerja.

Menurut BBC, intranet biasanya terlindungi dari internet global oleh sistem firewall. Intranet juga dilengkapi dengan kata sandi untuk akses informasi yang diinginkan. Staff yang bekerja di dalam pun jika ingin mengolah informasi di luar organisasi mungkin dapat mengakses intranet dengan pakai Virtual Personal Network (VPN), hal tersebut bisa dilakukan karena semua komunikasi antara intranet dan komputer pribadi dari para staff wajib untuk dienkripsi.

Ekstranet sendiri adalah jaringan intranet yang dapat diakses oleh beberapa atau banyak orang dari luar perusahaan, bisa juga dimungkinkan dibagikan oleh lebih dari satu organisasi atau perusahaan. Ekstranet itu bisa dibilang sedikit lebih luas dibanding dari intranet, ekstranet mampu menciptakan jaringan pribadi orang-orang yang mempunyai kepentingan dengan perusahaan baik internal maupun eksternal (contohnya klien, vendor, pemasok, mitra, dan lainnya) agar bisa tetap saling berkomunikasi satu sama lain.

Apa saja yang membedakan intranet dan internet? Yang membedakannya harus dilihat dari sisi penggunaannya. Jika aplikasi dan informasi Intranet ditujukan untuk perusahaan itu sendiri, sedangkan internet penunjukannya untuk kalangan umum bahkan untuk dunia. 

Komponen pembentukan intranet antara lain :

  1. Aplikasi di browser
  2. Komputer server
  3. Perangkat jaringan
  4. Protocol TCP/IP
  5. Bahasa pemrograman
  6. Komputer client
  7. Development tool untuk manajemen jaringan lokal.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.