Cara Mendapatkan Uang dari TikTok

TikTok media berbasis video yang dikembangkan oleh perusahaan dari Tiongkok bernama Toutiao di tahun 2014 sedang naik daun. Tidak hanya sebagai hiburan saja, ternyata penggunanya bisa mencoba cara mendapatkan uang dari TikTok. Sudah bukan rahasia bahwa sosial media kini menjadi wadah bagi masyarakat untuk berbagi, belajar, mengembangkan kreativitas, hingga mencari penghasilan.

Perkembangan TikTok melesat di berbagai kalangan, baik anak muda sampai lanjut usia di berbagai belahan dunia menjadi semakin familiar dengan TikTok. Orang yang mengetahui cara download video TikTok dan menyimpannya ke galeri HP juga semakin banyak. Beberapa orang lainnya juga jeli melihat peluang dengan memanfaatkan platform ini untuk mendapatkan uang. Ini beberapa cara yang dapat menghasilkan uang melalui TikTok:

1. Mengajak Teman Bergabung

Ajaklah seseorang yang belum memiliki akun TikTok untuk mengunduh aplikasi ini dan bergabung sebagai pengguna. Pada Play Store sendiri TikTok memiliki ukuran sebesar 66 MB dan mencapai 100 juta unduhan. Lakukan pembaruan TikTok ke versi yang paling baru, kemudian buka profil dengan klik “Saya”.

Tekan pada logo warna kuning bertuliskan “Rp”. Pengguna bisa mengundang temannya yang belum menggunakan TikTok. Jika berhasil, maka pengguna akan mendapatkan Rp 7.000. Jumlah ini bisa digandakan seiring dengan banyaknya jumlah pengguna yang diajak masuk TikTok. Cara mendapatkan uang dari TikTok yang pertama ini sederhana dan bisa dilakukan oleh siapa saja.

2. Jasa Pengelolaan Akun

Pertimbangkan jasa menjadi pengelola akun TikTok. Dalam hal ini pengguna bertugas untuk mengelola akun milik orang lain sehingga dapat mengalami perkembangan yang lebih baik dibanding sebelumnya. Sasaran akun untuk dikelola ini tidak hanya content creator melainkan juga bisa band ataupun perusahaan yang berbisnis menggunakan TikTok.

Tugas yang harus dilakukan antara lain meningkatkan jumlah followers, views, serta like. Selain itu, juga mengatur strategi marketing, membuat ide kreatif untuk konten serta membuat kerja sama jika diperlukan.

3. Jual Beli Akun

Buatlah akun yang memiliki peminatan tertentu. Berfokuslah untuk menumbuhkan engagement akun tersebut mulai dari pengikut, like, dan jumlah penayangannya. Cara mendapatkan uang dari TikTok ini membutuhkan pengguna untuk membangun komunitas yang peminatannya serupa.

Setelah akun tersebut berkembang cukup besar, pengguna bisa mempertimbangkan untuk menjual akunnya ke perusahaan ataupun brand yang memiliki bidang serupa. Jual beli akun merupakan peluang yang dapat menguntungkan kedua belah pihak untuk menguatkan pasar. Pengguna bisa membuat akun sebanyak yang dibutuhkan selama sanggup mengelolanya dengan baik.

4. Agensi Influencer

Cobalah metode untuk mempertemukan sebuah perusahaan/brand dengan influencer yang ada di TikTok. Melalui cara mendapatkan uang dari TikTok ini, pengguna berpeluang untuk menjadi perantara yang mengkoordinasi antara brand dengan influencer untuk membuat perjanjian kerjasama melakukan periklanan. Tidak hanya itu namun juga membantu pengaturan konsep dan kebutuhan lainnya.

Meski di Tik Tok sudah ada platform bernama “Creator Marketplace” untuk bekerjasama dengan influencer, biayanya cukup besar karena komisinya dibagi dengan pihak TikTok. Bagi yang memiliki keterampilan dalam mengelola, tidak ada salahnya untuk mencoba peluang ini.

5. Donasi dan Payout Coins

Lakukan live streaming melalui TikTok. Hal ini memungkinkan penonton untuk memberikan stiker atau gift yang dapat ditukarkan dengan uang. Biasanya penonton memberikan stiker sebagai bentuk apresiasi terhadap isi konten dari pengguna yang melakukan sesi live. Oleh karena itu, buatlah konten yang memiliki daya tarik dan manfaat sehingga pengguna lain menyukainya dan mau memberikan stiker.

6. Sponsor Konten

Cara mendapatkan uang dari TikTok yang pertama yaitu melalui sponsor, lebih dikenal dengan istilah endorse. Pengguna yang merupakan influencer di TikTok akan mempromosikan produk atau jasa tertentu dan mendapatkan bayaran. Beberapa hal yang diperhatikan agensi maupun brand untuk memilih pengguna adalah melihat angka tayangan video, jumlah pengikut, serta likes.

Cara ini sesuai bagi pengguna yang telah memiliki ribuan pengikut atau bahkan lebih. Biasanya pengguna tersebut akan diberi penawaran berupa “Sponsored Content Post”. Agar bisa meningkatkan jumlah pengikut, pengguna bisa melakukan beberapa upaya. Mulai dari mencari niche konten, mengunggah video yang menarik, konsisten, mengoptimalkan profil, berkolaborasi, hingga membagikan postingan di platform lain.

Demikianlah beberapa cara mendapatkan uang dari TikTok. Pada era teknologi seperti saat ini, masyarakat perlu jeli melihat peluang yang tersedia dari platform online untuk menambah pemasukan bahkan dijadikan penghasilan utama. Hal ini juga berlaku untuk TikTok. Meski sering mendapat kesan negatif karena banyak berjoget, nyatanya ada banyak konten edukatif dan praktis yang bisa ditemukan di aplikasi ini.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.