Cara Membuat Poster

Sudah tidak asing lagi tentunya bagi kita semua tentang poster, karena sudah seringkali kita dijumpai poster ini baik dimedia sosial ataupun ditempat-tempat umum.

Poster sendiri biasanya digunakan untuk memberitahukan sebuah informasi, himbauan atau ajakan yang telah disampaikan melalui perantara poster itu sendiri.

Dan ada banyak sekali referensi contoh poster yang bisa Anda dapatkan baik di situs web seperti Cryptowi.com ataupun yang lainnya.

Akan tetapi kalau Anda ingin mengetahi cara membuat poster dengan sendiri, silahkan simak ulasan dibawah ini hingga selesai.

Cara Membuat Poster Dengan Mudah

#1. Tentukan Tema Yang Akan Disampaikan

Hal yang paling mendasar dalam membuat poster ialah Anda harus menentukan dulu tema yang akan Anda sampaikan didalam poster itu sendiri.

Dalam penentuan tema ini nantinya akan membuat Anda menjadi lebih mudah dalam langkah selanjutnya untuk membuat.

Disisi lain juga supaya nantinya bisa lebih fokus dalam membuat atau menyampaikan sebuah informasi atau ajakan yang akan disampaikan melalui poster.

Contoh dari tema yang sering digunakan dalam penyampaian melalui poster yaitu seperti kesehatan, kebersihan, ketertiban dan yang lain-lainnya.

#2.  Mengumpulkan Bahan Referensi

Langkah kedua dalam membuat poster ialah Anda diminta untuk mengumpulkan terlebih dahulu bahan-  bahan referensi yang terkait dengan tema yang akan Anda buat pada poster.

Ada banyak sekali sumber-sumber bahan poster, misalnya seperti pada situs website Cryptowi ataupun sumber-sumber yang ada di Internet yang lainnya.

Sehingga setelah mengumpulkan semua bahan poster yang cocok digunakan sebagai bahan pembuatan, maka Anda baru bisa melakukan langkah selanjutnya.

#3. Mulai Membuat Poster

Cara membuat poster berikutnya yaitu Anda memulai membuatnya dengan berbagai cara yang bisa Anda gunakan.

Misalnya dengan software photoshop, coreldraw ataupun bisa juga dengan software-software yang lainnya yang sudah pernah Anda pakai.

Sebaiknya didalam desaign poster itu terdapat kata- kata yang singkat namun sudah mencakup dengan semua segala hal.

Contoh yaitu seperti: “ Jangan Membuang Sampah Sembarang ”, “ Jagalah Kebersihan “ atuapun bisa juga “ Sehat Itu Mahal ”.

Sedangkan didalam poster juga alangkah baiknya terdapat logo ataupun gambar supaya kesannya lebih dapat atau tersampaikan, disisi lain juga supaya seorang yang melihat poster tersebut tidak merasakan bosan.

#4. Merevisi Poster

Tahap berikutnya yang seringkali dilalaikan kebanyakan orang dalam membuat poster yaitu tidak melakukan revisi pada pembuatan poster itu sendiri.

Sehingga biasanya setelah pembuatan poster itu selesai, maka langsung saja dicetak ataupun disebarkan, karena begitu seringkali terdapat kesalahan pada desaign poster itu sendiri, baik dari posisi peletakan gambar ataupun kesalahan pada tulisan kata- kata didalamnya.

Maka untuk itu tipsnya adalah jangan terburu-buru disebarluaskan setelah pembuatan poster selesai, lebih baik untuk melakukan revisi berulang- ulang dalam pembuatannya, untuk mendapatkan hasil desaign poster yang baik dan maksimal.

Demikianlah ulasan mengenai cara membuat poster yang bisa Anda pahami dan praktekkan, semoga dengan adanya ulasan diatas, bisa dapat bermanfaat dan berguna untuk Anda yang sedang membutuhkannya.

Sekian dan terimakasih, jika ada pertanyaan ataupun kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar dibawah.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.