Cara Menggunakan CMD

Bagi pengguna OS Windows, mungkin sudah tidak asing lagi ya dengan CMD atau Command Prompt. Ya, Command Prompt merupakan salah satu program bawaan Windows yang memiliki berbagai fungsi.

Namun, fungsi dari CMD sendiri biasanya jarang diketahui oleh kebanyakan orang. Hanya fungsi-fungsi dasar seperti melihat IP Address ataupun ping IP Address saja yang diketahui. Hmm… Bukankah begitu?

Nah, untuk meng-upgrade pengetahuan terkait CMD, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa cara menggunakan CMD. Untuk lebih jelasnya, bisa langsung simak penjelasan berikut ini.

Cara Menggunakan CMD

1. Melakukan Ping

Perintah ping di CMD memiliki fungsi untuk mengecek troubleshooting pada sebuah jaringan komputer. Selain itu, Anda juga bisa mengecek koneksi internet pada sebuah jaringan.

Berikut caranya:

  1. Pertama, buka CMD.
  2. Setelah itu, ketikkan ping google.com (note: ubah google.com dengan alamat yang diinginkan).
  3. Tekan Enter.
  4. Selesai.

Dengan melakukan perintah di atas, Anda bisa melihat apakah jaringan Anda dapat terhubung ke alamat yang diinginkan atau tidak.

Oh ya, selain menggunakan nama domain, Anda juga bisa menggunakan IP Address saat melakukan ping.

2. Mematikan PC

Cara umum untuk mematikan PC adalah dengan menggunakan tombol Shutdown yang sudah disediakan oleh Windows. Nah, apakah Anda sudah tahu cara mematikan PC dengan CMD?

Jika belum, bisa simak caranya di bawah ini:

  1. Buka CMD.
  2. Ketikkan perintah shutdown.exe -s
  3. Tekan Enter
  4. Jika muncul notifikasi, pilih Shutdown.
  5. Selesai.

Sekadar info, langkah ini sebenarnya hanya menjalankan program shutdown.exe saja. Jadi, secara umum sama saja dengan cara yang biasa dilakukan.

3. Memperbaiki MBR

Perlu diketahui, permasalahan MBR ini sering terjadi ketika hendak menginstall Windows. Untuknya, pihak Windows sudah menyediakan solusinya dengan menggunakan Command Prompt.

Berikut cara singkatnya:

  1. Buat bootable flashdisk ataupun DVD sesuai OS yang digunakan.
  2. Masuk ke menu instalasi dan langsung pergi ke program Command.
  3. Setelah masuk, langsung ketikkan bootrec /fixmbr.
  4. Tekan enter.
  5. Keluar dari Command dengan mengetikkan Exit lalu Enter.
  6. Selesai.

Setelah kembali ke halaman awal instalasi Windows, Anda bisa memulai ulang proses install Windows. Setelah melakukan langkah di atas, kemungkinan besar permasalahan MBR tidak akan muncul lagi.

4. Format Flashdisk

Sebagian besar orang sering melakukan format flashdisk melalui Windows Explorer. Bukan tanpa alasan sih sebenarnya, caranya memang terbilang mudah dan cepat.

Namun, melakukan format flashdisk dengan CMD juga tidak kalah menarik loh. Cocok untuk menambah pengetahuan terkait fungsi CMD.

Tertarik mencoba? Silahkan ikuti panduan berikut:

  1. Pertama, buka CMD di PC Anda.
  2. Setelah itu, ketikkan diskpart lalu tekan Enter. Selanjutnya, Anda akan melihat beberapa disk yang terdaftar di PC Anda. Soilahkan perhatikan angka disk flashdisk Anda (contoh: Disk 1).
  3. Selanjutnya, ketikkan select disk 1 lalu tekan Enter.
  4. Lalu, ketikkan beberapa perintah di bawah ini secara bertahap:
    1. clean
    2. list disk
    3. create partition primary
    4. select partition 1
    5. active
    6. format FS=NTFS label=NamaFlashdisk quick
    7. assign letter=N
    8. exit
  5. Selesai.

Selain untuk format flashdisk, CMD juga bisa digunakan untuk melakukan perbaikan lainnya seperti flashdisk tidak terbaca, flashdisk write protected, flashdisk minta format, dan lain sebagainya.

5. Cek Jaringan

Nah, mengecek jaringan menggunakan CMD juga tergolong hal basic yang sering dilakukan. Mengecek jaringan disini bisa diartikan sebagai mengecek info seperti IP Address, Gateway, dan sebagainya.

Berikut caranya:

  1. Buka CMD.
  2. Ketikkan ipconfig lalu tekan Enter.
  3. Selesai.

Oh ya, ipconfig sendiri juga memiliki beberapa varian seperti misal ipconfig /allipconfig /releaseipconfig /renew, dan lainnya. Bisa diexplore lagi dengan mengetikkan ipconfig /? untuk melihat semua varian ipconfig.

Itulah beberapa cara menggunakan CMD di Windows. Dengan mengetahui cara ini, setidaknya bisa menambah pengetahuan tentang OS Windows, khususnya CMD.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.