Cara Mengusir Nyamuk dari Kamar

Kehadiran nyamuk di dalam kamar tidur memang sangat mengganggu. Meskipun mengaplikasikan kelambu, namun tetap tidak bisa mengusir suara bising nyamuk.

Namun jangan khawatir, karena ada beberapa cara agar kamar bebas nyamuk. Sehingga Anda bisa tidur dengan nyenyak.

Sebagai ruang paling pribadi, dan menjadi favorit setiap orang.

Oleh karena itu, kamar tidur merupakan salah satu tempat yang harus dibuat senyaman mungkin, mulai dari desain, penataan, dan perawatan harus benar-benar diperhatikan.

Cara-cara di bawah ini sebagai bagian dari perawatan kamar tidur agar bebas dari nyamuk.

9 Cara Mengusir Nyamuk dari Kamar

1) Rajin Membersihkan Kamar

Salah satu cara paling mudah untuk mengusir nyamuk yang sudah terlanjur berdiam dalam kamar, adalah dengan rajin membereskan kamar.

Jangan biarkan sampah, maupun pakaian menumpuk. Selain itu, bedsheet juga harus selalu dibersihkan, supaya nyamuk pergi.

Karena nyamuk biasanya bersembunyi di area tumpukan kain.

Maka harus selalu memerhatikan area gorden, gantungan baju, hingga lemari ketika bersih-bersih. Dengan begitu, maka nyamuk tidak akan betah berada di dalam kamar tidur.

2) Memperhatikan Tumpukan Barang

Kebiasaan buruk seperti menumpuk berbagai macam barang di dalam kamar bisa mendatangkan nyamuk. Oleh sebab itu, sebaiknya tidak menggunakan furniture berlebihan di kamar tidur.

Kalau ada barang yang tidak pernah dipakai, maka langsung saja di keluarkan.

Tumpukan barang bukan hanya akan memengaruhi tampilan ruangan tidur.

Namun juga bisa mengundang nyamuk untuk berdiam di area yang gelap, dan tertutup. Karena itu, sebaiknya tidak memiliki kebiasaan menumpuk barang di bed room.

3) Membersihkan Lingkungan

Membersihkan lingkungan dengan teratur juga bisa menjadi cara agar kamar bebas nyamuk.

Sederhana saja, kebersihan merupakan langkah cerdas untuk memutus rantai perkembangbiakan berbagai serangga. Termasuk juga nyamuk.

Meskipun tidak bisa membasmi nyamuk supaya hilang 100%. Namun dapat membuat populasi binatang penghisap darah ini berkurang.

Oleh sebab itu, jangan malas untuk membersihkan area pekarangan. Khususnya di tempat yang sering jadi sarang bagi nyamuk.

4) Menghindari Cat Tembok Berwarna Gelap

Sebagai pengetahuan, bahwasanya nyamuk sangat suka dengan warna gelap. Karenanya, hindari menggunakan cat tembok dengan warna yang disukai oleh nyamuk.

Usahakan mengaplikasikan light colour. Seperti putih, orange, light green, light blue, dan sebagainya.

Namun jika Anda adalah tipe orang yang suka dengan sesuatu dark and macabre. Penggunaan cat berwarna gelap sebaiknya diimbangi lightening yang bagus.

Jadi, pencahayaan dalam kamar juga harus terang, supaya tidak menjadi tempat nyamuk.

5) Menggunakan Kawat Nyamuk

Apabila jendela kamar Anda memiliki ventilasi yang langsung menghadap ke luar, atau pekarangan.

Sebaiknya menggunakan kawat nyamuk untuk menghalau supaya nyamuk tidak bisa masuk.Karena biasanya nyamuk datang dari luar melalui ventilasi yang terbuka.

Supaya lebih aman, Anda juga bisa aplikasikan kawat nyamuk di beberapa area terbuka lainnya. Contohnya saja bagian ventilasi di sisi atas pintu.

Jadi, jangan hanya fokus pada membersihkan nyamuk di dalam kamar saja. Tapi juga harus tahu cara mencegahnya masuk.

6) Membuka Jendela di Siang Hari

Kalau kamar tidur Anda sudah terlanjur banyak nyamuknya, dan parahnya sulit diusir. Bisa mencoba cara lain, yaitu dengan rajin membuka jendela pada siang hari.

Khususnya sejak matahari bersinar terang. Karena nyamuk tidak suka pada tempat yang terang.

Selain mendapatkan manfaat berupa udara yang lebih fresh. Membiarkan cahaya matahari masuk juga akan membuat nyamuk keluar dari dalam kamar.

Dengan melakukan kebiasaan baik ini secara rutin, maka lambat laun nyamuk juga tidak akan betah di kamar Anda.

Untuk model jendela atau penataan jendela rumah yang bagus, bisa Anda cek inspirasinya di dekadeko. Di situs ini ada ragam inspirasi interior atau eksterior yang bisa dijadikan ide untuk hunian.

7) Memelihara Ikan di Penampungan Air

Cara selanjutnya adalah dengan memelihara ikan di penampungan air, bak, ember, atau akuarium, dan kemudian letakkan di dalam ruang kamar.

Sebagaimana yang mungkin sudah Anda ketahui, kalau ikan sangat suka makan nyamuk. Jadi, dapat membantu mengurangi nyamuk di dalam kamar.

8) Memakai Raket Nyamuk

Raket nyamuk bisa menjadi solusi cerdas dan praktis untuk mengusir nyamuk. Raket yang dilengkapi dengan daya listrik ini dapat menghabisi nyamuk dengan sekali libas.

Hal yang perlu Anda lakukan hanyalah mengibaskan raket, ke area yang menurut Anda sarang nyamuk.

9) Mosquitos Spray

Cara instant lain untuk mengusir nyamuk, adalah dengan menggunakan spray atau semprotan serangga.

Penggunaannya juga sangat mudah, tinggal semprotkan ke seluruh ruang tidur. Kemudian tutup dan biarkan selama beberapa menit.

Setelah itu, buka jendela dan pintu kamar seluas-luasnya. Sehingga udara juga mengalami pergantian. Dengan begitu kamar Anda tetap fresh, dan udara beracun dari mosquitos spray keluar.

Selain beberapa cara agar kamar bebas nyamuk paling ampuh yang ada di atas. Sebenarnya ada beberapa trik lagi yang dapat dicoba.

Salah satunya adalah dengan menggunakan fogging, atau pengasapan menyeluruh. Sehingga seisi rumah dapat terbebas dari serangga bernama nyamuk ini.

Demikian saja pembahasannya, semoga dapat diterapkan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.