Cara Mempercepat Kinerja Laptop

Setiap pengguna laptop, pasti menginginkan performa terbaik pada perangkat mereka. Pasalnya, hal tersebut bisa membantu mengoptimalkan suatu pekerjaan, terlebih yang membutuhkan kinerja laptop cukup tinggi.

Coba saja ketika laptop yang digunakan sering lemot atau bahkan hang, pasti akan menghambat pekerjaan yang sedang dilakukan. Oleh karena itu, kita harus melakukan sesuatu hal untuk mempercepat kinerja laptop.

Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan beberapa cara mempercepat kinerja laptop menggunakan fitur bawaan Windows maupun dengan melakukan upgrade hardware laptop itu sendiri.

Cara Mempercepat Kinerja Laptop (Windows)

Cara ini sangat direkomendasikan untuk pengguna laptop Windows, terlebih yang memiliki spesifikasi standar dan masih sering lemot ketika digunakan.

1. Install Aplikasi Seperlunya

Terkadang, pengguna laptop sering menginstall aplikasi tanpa melihat kapasitas hardisk yang dimiliki. Sebenarnya menginstall banyak aplikasi tidak ada salahnya, yang terpenting adalah aplikasi tersebut benar-benar dibutuhkan.

Kalau memang ada aplikasi yang tidak pernah digunakan, maka alangkah baiknya diuninstall saja. Hal ini tentu jauh lebih baik daripada aplikasi tersebut hanya memenuhi kapasitas hardisk saja.

Perlu diketahui, hardisk yang sudah penuh biasanya akan menyebabkan kinerja laptop menurun, terlebih jika yang penuh adalah disk tempat sistem operasi dan program aplikasi disimpan.

2. Hapus File Sampah

File yang Anda hapus dari laptop sebenarnya tidak langsung terhapus, melainkan hanya berpindah tempat saja. Windows memang menyediakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk menyimpan file yang dihapus pengguna, yaitu Recycle Bin.

Pada sistem operasi Windows, Recycle Bin adalah aplikasi yang sudah pasti ada. Bahkan, shortcut aplikasi ini secara default ditampilkan pada desktop Windows di bagian pokok kiri atas.

Untuk menghapus file sampah yang tersimpan di Recycle Bin, caranya cukup mudah. Silahkan klik kanan pada icon Recycle Bin lalu klik Empty Recycle Bin.

3. Kurangi Startup App

Startup App adalah sebuah aplikasi yang secara otomatis berjalan ketika laptop dihidupkan. Aplikasi ini bisa berasal dari program bawaan Windows ataupun dari aplikasi yang Anda install manual.

Semakin banyak startup app, maka semakin banyak pula resource yang dibutuhkan untuk menjalankannya. Maka wajar saja kalau startup app ini dapat menyebabkan kinerja laptop menurun.

Untuk itu, kita harus mematikan startup app yang sekiranya tidak dibutuhkan. Yang terpenting, jangan matikan startup yang berasal dari sistem Windows, karena ditakutkan bisa menyebabkan permasalahan.

Untuk mematikan startup app di Windows caranya cukup mudah. Untuk pengguna Windows 10, silahkan klik start lalu ketikkan Startup App, maka akan muncul pengaturannya, silahkan klik Startup App. Selanjutnya, Anda hanya tinggal mematikan aplikasi yang tidak ingin Anda jalankan di startup app.

Windows Startup App

4. Matikan Visual Efek

Jika memperhatikan tampilan Windows ketika digunakan, maka Anda akan melihat visual efek yang keren, baik ketika membuka maupun menutup aplikasi.

Tapi perlu diketahui juga, visual efek pada Windows juga bisa menyebabkan kinerja laptop menjadi berat. Jadi, agar performanya meningkat, Anda bisa mematikan visual efek tersebut.

Berikut caranya:

  1. Buka aplikasi Windows Explorer.
  2. Setelah itu, klik kanan pada Computer dan pilih Properties.
  3. Selanjutnya, silahkan klik Advanced System Settings. Pada tab Advanced, klik Settings.
  4. Klik pilihan Adjust for best performance lalu klik Apply dan Ok.

5. Upgrade Hadrware

Cara mempercepat kinerja laptop yang paling ampuh adalah dengan melakukan upgrade hardware. Yang penting untuk Anda upgrade adalah RAM dan hardisk, tertarik?

Bagi yang sebelumnya masih menggunakan RAM 2GB, maka Anda bisa mengupgradenya menjadi 4GB. Terkait hardisk, jika sudah penuh, maka lakukan upgrade. Namun, jika masih banyak space kosong, maka tidak perlu diupgrade.

Nah, itulah beberapa cara mempercepat kinerja laptop, khususnya laptop Windows.
Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.