Cara Setting DNS Server Paling Mudah, Pemula Wajib Tahu!

Sebagian besar dari pengguna Internet pasti sering merasakan yang namanya lost connection. Bukan begitu? Ya, hampir 99% pengguna internet di seluruh dunia mengalami hal ini.

Terkadang kasihan dengan orang-orang yang ada keperluan penting yang melibatkan internet atau browser, misal seperti mereka yang sedang mengerjakan tugas, menyelesaikan skripsi dan keperluan pekerjaan.

Demi kelancaran pengguna internet, hal ini membutuhkan koneksi yang cepat agar disaat sedang mengakses website tidak mengalami gangguan.

Sebelum membahas cara setting DNS server, alangkah baiknya kami perkenalkan dulu apa itu DNS?.

DNS Adalah

DNS adalah sistem yang bekerja untuk merubah URL website menjadi bentuk alamat IP. Tanpa adanya DNS, kamu harus memasukkan alamat IP berupa angka untuk mengakses setiap website yang dikunjungi.

Coba bayangkan saja apabila benar tidak ada DNS, maka kamu harus mengumpulkan alamat IP yang berbeda. Misal contoh website A, alamat IP website A dan B pasti beda.

Begitu juga dengan website selanjutnya, maka dari itu DNS merupakan sebuah sistem yang berperan penting di dalam dunia internet.

Setelah mengetahui apa itu DNS, berikut langkah yang harus kamu lakukan jika ingin merubah pengaturan DNS server pada beberapa perangkat.

Cara Setting DNS Server

Biasanya dari pengguna internet itu menggunakan default DNS yang telah disediakan oleh internet service provider di masing-masing perangkatnya.

Jika kamu ingin memiliki pengalaman baik ketika menggunakan internet, alangkah baiknya ubah setting DNS server ke DNS server yang kualitasnya jauh lebih baik dan tentunya aman dan cepat.

Namun, sebelum kamu memutuskan untuk mengganti setting default DNS server, silahkan coba dulu ganti pengaturan default DNS ISP di perangkat yang kamu gunakan.

Misal seperti ini, ubah setting DNS dari DNS 1 ke DNS 2. Kemudian, restart ulang browser yang biasa kamu gunakan untuk menjelajahi dunia internet. Di bagian ini, kamu harus bisa membedakan performa sebelum diganti dan sesudah di ganti setting DNSnya.

Apabila kamu rasa kecepatan browsing masih sama saja dan tidak ada perubahan sama sekali, bahkan malah jadi tambah lemot, maka solusi terbaiknya adalah melakukan perbaikan ulang.

Bagaimana caranya? Yaitu dengan mengganti default DNS server ISP ke DNS server lain yang kualitas koneksinya jauh lebih kencang.

Alternatif lainnya adalah menggunakan DNS resolver, yang mana DNS tersebut bakal mengatur ulang lintas pengunjung sehingga proses muatan data akan lebih responsif.

Ada beberapa perusahaan yang dibuat khusus untuk menyediakan layanan alternatif DNS server, diantaranya seperti Google DNS, Cloudflare, DNS Nawala, DNS Speedy dan lain sebagainya.

Jika kamu bingung, silahkan googling saja sendiri untuk mengetahui DNS mana yang paling bagus.

Kembali lagi ke topik awal, yaitu membahas bagaimana cara setting DNS server yang mudah, berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti.

Android

Teruntuk kamu yang smartphone-nya menggunakan Android, kamu bisa merasakan kecepatan browsing yang luar biasa dan juga aman. Bagaimana caranya? Yaitu melalui DNS Server Cloudflare 1.1.1.1.

Cara menambahkan DNS Cloudflare ke perangkat Android pun mudah, kamu tidak harus melakukan pengaturan susunan. Cukup hanya memasang aplikasi DNS Cloudflare saja.

Untuk mendapatkannya pun mudah, aplikasi tersebut sudah disediakan untuk perangkat Android dan kamu dapat mengunduhnya melalui Google Play.

iOS/iPhone

Bagaimana dengan user iOS atau iPhone? Apakah masih bisa merubah setting DNS di perangkat tersebut? Tentu saja bisa.

Untuk menggunakan DNS Cloudflare 1.1.1.1, kamu harus melakukan pengaturan susunan. Caranya cukup mudah kok, simak tahapan di bawah ini.

  • Buka menu pengaturan di iPhone.
  • Tekan menu Wifi di pengaturan, kemudian pilih jaringan Wifi tertentu yang ingin disambungkan koneksinya.
  • Tekan tombol (i) yang letaknya di sebelah nama router wifi yang tersambung.
  • Di Bagian bawah DNS, tekan menu configure DNS, lalu tekan “Manual” di bagian bawah configure DNS.
  • Di bawah DNS server, tekan Add Server dan masukkan IP Addresses 1.1.1.1
  • Simpan pengaturan tersebut dengan menekan tombol save.
  • Terakhir, keluar dari menu pengaturan dan silahkan restart ulang browser di perangkat iPhone.

Kalimat Penutup: Demikian ulasan mengenai cara setting DNS server paling mudah di perangkat Android dan iOS. Semoga bisa membantu.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.