Cara Melihat & Mengetahui IP Adress Komputer

Untuk dapat mengetahui alamat IP (IP address) komputer yang digunakan sendiri sangat penting. Contoh, Semua komputer di kantor terkoneksi dengan internet melalui Wireless network router.

Pada suatu waktu, pimpinan meminta salah satu karyawan melakukan streaming untuk merekam acara penting yang melibatkan perusahaan. Dikarenakan bandwidth terbatas, koneksi beberapa komputer ke internet perlu diputus sementara waktu untuk meningkatkan bandwidth.

Nah, untuk menghindari terputusnya koneksi komputer yang tidak seharusnya, masing-masing karyawan diminta untuk memberikan alamat IP komputer yang digunakan masing-masing untuk diputus oleh administrator jaringan.

Untuk karyawan dengan latar belakang IT, melihat atau mengetahui alamat IP komputer mungkin sudah menjadi hal yang sangat mudah, namun akan berbeda untuk karyawan yang tidak memiliki latar belakang IT.
Jika kamu merupakan salah satu karyawan yang tidak berasal dari latar belakang IT dan memang tidak tahu bagaimana cara untuk melihat alamat IP komputer yang sedang digunakan, kamu tidak perlu khawatir.

 

Cara mengetahui IP Address di Komputer

Untuk mengetahui alamat IP di komputer Windows tidaklah sulit. Berikut ini merupakan 2 cara melihat dan mengetahui alamat IP (IP address) di komputer Windows 10 yang kami kutip dari asalkata, simak dengan baik.

 

1.Melalui Network and Sharing Center

Pada area notifikasi (notification area) yang ada disebelah kanan taskbar, silakan klik tombol dengan Icon Network /WiFi (1) dan kemudian pilih Open Network and sharing Centre (2).
Di jendela Network and Sharing Centre yang muncul, silakan klik WiFi yang ada di bagian View your active networks. Pada kotak dialog WiFi Status yang muncul, silakan klik tombol Details…
Pada kotak dialog Network Connection Details yang muncul. Kamu bisa melihat kembali alamat IP komputer yang sama (192.168.1.2) di baris IPv4 Address.

 

2.Melalui Command Prompt

Silahkan tekan tombol keyboard Win (tombol dengan logo Windows) + R cara persamaan untuk membuka kotak dialog Run, ketikkan cmd atau cmd.exe di kotak teks berlabel Open (1) dan berikutnya Klik tombol OK (2) untuk menjalankan atau membuka Command Prompt.
Pada jendela Command Prompt yang muncul, silakan ketikan ipconfig dan kemudian tekan tombol keyboard Enter. Pada bagian Wireless LAN adaptor WiFi, di baris IPv4 Address, kamu bisa melihat ip komputer yang sedang digunakan (192.168.1.2).

 

Itulah cara melihat dan mengetahui IP address komputer. Sebenarnya cara tersebut sangat mudah dilakukan, jika anda sudah memahami langkah-langkahnya dengan benar. Semoga artikel ini bisa membantu ya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.