Cara Menyimpan Password

Di era modern digital seperti sekarang, password menjadi hal yang sangat penting untuk disimpan dengan aman yang bersifat pribadi.

Hal tersebut dikarenakan password atau kata sandi ini menjadi kunci masuk pada sebuah akun media dan juga aplikasi yang digunakan oleh seseorang.

Semua media dan juga aplikasi seperti Facebook, Instagram, Tiktok, dan lainnya menggunakan password dan juga username agar dapat menikmati fitur layanan di dalamnya.

Apalagi pada waktu sekarang ini, pelayanan masyarakat seperti layanan kesehatan, pembayaran pajak, listrik, hingga jual beli online telah merambah ke dalam era digital yang tentunya setiap orang harus mempunyai user serta password agar dapat memakai layanan tersebut.

Sehingga untuk menghindari lupa password facebook atau akun lainnya, kalian perlu untuk menyimpannya dengan aman dan personal.

Berikut ini akan kami berikan beberapa tips untuk menyimpan password serta username dengan aman, antara lain:

1. Menuliskan dalam Buku Catatan Pribadi

cara menyimpan password otomatis di android

Cara pertama menjadi hal yang paling mudah untuk dikerjakan, dimana keuntungannya adalah kalian akan lebih mudah untuk menemukan password yang sudah dicatat.

Tetapi perlu kalian ketahui, cara satu ini memiliki resiko yang cukup tinggi, mengingat benda fisik yang mudah rusak serta dapat hilang / ditemukan oleh orang lain.

2. Menggunakan Aplikasi Password Manager

cara menyimpan password yang aman

Ada beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk manajemen pasword berada di dalam android seperti My Password atau Password Manager.

Aplikasi tersebut merupakan suatu aplikasi guna mencatat sekaligus menyimpan seluruh password dari seluruh akun yang kalian punya.

Kalian cukup perlu mempunyai akun serta password master untuk aplikasi tersebut untuk kalian ingat – ingat.

Kelemahan:

Kelemahan menggunakan aplikasi password manager ini ialah jika password master kalian diketahui oleh orang lain, maka seluruh user akun serta password kalian bisa diketahui orang tersebut.

3. Menyimpan di Catatan Online

Google Keep

Kalian juga bisa menyimpan password kalian dalam catatan online seperti Google Keep.

Cara satu ini lebih efektif untuk menyimpan password, dikarenakan kalian tidak perlu khawatir jika orang lain dapat melihatnya.

Namun karena penyimpanan ini adalah online, maka kalian juga harus memiliki password untuk mengaksesnya (cukup dengan email).

Seperti yang telah kita ketahui, email menjadi hal utama yang dimiliki semua orang, sebab seluruh registrasi akun serta informasi digital memakai email.

Tips Menulis Password yang Mudah & Aman

Kalian dapat memaiai rumus untuk password, seperti nama domain / nama sesuatu yang diikuti dengan kode yang selalu kalian ingat.

Pemakaian kombinasi huruf besar & kecil, angka, serta karakter simbol juga akan memperkuat kemanaan password yang kalian gunakan dari para hacker nakal.

Kemudian hindari penulisan sesuai yang berkaitan dengan diri kalian pribadi (nama pasangan, keluarga, tangal lahir utuh).

Kalian dapat menuliskan cara lain seperti nama – nama yang hanya kalian ketahui dan susah ditebak.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.