Cara Mendapatkan Bibit Buah Mangga

Darimana bibit buah mangga berasal?

Kamu mungkin bertanya-tanya bagaimana penjual bibit mangga mendapatkan bibit yang begitu banyak.

Buah mangga sendiri biasa dibiakkan dengan cara generatif atau melalui biji. Sayangnya cara ini dipandang kurang efektif karena membutuhkan waktu yang sangat lama untuk berbuah.

Jika ingin mendapatkan buah mangga tanpa perlu menunggu lama, ini dia cara memperoleh bibit untuk budidaya yang bagus!

cara mendapatkan bibit buah mangga

1) Cangkok

Kamu pasti pernah mempraktekkan teknik cangkok ketika berada di bangku sekolah. Teknik ini biasa dilakukan pada batang yang sudah cukup tua.

Meskipun terlihat mudah, nyatanya cangkok tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Salah salah, tanaman induk justru akan mati.

Bagaimana sebenarnya cara yang tepat untuk memperoleh bibit buah mangga melalui cangkok? Pertama, kamu perlu memilih batang mangga yang sudah tua. Pemilihan batang ini cukup penting karena batang muda memiliki kemungkinan gagal yang sangat besar.

Setelah mendapatkan batang tua, sayat kulit batang tetapi jangan terlalu dalam. Ambil beberapa cm dari kulit batang tersebut kemudian bungkus menggunakan tanah yang subur kemudian balut dengan sabut kelapa.

Jika berhasil, kamu bisa melihat hasil cangkok dalam 3 hingga 5 bulan.

Batang yang disayat akan mengeluarkan akar sehingga kamu bisa menanamnya pada pot atau tanah.

Meskipun cepat berbuah, tanaman mangga hasil cangkok mempunyai kekurangan. Salah satunya adalah rentan roboh karena akar yang terbentuk tidak begitu kuat. Selain itu, tanaman ini juga kurang tahan terhadap musim kemarau.

2) Enten

Istilah ini mungkin terdengar asing di telinga kamu. Padahal teknik pembiakan bibit mangga dengan cara ini telah banyak dipraktekkan oleh petani.

Enten dilakukan dengan cara menyambungkan batang satu jenis mangga dengan batang mangga yang lain.

Tahukah kamu? Teknik enten dilakukan dengan tujuan untuk menggabungkan keunggulan jenis mangga tertentu.

Contohnya, jenis mangga dengan akar dan batang yang kuat akan dijadikan bagian bawah. Sementara itu, mangga yang berbuah besar dan manis akan menjadi bagian atas.

Dengan cara seperti ini, kamu bisa mendapatkan bibit mangga dengan akar dan batang yang kuat serta buah yang besar dan manis. Cara yang unik, ya!

Teknik enten ini sangat mudah untuk dilakukan. Namun, kamu perlu melakukan pengecekan pada batang bawah. Jangan sampai batang bawah menumbuhkan tunas sehingga batang sambungan akan kalah dan tidak mau tumbuh dengan baik.

3) Okulasi

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk memperoleh bibit buah mangga adalah dengan okulasi. Apa sih sebenarnya okulasi? Ini merupakan teknik penempelan mata tunas pada batang.

Untuk melakukan okulasi, kamu perlu mencari jenis tanaman mangga dengan batang dan akar yang kuat.

Cari juga tanaman mangga dengan buah yang manis. Ambil mata tunas dari tanaman berbuah manis tersebut kemudian tempelkan pada batang tanaman yang kuat.

Tutup dan ikat mata tunas menggunakan plastik. Jika berhasil, kamu akan melihat tunas yang mulai tumbuh dengan daun yang segar dalam waktu 4 minggu. Lumayan cepat, ya.

Sayangnya, teknik okulasi ini cenderung sulit untuk dilakukan. Hanya para petani berpengalaman yang berhasil mengembangbiakkan bibit mangga dengan cara ini.

Okulasi memang membutuhkan keahlian khusus agar mata tunas bisa menempel sempurna dan berkembang dengan baik.

Keuntungan dari teknik okulasi adalah jangka waktu yang cepat. Di samping itu, kamu juga bisa menggabungkan variasi tanaman mangga yang diinginkan.

4) Beli

bibit buah mangga

Tokopedia / @originalflora / Rp 12.500

Selain mengolah manga secara mandiri, Anda bisa mendapatkan bibit lebih cepat dengan membeli bibit siap tanam kepada beberapa penjual.

Harganya sekitar Rp 50 ribuan hingga 200 ribuan. Harga-harga ini bergantung pada jenis bibit yang Anda gunakan, misalnya bibit manga Erwin harganya 50-60 ribuan. Sementara itu, manga emperor ada di harga Rp 200 ribu rupiah.

Bagaimana dengan arum manis? Harganya sekitar 75 ribu dengan jangka waktu panen setelah 3 tahun.

Bagaimana? Pilihan metode mana yang Anda pilih?

Demikianlah ragam informasi mengenai beberapa metode yang bisa Anda terapkan untuk mendapatkan bibit mangga. Semoga bermanfaat, ya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.