Curug Cipurut Purwakarta

Kota Purwakarta sekarang sedang gencar-gencarnya mempromosikan berbagai macam destinasi wisata. Di kota ini ada banyak sekali destinasi wisata yang sudah di kenal luas oleh para wisatawan. Salah satu destinasi wisata tersebut adalah Curug Cipurut. Jika kamu berada di kota Purwakarta, jangan lupa untuk singgah sejenak di destinasi wisata alam yang satu ini.

Curug Cipurut memiliki keindahan yang luar biasa. Bisa di bilang bahwa destinasi wisata ini merupakan surga kecil yang tuhan tempatkan di alam semesta ini. Keindahan dari Curug Cipurut ini sudah menyebar ke masyarakat luas sehingga para wisatawan berdatangan untuk menikmati keindahan yang di suguhkan destinasi wisata yang satu ini.

Sejarah Curug Cipurut

Banyak cerita masyarakat yang menyebar di Purwakarta mengenai asal usul Curug Cipurut. Cerita rakyat yang paling populer adalah bahwa dulu di wilayah yang kini jadi tempat wisata ini terdapat pohon besar yang berbuah dengan nama Purut. Buah Purut ini semacam limus. Yang jadi perbedaan adalah buah ini lebih kecil di banding dengan Limus.

Menurut masyarakat, buah purut ini memiliki getah yang mengandung racun dan ketika dimakan dapat menyebabkan kematian. Berdasar informasi tersebut maka tidak ada yang berani mengkonsumsi buah Purut. Dan saat ini, pohon dengan buah Purut tersebut menghilang entah kemana. Itulah sedikit asal muasal mengapa dinamai dengan Curug Cipurut.

Hal Menarik di Curug Cipurut

Curug Cipurut Purwakarta

Destinasi wisata alam ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Berikut ini adalah beberapa hal yang menjadi daya tarik dari destinasi wisata alam Curug Cipurut.

Terdapat 7 Curug

Di kawasan wisata ini ada kurang lebih sekitar 7 curug. Destinasi wisata ini berada di kawasan Cagar Alam Gunung Burangrang yang di kelola oleh Balai konservasi sumber Daya Alam Jabar I. Dari 7 curug atau air terjun tersebut, hanya 3 saja yang mudah di jangkau. Sisa nya sangat sulit di jangkau karena medan yang cukup ekstrim. Curug utama dari destinasi wisata ini memiliki tinggi sekitar 35 meter.

Berpetualang

Jika kamu memiliki jiwa-jiwa penjelajah dan suka berpetualangan, kamu bisa mencoba untuk menjangkau 4 curug yang sulit diakses tersebut. Namun jika kamu ingin melakukan petualangan dan menjelajah sampai curug ke 7, ada baiknya kamu hati-hati karena akses ke sana masih berupa semak-semak dan kontur tanah terbilang tidak bersahabat.

Suasana Sejuk dan Asri

Daya tarik lain yang di hadirkan oleh destinasi wisata ini adalah kesejukan dan keasrian kawasan yang masih terjaga sampai saat ini. Sedikit saran saja, ketika kamu berada di kawasan wisata ini jangan buang sampah sembarangan. Harap ikut serta untuk terus melestarikan keasrian alam ini agar tidak rusak.

Nah, ada banyak sekali wisata alam yang dimiliki oleh kabupaten Purwakarta. Jika kamu penasaran, silahkan kunjungi situs rutemu untuk informasi yang lebih lengkap.

Lokasi Curug Cipurut

Destinasi wisata ini berada di wilayah Desa Sumurugul yang berada di Kecamatan Wanayasa dan tepatnya berada di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Kamu bisa menggunakan google maps untuk menjangkau lokasi tersebut agar tidak kesasar.

Harga Tiket Masuk Curug Cipurut

Pengelola destinasi wisata alam ini memasang tarif yang terbilang cukup murah agar kamu bisa menikmati keindahan alam yang di sajikan. Tarif masuk ke destinasi wisata Curug Cipurut ini adalah sebesar 10 ribu rupiah saja.

Setelah itu kamu bisa melakukan perjalanan dari loket menuju curug utama dan menikmati keindahan serta kesejukan yang semesta karuniakan.

Nah itulah sekilas mengenai Curug Cipurut yang ditawarkan oleh kabupaten Purwakarta. Yuk jelajahi panorama alam yang ada di daerah ini.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.