Cara Mengatasi Lapuk pada Pagar Kayu

Pagar kayu memang terlihat indah pada awalnya, tapi seiring waktu pagar tersebut tampak kumuh dan lapuk di beberapa bagian.

Penyebabnya bukan hanya panas dan hujan, tapi juga cara pemeliharaannya.

Pagar kayu yang diabaikan cenderung memiliki papan berwarna abu-abu dan lapuk, beberapa bagian telah hilang atau bahkan hampir seluruhnya jatuh ke tanah.

Tapi jangan khawatir, Anda masih bisa memulihkan pagar kayu tua Anda dengan mengikuti serangkaian langkah berikut.

5 Cara Mengatasi Lapuk pada Pagar Kayu

1. Periksa Kayu secara Dekat dan Saksama

Langkah pertama adalah periksa setiap bagian dari pagar kayu Anda dari dekat.

Jika mungkin Anda menemukan beberapa paku telah lepas atau terlalu berkarat, gantilah dengan yang baru.

Pastikan Anda memilih paku pada ukuran yang tepat. Jika paku terlalu kecil, pagar tidak bisa menyatu dengan kuat, sehingga mudah goyang. Dan jika ukuran paku terlalu besar, pagar bisa retak saat paku dipukul dengan palu.

2. Bersihkan Pagar

Jika Anda melihat beberapa cat telah mengelupas dan meninggalkan residu pada permukaan kayu, bersihkan residu dengan kuas kering.

Jika terdapat beberapa noda, lumut, atau jamur, bersihkan dengan sikat basah berbulu halus dan cairan pembersih khusus kayu atau sabun biasa.

Hindari menggunakan pemutih rumah tangga, karena bahan ini dapat menyebabkan kerusakan dan perubahan warna pada kayu jika dilakukan secara tidak benar.

Pemutih klorin juga dapat membahayakan tanaman, teras, dan permukaan lain di sekitar pagar.

Kerusakan lain yang harus dicari selama proses pembersihan adalah kayu bengkok atau lapuk parah. Bagian kayu ini harus diganti.

Sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya, biarkan pagar kayu yang telah dicuci mengering dengan sempurna.

3. Perlindungan Anti Rayap dan Anti Jamur

Rayap dan jamur adalah dua hal yang membuat pagar kayu cepat rusak, terutama saat musim hujan.

Untuk mencegah pagar kayu semakin lapuk, oleskan pelindung anti jamur setelah pagar dibersihkan. Untuk perawatan berkala, Anda bisa menggunakan semprotan anti rayap per enam bulan.

Sedangkan untuk mengatasi jamur, Anda bisa menggunakan exterior wood polish & care setelah olesan anti rayap atau setelah pagar dicat.

Exterior wood polish memiliki kandungan linseed oil dan beeswax yang bermanfaat menjaga pagar kayu dari paparan sinar UV, sehingga warna kayu tidak mudah pudar.

Kandungan lainnya juga mampu menjaga pagar dari bahaya guyuran air hujan, alias tahan air.

Tak hanya melindungi, perawatan jenis ini biasanya juga membuat pagar terlihat lebih mengkilap, sehingga membuatnya lebih indah.

4. Gunakan Base Coat

Menerapkan base coat primer merupakan langkah penting yang tidak boleh dilewati sebelum Anda mengaplikasikan cat.

Primer membantu untuk memblokir noda yang dapat meresap ke dalam kayu, memberikan hasil yang bersih dan warna seragam, dan akan meningkatkan daya rekat cat.

Tanpa base coat, biasanya cat akan lebih mudah terkelupas.

Base coat primer terbaik adalah yang berbasis minyak berkualitas tinggi, yang bisa diaplikasikan sebanyak dua kali untuk hasil lebih maksimal.

5. Aplikasikan Cat Baru

Sekarang, setelah kayu dibersihkan dan dikeringkan, Anda bisa membuat tampilan pagar seperti baru dengan menggunakan cat.

Proses ini sangat sederhana. Anda hanya perlu mengaplikasikan cat kayu dengan kuas, roller, atau sprayer cat.

Apa pun metode yang Anda gunakan, pastikan cat diaplikasikan secara merata. Anda bisa memilih cat dalam warna gelap untuk menyamarkan noda membandel atau pelapukan.

Namun, berhati-hatilah dengan warna yang terlalu gelap, karena warna gelap akan menyerap panas matahari lebih banyak, yang berarti meningkatkan kemungkinan warping.

Namun, boleh pula menggunakan cat berwarna putih bila Anda ingin mengusung konsep pagar minimalis di rumah.

Coba aplikasikan sedikit warna pada area pagar yang tidak terlalu terlihat terlebih dahulu dan biarkan mengering untuk memastikan Anda menyukainya.

Sama seperti base coat, Anda bisa mengaplikasikan cat dua lapis untuk tampilan terbaik.

Setelah selesai mengaplikasikan cat baru, periksa kembali setiap bagian dari pagar Anda. Perbaiki setiap titik yang memiliki lapisan cat tipis atau kosong dengan menggunakan kuas kecil.

Jika sudah, biarkan cat mengering dengan bantuan sinar matahari.

Cat di waktu yang tepat, ya.

Waktu terbaik untuk mengaplikasikan cat adalah pagi atau sore hari.

Karena jika kayunya terlalu panas (misalnya saat tengah hari), cat akan mengering terlalu cepat dan tidak memiliki kesempatan untuk meresap ke dalam kayu dengan benar.

Agar pagar terlihat tetap bagus dan terlindungi, Anda bisa melakukan cara-cara ini setidaknya satu tahun sekali.

Pagar kayu dapat meningkatkan tampilan halaman Anda selama bertahun-tahun, tergantung pada jenis kayu yang Anda gunakan dan iklim tempat tinggal Anda.

Dan cara mengatasi lapuk pada pagar kayu di atas bisa Anda coba untuk membantu menjaga tampilan indah dan memperpanjang usia pagar Anda.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.