Cara Menyambungkan Wifi ke Komputer

Bagi yang selama ini menggunakan laptop, mungkin akan sedikit kebingungan ya ketika hendak menghubungkan WiFi ke komputer. Pasalnya, secara default komputer memang tidak memiliki WiFi card bawaan ya, jadi tidak bisa langsung terhubung dengan WiFi.

Jika di laptop terdapat icon WiFi di taskbar sebelah kanan, maka di komputer tidak akan ada. Yang ada hanya icon komputer yang ada tanda silangnya jika tidak terhubung dengan internet. Jika Anda pernah melihat komputer dengan icon WiFi di taskbar, kemungkinan sudah ada hardware tambahan untuk menangkap sinyal WiFi.

Mungkin ada yang bertanya “Lalu komputer dapat koneksi internet dari mana?” Jadi, kebanyakan, komputer itu terhubung ke internet melalui kabel LAN. Jika Anda pernah melihat komputer di kantor atau sekolahan, jaringan internetnya didapatkan dari kabel LAN yang terhubung ke router.

Cara Menghubungkan Komputer ke WiFi

Untuk menghubungkan komputer ke WiFi, sebenarnya caranya tidak sulit. Kita hanya perlu menambahkan satu hardware saja, yaitu sebuah hardware khusus yang digunakan untuk menangkan sinyal WiFi. Kalau saya pribadi sih lebih suka menggunakan TP-Link.

Bagi yang belum tahu, alat yang sering digunakan untuk menghubungkan komputer ke WiFi itu disebut dengan WiFi Adaptor. Untuk tipenya sendiri, sebenarnya macam-macam ya, Anda bebas memilih tipe dan merk apa saja.

Namun, dalam artikel ini saya akan menggunakan TP-Link saja karena harganya juga cukup terjangkau. Untuk opsi pertama, saya merekomendasikan TP-Link WN722N yang bisa Anda beli dengan harga sekitar Rp150.000 saja (untuk saat ini kemungkinan sudah turun harganya).

Untuk penampakan dari kardusnya sendiri adalah sebagai berikut:

cara menghubungkan wifi ke komputer

Nah, jika Anda ingin mencoba TP-Link di atas, silahkan beli secara online atau kunjungi toko jaringan terdekat, biasanya ready.

Setelah memiliki TP-Link WN722N, langkah yang harus Anda lakukan sebenarnya tidak sulit, silahkan simak di bawah ini:

1. Pasang TP-Link WN722N

Langkah pertama yang harus Anda lakukan sudah jelas ya, yaitu menghubungkan TP-Link ke komputer. Anda bisa menghubungkannya secara langsung ataupun menggunakan kabel extender bawaan (biasanya ada kabel extender bawaan dengan panjang 1M).

Agar tidak mengganggu port utama, Anda bisa menggunakan port yang ada di belakang komputer saja. Dengan begitu, Anda tidak perlu mencabut TP-Link ketika membutuhkan beberapa port dalam waktu bersamaan.

2. Install Driver TP-Link

Setelah TP-Link dihubungkan dengan komputer, biasanya tidak bisa langsung digunakan, karena kita harus menginstall drivernya terlebih dahulu. Untuk menginstallnya, silahkan masukkan CD Driver yang ada dalam kardus ke CD ROM komputer.

Jika sudah, biasanya akan muncul jendela installer, silahkan klik Autorun. Namun jika tidak muncul, silahkan buka direktori secara manual. Setelah masuk ke direktori driver tersebut, double klik pada Autorun.

Silahkan lakukan instalasi seperti biasanya. Anda hanya perlu memilih TL-WN722N pada halaman pertama lalu tunggu proses selesai.

3. Hubungkan WiFi

Jika langkah di atas sudah beres, maka langkah terakhir adalah menghubungkan komputer dengan WiFi. Sekarang, coba lihat pada taskbar pojok kanan atas, pasti akan muncul icon WiFi. Silahkan hubungkan WiFi ke komputer seperti Anda menghubungkan WiFi ke laptop, caranya sama saja.

Bagaimana? Apakah komputer berhasil dihubungkan dengan WiFi? Nah, sangat mudah bukan, caranya?

Selain TP-Link WN722N, sebenarnya Anda bisa menggunakan WiFi Adaptor lainnya. Namun, saya tetap merekomendasikan TP-Link ini karena saya pribadi juga menggunakannya dan cukup puas.

Itulah cara menyambungkan WiFi ke komputer dengan mudah. Jika masih ada yang bingung, silahkan tanyakan melalui kolom komentar.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.