Cara Cek HP Samsung

Ponsel pintar saat ini memegang peranan penting bagi setiap kegiatan kita sehari-hari baik untuk pekerjaan, belajar, bermain game, dan yang lainnya. Saat ini kebanyakan produsen Smartphone berlomba-lomba mengeluarkan produk Smatphone mereka dengan kecanggihan-kecanggihan yang ada, salah satu produsen Smartphone yang paling terkenal adalah Samsung.

Banyak pengguna ponsel pintar di Indonesia senang memakai produk Samsung. selain karena kecanggihannya, Samsung juga mempunyai ketahanan yang baik sehingga awet dan penggunanya tidak perlu cemas Smartphone cepat rusak.

Namun apa jadinya jika Smartphone Samsung adalah merupakan Handphone Samsung yang palsu atau KW? Banyak Smartphone Samsung maupun merek lain yang memiliki produk tiruan atau palsu, bahkan iPhone juga mimiliki produk palsu.

Nah, bagi Anda yang mungkin saat ini sedang mencari cara untuk mengecek HP Samsung asli atau palsu, Artikel dari piwiq.id ini akan membantu Anda untuk mengetahui cara-cara untuk mengecek HP Samsung dengan mudah dan cepat.

Cara Mengecek HP Samsung Asli atau Palsu

Oleh karena itu sebagai pembeli, kita harus lebih jeli dalam membedakan Smartphone Samsung asli dengan yang palsu. Untuk mengecek HP Samsung, ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Kode Rahasia

Langkah pertama untuk mengecek Smartphone Samsung adalah menggunakan kode, setiap Smartphone pastinya memiliki kode rahasia yang berbeda, termasuk Samsung. Kode rahasia ini sering digunakan untuk mengecek Smartphone Samsung apakah asli atau palsu.

Selain untuk mengetahui keaslian Smartphone Samsung, kode rahasia ini juga bisa digunakan untuk mengecek komponen lainnya seperti LCD, Sensor, Kamera, Getaran, Speaker, dan lain sebagainya.

Selain itu, Anda juga bisa mengecek Spesifikasi yang ada di Smartphone dengan kode tertentu. Caranya adalah dengan mengetikkan *#*#4636#*#*. Nantinya layar akan menampilkan informasi Spesifikasi Smartphone Samsung.

2. Nomor IMEI

Setiap Smartphone memiliki nomor IMEI yang berbeda-beda. Nomor tersebut bukanlah nomor sembarangan, karena berisi informasi mengenai Smartphone itu sendiri. Oleh karena itulah kita juga bisa mengecek keaslian Smartphone Samsung melalui nomor IMEI.

IMEI adalah kombinasi kode yang disematkan pada setiap Smartphone yang di produksi,. Karena sifatnya unik, maka setiap IMEI dari Smartphone sudah pasti berbeda.

Hal ini termasuk pada Smartphone yang memiliki 2 slot kartu, jadi Smartphone tersebut akan memiliki 2 nomor IMEI. Hal yang harus diperhatikan untuk mengetahui Smartphone Samsung asli atau palsu adalah pastikan IMEI yang ada di Smartphone dan dus bawan sama persis.

3. Website IMEI

Cara ini memiliki keterkaitan dengan cara kedua diatas (menggunakan nomor IMEI). Setelah mengetahui nomor IMEI tersebut, Anda bisa melakukan pengecekan menggunakan website resmi IMEI.

Dengan menggunakan cara ini nantinya akan menampilkan detail Smartphone Anda seperti model, brand, dan informasi basic yang lainnya. Selain itu, cara ini juga bisa digunakan untuk mengecek Smartphone selain Samsung.

Berikut caranya:

  • Pertama, silahkan Anda kunjungi website imei.info
  • Setelah itu, masukkan nomor IMEI Smartphone Samsung Anda pada kolom yang sudah disediakan. Jika sudah, centang captcha kemudian klik Check.
  • Nantinya akan muncul informasi nomor IMEI yang berisi model, perusahaan pembuatan, tahun dirilis, hingga Spesifikasi hardware pada Smartphone Samsung Anda.
  • Selesai

Jika hasil pengecekan diatas sesuai dengan merk Smartphone Anda, maka bisa dipastikan Samsung Anda adalah asli. Hal ini penting dilakukan, karena terkadang ada juga Smartphone yang diganti nomor IMEI dengan IMEI Smartphone lainnya.

