Cara Keluar Safe Mode di Windows 10

Safe Mode atau mode aman adalah sebuah mode booting pada komputer di mana hanya sistem-sistem dan program dasar dan yang diperlukan saja yang akan dijalankan. Artinya, sistem dan program dari pihak ketiga seperti game, aplikasi unduhan, dan berkas pribadi tidak akan ikut dijalankan.

Komputer dengan OS apa yang bisa menjalankan safe mode? Pada dasarnya, hampir semua komputer, PC maupun laptop dan hampir semua OS bisa menjalankan safe mode, termasuk komputer dengan Windows 10. Dengan memasuki safe mode di Windows 10, maka kita bisa mendiagnosa dan mencari masalah baik terkait perangkat lunak maupun perangkat keras yang menimpa komputer kita.

Misalnya, untuk memecahkan masalah tidak bisa update Windows, tidak bisa install software, hingga untuk membersihkan virus atau malware di Windows 10, kita bisa masuk ke safe mode. Nah, jika kita sudah selesai melakukan pekerjaan di safe mode, tentunya kita harus keluar dari safe mode itu sendiri.

Akan tetapi, tidak semua orang mengetahui caranya. Karena, cara keluar dari safe mode di Windows 10 itu sebenarnya tergantung pada bagaimana cara masuk safe mode Windows 10 yang sebelumnya kita lakukan juga. Misal, jika kita masuk ke safe mode menggunakan CMD, maka untuk keluarnya kita juga harus menggunakan CMD.

Nah, tapi jangan khawatir. Karena pada kesempatan kali ini kamu akan diberitahu semua cara keluar safe mode Windows 10 sesuai cara masuknya. Simak selengkapnya berikut ini:

1. Restart Komputer

Jika kamu masuk ke safe mode dengan cara menekan tombol shift + restart atau melalui menu Recovery yang ada di menu Settings, maka kamu bisa keluar safe mode dengan mudah, cukup dengan melakukan restart saja tanpa harus menekan tombol shift lagi.

Ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  • Klik menu Windows yang ada di pojok kiri bawah desktop.
  • Klik menu Power.
  • Klik Restart.

2. Melalui MSConfig

Nah kalau kamu masuk ke mode amannya menggunakan cara melalui MSConfig atau System Configuration, maka mau tidak mau untuk kembali ke booting normalnya kamu juga harus melalui cara yang sama. Tapi tenang, caranya juga tidak terlalu susah kok.

Ikuti saja langkah-langkah di bawah ini untuk keluar safe mode Windows 10 melalui MSConfig:

  • Tekan tombol Windows + R pada keyboard untuk membuka jendela Run.
  • Ketikkan msconfig dan tekan tombol Enter.
  • Pada jendela System Configuraion yang muncul, masuklah ke tab Boot.
  • Hilangkan centang pada opsi Safe Mode.
  • Klik tombol Apply lalu tombol Ok.
  • Terakhir, restart komputer seperti biasa.

3. Dengan Perintah CMD

Dan cara keluar dari safe mode di Windows 10 yang terakhir adalah dengan menggunakan perintah CMD. CMD atau singkatan dari Command Prompt adalah sebuah program yang memungkinkan kita sebagai pengguna Windows mengetikkan sejumlah baris perintah untuk menjalankan sistem tertentu, salah satunya perintah untuk masuk dan keluar safe mode.

Nah bagi kamu yang masuk ke safe mode dengan CMD, gunakan langkah-langkah berikut untuk keluarnya:

  • Buka CMD melalui shortcut Run dengan cara menekan tombol Windows + R lalu ketikkan CMD dan tekan tombol enter.
  • Pada jendela CMD yang muncul, ketik atau salin dan tempel perintah berikut: Bcdedit /set {bootmgr} displaybootmenu no
  • Tekan tombol enter.
  • Tutup jendela CMD dan restart laptop.

Demikianlah tiga cara keluar safe mode di Windows 10. Kalau kamu selesai melakukan pekerjaan di safe mode dan bingung bagaimana cara keluarnya, atau kamu memang terjebak di safe mode, maka kamu bisa men

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.