Cara Produktif yang Harus Kamu Ketahui Ketika di Rumah Aja

Salah satu kegiatan paling berharga yang juga wajib dimiliki oleh setiap manusia dalam hidupnya adalah, manajemen waktu yang produktif.

Jika kamu tidak dapat mengelola waktu dengan baik, bisa sangat dipastikan bahwa kamu tidak akan bisa mencapai cita-cita ataupun tujuan yang sebelumnya sudah direncanakan dengan baik.

Tak peduli siapapun itu, usia berapa, banyaknya jumlah penghasilan/income, jenis kelamin, agama, budaya, kamu mempunyai jumlah waktu yang sama dengan yang lainnya.

Jadi gampangannya seperti ini, seberapa banyak harta yang kamu miliki, atau dengan sebaliknya. 

Waktu yang kamu miliki dalam sehari itu tetap sama dengan orang lain. Hal ini tentu saja bukan tentang berapa banyak waktu yang kamu punya, tapi mengenai seberapa produktinya kamu dalam mengatur waktu tersebut.

Bila kamu memang serius ingin mencapai tujuan tersebut, cobalah belajar untuk mengatur waktu yang kamu miliki menjadi lebih produktif lagi. Lantas seperti apa caranya?

Berikut ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatur waktu agar lebih produktif walau di rumah aja.

Punya Goal/Tujuan

Bagian ini, kamu bisa menggunakan cara SMART yang mana metode ini bisa membantumu untuk melihat semuanya. 

  • S: Specific
  • M: Measurable
  • A: Attainable
  • R: Relevant
  • T: Timely

Dengan mempunyai tujuan yang sangat jelas, hal itu bisa membuat kamu mengerti kenapa harus mencapai tujuan ataupun goal yang sudah kamu buat. Dengan demikian, kamu bisa lebih pintar dalam memanajemen waktu yang kamu miliki.

Temukan Sistem Manajemen Waktu

Salah satu cara dalam mengatur waktu adalah, mengetahui sistem yang pas untuk memanajemen waktu. Nah sistem manajemen waktu sendiri, bisa menjadi pilihan paling efektif.

Cobalah membagi kegiatan sehari-hari menjadi empat bagian dengan catatan harus berdasar dari hal yang paling penting. Misal seperti ini, mendesak, kebutuhan dan menjadi prioritas utama.

Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan-kegiatan penting namun tidak begitu penting, hal tersebut bisa masuk ke dalam prioritas kedua. Lalu masih ada hal-hal yang tidak penting tapi harus tetap dilakukan, maka bagian tersebut masuk ke dalam prioritas ketiga.

Begitu pun seterusnya sampai masuk ke bagian prioritas keempat. Jadi pada dasarnya, lebih mendahulukan keutaman yang memang sangat penting dan harus dilakukan saat itu juga. Misal seperti pekerjaan, tugas sekolah, tugas kampus dan masih banyak lain sebagainya.

Rincikan Waktu Dalam Satu Minggu

Meluangkan waktu tujuh hari berturut-turut untuk menilai seperti apa cara menghabiskan waktu yang kamu miliki. Contoh:

  • Apa saja yang sudah kamu lakukan hari ini dan kemarin?
  • Apakah waktu yang kamu miliki itu dihabiskan dengan bijak?

Catatlah poin-poin tersebut di dalam buku jurnal. Apabila kamu memakai sistem kuadran, lingkari kuadran tersebut yang ada kaitannya dengan kegiatan.

Untuk hari terakhir, hitung secara keseluruhan, dan lihat dimana kamu menghabiskan sebagian besar waktu yang kamu miliki.

Menghilangkan Kebiasaan Buruk

Salah satu dari pemborosan waktu terbesar yang sudah dimiliki adalah, kebiasaan buruk yang sering mengganggu itu semua. Entah itu terlalu sering membuka sosial media, pergi nongkrong bersama teman-teman, bermain game dan kegiatan-kegiatan yang tidak terlalu penting lainnya.

Selagi masih ada waktu dan kesempatan, maka gunakanlah waktu tersebut dengan bijak seakan-akan kamu akan merugi jika telah menyia-nyiakan waktu yang ada. Bagaimana caranya? Yaitu dengan cara menghilangkan kebiasaan buruk yang ada pada diri kita.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.