Cara Membuat Bootable Flashdisk Tanpa Aplikasi

Sebenarnya, ada dua pilihan ketika kamu ingin membuat bootable yaitu menggunakan CD/DVD ataupun flashdisk. Namun, saat ini sudah banyak orang yang memilih menggunakan USB flashdisk dengan alasan lebih ringkas daripada CD/DVD.

Lebih dari itu, bootable flashdisk juga merupakan alternatif terbaik bagi pengguna perangkat yang tidak memiliki DVD-Rom. Tanpa adanya DVD-Rom, sangat tidak mungkin melakukan instalasi dengan DVD, melainkan harus tetap menggunakan bootable flashdisk.

Ketika memutuskan untuk membuat bootable dengan USB flashdisk, kamu juga akan menemukan beberapa cara, entah itu menggunakan aplikasi maupun tanpa aplikasi. Tentu, setiap cara tersebut pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Seperti judul artikel ini, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan cara membuat bootable flashdisk tanpa aplikasi, termasuk aplikasi Rufus maupun Media Creation Tool yang sangat familiar sebagai software pembuat bootable.

1. Pertama, silahkan siapkan terlebih dahulu flashdisk dengan ukuran minimal 8GB dan file ISO Windows yang akan digunakan. Jika sudah, tancapkan flashdisk ke PC lalu buka Run dengan menekan tombol Windows + R. Setelah Run terbuka, ketik diskpart lalu tekan Enter.

buka diskpart

2. Setelah membuka diskpart melalui Run, secara otomatis akan terbuka Command Prompt di perangkat kamu. Silahkan langsung ketik list disk lalu tekan Enter untuk menampilkan daftar disk yang terhubung ke perangkat kamu.

Setelah mengetik perintah tersebut, akan muncul daftar disk yang terhubung, termasuk flashdisk. Silahkan perhatikan flashdisk kamu berada pada disk berapa (contoh: punya kami ada di Disk 1). Untuk mengetahuinya kamu bisa lihat ukurannya saja, nanti sudah ketahuan.

buka list disk

3. Setelah tahu flashdisk kami berada pada disk berapa, silahkan ketikkan select disk 1 (ganti angka 1 dengan angka dimana disk flashdisk kamu berada) lalu tekan Enter. Kalau tidak ada kendala, maka proses akan ditandai dengan keterangan Disk 1 is now the selected disk.

select disk flashdisk

4. Sekarang, hapus partisi flashdisk dengan ketik clean lalu tekan Enter. Pada proses ini, jika berhasil akan ditandai dengan keterangan DiskPart succeded in cleaning the disk.

clean disk flashdisk

5. Jadikan partisi flashdisk sebagai partition primary dengan mengetikkan create partition primary lalu tekan Enter. Kalau berhasil maka tampilanya akan seperti di bawah ini.

jadikan partisi flashdisk sebagai partition primary

6. Aktifkan partisi flashdisk yang akan dibuat bootable dengan mengetik active lalu tekan Enter.

active partition

7. Sekarang format flashdisk kamu dengan file system FAT32 dengan perintah format fs=fat32 label=NamaFlashdisk quick lalu tekan Enter. Kamu bisa mengubah NamaFlashdisk sesuai dengan nama yang kamu inginkan.

Setelah format sudah selesai, silahkan close DiskPart dengan mengetikkan exit lalu Enter.

format flashdisk dengan file system fat32

8. Masuk ke Windows Explorer dan lakukan Mount file ISO yang sudah disiapkan di awal. Kalau sudah di-mount, silahkan copy semua file yang ada didalamnya. Jika sudah dicopy, paste file tersebut ke flashdisk yang sudah diformat tadi dan tunggu prosesnya sampai selesai.

copy file windows untuk dijadikan bootable flashdisk

9. Kalau proses copy sudah selesai, kamu sudah bisa menggunakan flashdisk tersebut sebagai bootable untuk menginstall sistem operasi.

cara membuat bootable flashdisk tanpa software

Sekarang, kamu sudah berhasil membuat bootable flashdisk tanpa software apapun, cukup menggunakan DiskPart melalui Command Prompt Windows.

Kelebihan dari cara ini adalah tidak memerlukan aplikasi apapun. Namun, kamu juga akan menemukan kekurangan dari cara ini yaitu prosesnya yang sedikit lama.

Tapi kembali lagi sih, karena cepat lambatnya proses pembuatan bootable ini tergantung flashdisknya juga. Jika kamu ingin proses berjalan dengan cepat, kamu bisa menggunakan flashdisk dengan kecepatan tinggi.

Selamat mencoba!

Sumber: komputizen.com

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.