Cara Mengendarai Motor Matic

Motor matic mulai booming pada tahun 2003, dimana produk yang saat itu paling di gemari adalah Yamaha Mio. Dan hingga saat ini orang-orang lebih memilih menggunakan motor matic dikarenakan kondisi jalanan yang macet dimana motor matic dapat ber manuver sangat lincah dan praktis tanpa perlu melakukan perpindahan transmisi seperti motor manual. Karena motor matic sudah booming itupun membuat orang orang tertarik untuk mencoba menggunakan motor matic. 

Namun dengan kelebihan tersebut kalian jangan menganggap mudah untuk mengendarai motor matic. Karena pengoperasian nya yang berbeda dengan motor manual (jenis motor kopling dan bebek) ada beberapa cara pengoperasian yang berbeda di berbagai aspek nya seperti di tanjakan dan pada turunan. 

Oleh karenanya, kami akan mencoba memberikan beberapa tips dan cara mengendarai motor matic yang baik dan benar bagi para pemula. Selebihnya mari kita simak penjelasan di bawah yang dilansir oleh mamangbengkel.com :

Kelayakan pengendara

cara mengendarai motor matic

cnnindonesia.com

sebelum berkendara, alangkah baiknya seorang pengendara memastikan kesehatan fisiknya. Seperti tidak memaksakan diri berkendara dalam keadaan mengantuk atau sedang sakit. Karena dampaknya tidak hanya merugikan diri sendiri tapi dapat juga merugikan orang lain.

Kelayakan motor

selain memastikan kondisi fisik sang pengendara, langkah selanjutnya adalah memastikan kelayakan kendaraannya dalam keadaan normal/sehat. Disamping motor yang dapat melaju di jalanan, pastikan juga kelengkapan kendaraan seperti lampu dan kaca spion yang dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Serta jangan lupa pastikan membawa STNK. 

Cara menghidupkan motor matic

Cara menghidupkan motor matic sebenarnya cuku simple yaitu hanya perlu menekan tuas rem dan electric starter secara bersamaan. Atur handle gas se lembut mungkin agar tidak terjadi lonjakan rpm yang membuat motor seperti akan di pacu, namun jangan lupa untuk menaikkan standar samping terlebih dahulu. Bagi yang belum terbiasa menghidupkan dengan cara diatas lebih baik menggunakan standar tengah agar motor berdiri tegak dan ban belakang tidak menyentuh permukaan sehingga lebih aman. 

Atur posisi duduk dan tangan

setelah motor sudah dinyalakan, usahakan buat posisi duduk dan tangan yang menggenggam stang se nyaman mungkin. Serta jangan sampai menggunakan motor dengan tumpuan kaki yang sedikit jinjit Itu akan membuat kita sulit bahkan berbahaya ketika berhenti di jalanan yang tidak rata.   

Cara menggenggam handle gas

bagian terpenting dalam mengendarai motor matic ialah bagaimana cara kita menggenggam handle gas tersebut. Ada yang berkata sebagian jari ada pada tuas rem dan sisanya ada di handle gas, agar melakukan pengereman dengan lebih mudah. Namun ada juga yang beranggapan seluruh tangan ada di handle gas, jadi ketika akan melakukan pengereman secara perlahan kita akan mengurangi gas terlebih dahulu. 

Perbedaan tarikan gas

tentunya motor matic memiliki jenis dan tarikan gas yang berbeda-beda. Semisal kita menggunakan motor Honda Beat FI dan beralih ke motor Yamaha Mio 2013. Meskipun dari spesifikasi mesin hampir sama cuman tarikan dari kedua motor tersebut berbeda. Oleh karenanya kalian harus beradaptasi dulu  dengan motor yang kalian kendarai.

Penggunaan rem

untuk masalah penggunaan rem, alangkah baiknya gunakan keduanya secara perlahan dan bersamaan, agar terjadi sistem pengereman yang sempurna. Dan pastikan juga tidak melakukan pengereman secara mendadak, akibatnya akan sangat fatal bagi pengendara dan sekitarnya (pengendara lain). 

Kondisi jalanan

pada saat jalanan menanjak usahakan tariklah handle gas sedang saja, apabila dirasa sudah tidak sanggup barulah tambah sedikit tekanan gas-nya. Sama halnya pada turunan, pertama lepas gas lalu tarik kedua tuas rem secara perlahan. 

Demikian tentang bagaimana cara mengendarai motor matic yang baik dan benar, semoga artikel ini bisa bermanfaat buat kita semua. Selamat mencoba, semoga berhasil.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.