Cara Menghilangkan Virus di Laptop

Saat ini, penyebaran virus laptop sudah dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari email, aplikasi, bahkan melalui internet juga ada. Kalau yang pernah saya alami, virus laptop menjangkit melalui aplikasi dan internet (biasanya dari website download).

Jadi, bagi Anda yang sering mendownload aplikasi dari internet, berhati-hatilah. Jangan sampai Anda salah download aplikasi yang sudah disusupi virus. Soalnya teman saya juga pernah mengalami hal ini sehingga semua file terinfeksi virus tersebut.

Nah, untuk Anda yang sudah terlanjur terkena virus, tenang, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengatasinya. Cara ini akan saya urutkan dari cara yang paling mudah sampai cara yang sedikit rumit.

Cara Menghapus Virus Laptop

Perlu diketahui sebelumnya bahwasannya jenis virus itu bermacam-macam, begitupun dengan cara mengatasinya. Nah, cara di bawah ini adalah cara umum saja, jadi kalau misal tidak berhasil digunakan, kemungkinan harus menggunakan cara khusus.

Seperti contohnya virus Ransomware, virus tersebut harus diatasi menggunakan decryptor khusus agar data Anda yang terenkripsi bisa dikembalikan. Kalau tidak, maka Anda bisa melakukan install ulang dengan menghapus semua data, tapi data Anda akan hilang.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda gunakan:

1. Gunakan Antivirus

Cara Menghilangkan Virus di Laptop

Cara yang paling umum dan paling sering dilakukan ketika laptop terkena virus adalah melakukan scanning menggunakan antivirus. Untuk antivirusnya sendiri, Anda bisa menggunakan antivirus yang biasa Anda gunakan dan dianggap ampuh untuk menghapus virus.

Jika ingin lebih optimal lagi, Anda bisa menggunakan antivirus versi PRO atau premium. Dengan antivirus premium tersebut, maka Anda akan mendapatkan fitur-fitur khusus yang tidak ada pada versi gratisnya. Tapi ini semua tetap kembali ke pribadi masing-masing.

Jika ingin menggunakan versi gratisan, Anda bisa menggunakan Kaspersky. Untuk antivirus bawaan Windows, Anda bisa mencoba Windows Defender. Intinya, silahkan gunakan antivirus yang paling ampuh untuk menghilangkan virus dari laptop.

2. Gunakan Task Manager

cara menghilangkan virus laptop

Terkadang, virus yang masuk ke laptop sering berjalan di belakang layar. Biasanya, virus ini berasal dari aplikasi yang Anda install dari internet. Seperti yang sudah saya singgung sebelumnya bahwasannya virus itu bisa datang dari aplikasi yang berasal dari internet.

Berdasarkan pengalaman saya, virus jenis ini tidak terlalu berbahaya bagi file yang ada pada hardisk. Namun, karena virus ini berjalan di belakang layar, maka akan membuat kinerja laptop menjadi lambat karena virus tersebut memakan resource yang cukup besar.

Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan Task Manager, yaitu sebuah aplikasi bawaan Windows yang biasa digunakan untuk memanage aplikasi yang sedang berjalan. Dengan ini, maka Anda bisa menghentikan virus yang menjangkit laptop Anda.

Caranya cukup mudah, silahkan buka Task Manager dan pilih tab Processes. Setelah itu, silahkan cari aplikasi yang sekiranya asing atau mencurigakan, silahkan klik aplikasi tersebut dan klik End Task.

3. Uninstall Aplikasi

cara menghapus virus laptop

Masih berhubungan dengan cara kedua, cara ini juga biasa dilakukan ketika virus yang menjangkit berasal dari aplikasi. Biasanya, aplikasi virus ini terinstall dan bisa diketahui melalui Control Panel (Program & Features) bawaan Windows.

Untuk menghapus virus tersebut, silahkan masuk ke Control Panel lalu pilih Program & Features. Selanjutnya, silahkan cari aplikasi yang mencurgiakan, jika sudah ketemu, klik kanan lalu pilih Uninstall dan ikuti proses selanjutnya.

Karena biasanya aplikasi virus itu bandel, ada juga aplikasi yang tidak bisa diuninstall melalui fitur bawaan Windows. Kita harus menggunakan aplikasi pihak ketiga yaitu Revo Uninstaller. Silahkan download terlebih dahulu aplikasinya, tersedia versi gratis dan berbayar.

Setelah didownload, silahkan install seperti biasanya dan lakukan uninstall aplikasi melalui aplikasi tersebut. Biasanya, semua aplikasi akan berhasil diuninstall menggunakan Revo Uninstaller (berdasarkan pengalaman pribadi).

4. Install Ulang

cara menghapus virus di laptop

Jika semua cara sudah dicoba namun belum menemui titik terang, maka langkah terakhir yang harus Anda lakukan adalah melakukan install ulang. Bagi Anda yang ingin menggunakan Windows 10, silahkan baca cara install ulang Windows 10.

Cara ini juga saya lakukan di laptop teman saya yang terkena Ransomware. Semua data saya hapus karena semua filenya juga sudah terinfeksi. Alhamdulillah, cara ini sangat ampuh untuk menghapus virus dari laptop sehingga laptop bisa digunakan kembali.

Namun, bagi Anda yang filenya tidak terinfeksi, maka jangan hapus semua data, cukup hapus disk sistem operasi saja. Dengan begitu, data Anda akan tetap aman dan tidak perlu repot-repot melakukan backup data.

Nah, itulah beberapa cara untuk menghilangkan virus di laptop. Silahkan coba caranya secara berurutan. Jika masih tidak bisa, lakukan cara terakhir. Dengan install ulang, saya yakin laptop Anda akan normal kembali.

Demikianlah artikel yang bisa saya sampaikan kali ini. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.