Cara Menggunakan VPN

VPN atau Virtual Private Network merupakan sebuah software yang berguna untuk menghubungkan berbagai jaringan yang ada di internet dengan cara aman serta anonym. Dengan menggunakan VPN, identitas traffic yang Anda miliki diklaim lebih aman dan akan terhindar dari yang namanya pemblokiran.

VPN sendiri dapat digunakan di berbagai platform. Mulai dari PC atau laptop, iPhone hingga android. Cara menggunakan VPN di beberapa platform tersebut pun cukup mudah. Agar lebih paham dengan cara penggunaan VPN di berbagai platform, Anda bisa menyimak penjelasannya berikut ini:

Cara Menggunakan VPN di PC atau Laptop Windows

Yang pertama, ada cara menggunakan VPN dengan menggunakan laptop Windows. Langkah-langkah yang harus Anda ikuti pun cukup mudah. Pada penjelasanya berikut ini, VPN yang digunakan ialah Tunnel Bear VPN.

  1. Langkah 1

Download dan install Tunnel Bear di PC Anda. Tunnel Bear ini sendiri merupakan salah satu software VPN yang terkenal dan banyak digunakan dan sudah lintas platform. Untuk bisa mendapatkannya, Anda dapat mengunduh secara langsung di situs resmi Tunner Bear.

  1. Langkah 2

Langkah berikutnya ialah dengan menghubungkan jaringan VPN. Setelah selesai di install, Anda bisa langsung membuka software Tunnel Bear kemudian lakukan pendaftaran untuk pertama kalinya.

Lalu, aktifkan jaringan VPN dengan cara menggeser toggle yang ada di bagian kiri atas jendela. Secara otomatis, software tersebut akan menghubungkan jaringan internet dengan negara lain, misalnya Singapura yang merupakan negara terdekat dari Indonesia.

  1. Langkah 3

Selanjutnya, bukalah situs yang diblokir. Nah, salah satu situs yang diblokir di Indonesia adalah Reddit, kini Anda pun bisa mencoba untuk membukanya. Mudah bukan?

Cara Menggunakan VPN di Iphone

Bagi Anda para pengguna iOS, menggunakan VPN di perangkat satu ini pun terbilang sangat mudah. Berikut akan dijelaskan cara menggunakan VPN di iPhone dengan aplikasi Turbo VPN.

  1. Langkah 1

Setiap iPhone pastinya sudah dilengkapi dengan menggunakan App Store bukan? Anda tinggal langsung mencari aplikasi Turbo VPN lalu download hingga proses selesai. Jika sudah, maka Anda bisa langsung menginstallnya.

  1. Langkah 2

Langkah berikutnya, buka aplikasi. Biasanya pada iPhone, Anda membutuhkan akses “Touch ID” agar bisa terhubung dengan VPN. Setelah itu, klik “Allow” dan masukkan Touch ID Anda. Secara otomatis, aplikasi tersebut akan mencari jaringan negara terbaik dimana Anda bisa terhubung.

  1. Langkah 3

Setelah terhubung, maka Anda akan melihat logo VPN yang ada di notification bar sebelah kiri. Nah, sekarang Anda sudah bisa mengakses situs yang diblokir oleh pemerintah.

Cara Menggunakan VPN di Android Tanpa Root

Cara menggunakan VPN di android ini sebenarnya sama dengan di iPhone. Namun, pada tutorial kali ini, aplikasi yang digunakan ialah VPN Private. VPN Private sendiri merupakan aplikasi yang saat ini sedang trend di kalangan pengguna android. Cara menggunakannya pun cukup mudah, seperti pada penjelasan berikut:

  1. Langkah 1

Buka Play Store yang ada di perangkat Anda, kemudian cari aplikasi VPN Private. Setelah itu, download lalu install aplikasinya.

  1. Langkah 2

Bukalah aplikasi VPN Private yang sudah Anda install. Pilih jaringan negara yang ingin Anda hubungkan, lalu klik “Connect”.

  1. Langkah 3

Tunggu beberapa saat hingga muncul notifikasi yang ada di bagian atas. Nah, VPN di HP Android pun siap untuk digunakan. Jika ingin memutuskan jaringan, Anda hanya tinggal klik ‘Disconnect”.

Itulah berbagai macam cara menggunakan VPN yang ada di beberapa platform seperti laptop, iPhone hingga android yang kami lansir dari Teknohive.com, cukup mudah bukan? Kini, dengan menggunakan VPN Anda bisa mengakses berbagai macam situs yang telah diblokir oleh pemerintah. Selamat mencoba!

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.