Cara Mudah Translate Gambar dengan Google Translate

Pernah dengar nama sebuah aplikasi Google Translate? Atau mungkin pernah menggunakannya? Atau bahkan sudah menjadi aplikasi favorite kamu? Ya, Google Translate adalah salah satu aplikasi translate yang punya fungsi utama untuk menerjemahkan bahasa.

Dahulu, aplikasi ini hanya digunakan untuk menerjemahkan sebuah teks dengan cara menuliskan pada kolom yang tersedia, lalu otomatis akan muncul terjemahannya.

Namun, seiring perkembangan zaman dan teknologi, para pengembang Google Translate menambahkan beberapa fitur baru untuk meningkatkan keunggulan aplikasi ini.

Salah satu fitur baru yang ditambahkan adalah fitur translate gambar atau foto. Dengan memanfaatkan fitur ini kamu bisa langsung tahu terjemahan kata yang tertulis pada sebuah gambar.

Caranya bagaimana? Nah, tepat sekali. Berikut ini akan kami menuliskan cara translate gambar dengan menggunakan Google Translate.

1. Install Aplikasi Google Translate di HP 

Hal yang pertama kali harus kamu lakukan adalah meng-install aplikasi Google Translate di HP kamu. 

Namun, jika di HP kamu belum ada aplikasi tersebut, kamu harus mengunduhnya dahulu di Google Play Store.

Kira-kira seperti ini tampilan Google Translate di Google Play Store:

2. Buka Aplikasi Google Translate 

Setelah kamu download, buka aplikasi tersebut di HP kamu dan jangan lupa sesuaikan bahasanya. Caranya dengan mengatur bahasa asal dan bahasa tujuan yang terletak pada bagian atas. 

3. Pilih Menu Kamera

Sekarang kamu sudah masuk aplikasi Google Translate. Pada halaman beranda aplikasi tersebut kamu akan dapati 3 pilihan menu. Pilih menu Kamera yang terdapat pada bagian paling kiri.

Selanjutnya kamu akan diarahkan kepada halaman seperti di bawah ini (lihat gambar di bawah).

Pada tampilan halaman di atas terdapat 3 pilihan menu pada bagian bawah, yaitu Instan, Pindai, dan Impor. Setiap pilihan tersebut memiliki fungsi masing-masing. Berikut ini adalah penjelasannya:

1. Menu Instan

Menu yang terdapat pada bagian paling kiri ini (pada gambar di atas menu instan terletak di bawah karena mode landscape) memiliki fungsi untuk men-translate keseluruhan teks secara instan pada objek yang terdeteksi oleh kamera HP kamu.

2. Menu Pindai

Kamu bisa memanfaatkan menu yang terdapat di bagian tengah untuk menerjemahkan beberapa kata pada objek foto yang terdeteksi kamera HP kamu.

Caranya cukup mudah. Ketuk ikon berbentuk bulat di atas menu pindai. Kemudian gunakan jari untuk menandai bagian teks yang ingin kamu terjemahkan.

3. Menu Impor

Adapun menu Impor yang terletak pada bagian paling kanan (untuk layar mode landscape terletak pada bagian paling atas) berfungsi untuk mengunggah file gambar yang akan kamu terjemahkan teksnya.

Caranya sangat mudah. Ketuk ikon Impor tersebut lalu pilih teks pada gambar yang akan kamu terjemahkan. Kamu akan diarahkan kepada galeri HP kamu (contohnya seperti gambar di bawah).

Gunakan jari untuk memilih bagian teks yang kamu inginkan atau sentuh tombol Pilih Semua untuk mendapatkan hasil terjemahan semua teks pada gambar.

Nah, itulah cara translate gambar dengan menggunakan aplikasi Google Translate. Jika terjemahan yang kamu dapatkan masih kurang enak dibaca, kamu bisa memperbaikinya secara manual.

Bagaimana, mudah bukan? Bagikan pengalamanmu menggunakan fitur translate gambar yang disediakan oleh aplikasi Google Translate pada kolom komentar di bawah ya!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.