4. Cek Spesifikasi

Pada umumnya Spesifikasi Smartphone Samsung asli dengan yang palsu sangat jauh berbeda. Untuk itu, Anda harus melakukan pengecekan secara manual untuk mengetahui keasliannya.

Anda jangan terkecoh dengan Spesifikasi yang terlihat pada menu pengaturan, karena biasanya sudah diedit agar terlihat mirip dengan Smartphone Samsung yang asli. Anda juga bisa menggunakan beberapa Aplikasi pihak ketiga seperti CPU-Z, AIDA64, dan masih banyak yang lainnya. Namun, pada artikel kali ini kami akan mencontohkan dengan Aplikasi CPU-Z.

Berikut caranya:

  • Pertama, Download dan install Aplikasi CPU-Z di Play Store. Disini
  • Jika sudah, kemudian Aplikasi tersebut.
  • Pada halaman Aplikasi CPU-Z, Anda akan melihat detail Smartphone yang Anda gunakan dengan jelas.
  • Silahkan bandingkan Spesifikasi tersebut dengan Spesifikasi yang tertera pada website Samsung.
  • Selesai.

Dengan mengetahui Spesifikasi Smartphone yang Anda gunakan, maka Anda akan mengtahui apakah Smartphone Samsung tersebut asli atau palsu. Aplikasi CPU-Z akan memperlihatkan Spesifikasi Smartphone secara rinci, mulai dari chipset, processor, kapasitas ram, kapasitas memori, dan masih banyak yang lainnya.

Silahkan Anda cek, apakah Spesifikasi yang ditampilkan sama dengan Spesifikasi resmi Smartphone Samsung. Apabila tidak sama, maka bisa dipastikan merupakan Smartphone Samsung palsu.

5. Fisik HP

Selanjutnya ada cara lain untuk dapat mengetahui keaslian Smartphone Samsung, yaitu dengan cara melakukan pengecekan terhadap fisik Smartphone. Perbandingan paling mencolok antara Samsung asli dengan yang palsu adalah material yang digunakan.

Kita semua pasti sepakat kalau vendor Samsung menggunakan bahan yang berkualitas untuk produknya. Memang menurut kami fisik Smartphone Samsung asli dan palsu memang hampir mirip, tetapi pasti ada beberapa hal yang membedakan.

6. Kualitas Kamera

Cara cek Smartphone Samsung asli atau palsu selanjutnya adalah dengan melihat kualitas kameranya. Dari segi kualitas, kamera Smartphone Samsung memang tidak perlu diragukan lagi.

Hasil jepretan yang diambil sudah pasti tidak mengecewakan, karena hardware yang digunakan bukanlah hardware yang sembarangan. Apabila hasil jepretan kameranya buram dan terlihat kurang detail, maka kami jamin merupakan Smartphone Samsung palsu.

Untuk kamera yang asli tentu memiliki kualitas kamera yang sangat bagus, karena menggunakan sensor kamera terbaik yang mampu menghasilkan foto tajam dan jernih. Sedangkan untuk yang palsu biasanya memiliki resolusi kamera yang lebih rendah yang otomatis membuat kualitas kameranya lebih jelek.

7. Samsung Kies

Samsung Kies merupakan Software buatan Samsung yang berfungsi untuk mensinkronkan data yang ada pada Smartphone Samsung maupun tablet ke komputer. Apabila Samsung Kies bisa mendeteksi dan terkoneksi dengan Smartphone Anda, bisa dipastikan maka Smartphone Samsung Anda asli.

Sedangkan jika Samsung Kies tidak bisa membaca Smartphone Anda, maka bisa jadi bahwa Smartphone Samsung Anda palsu. Nah bagi yang ingin mencoba Software tersebut silahkan mendownloadnya pada situs resmi Samsung atau “KLIK DI SINI“.

CATATAN:
Samsung Keis hanya mendukung beberapa Smartphone Samsung jadul, seperti Galaxy S7 Series ke bawah. Sedangkan untuk Smartphone Samsung modern bisa menggunakan Software yang bernama Smart Switch.

Fungsi dari Software Smart Switch tersebu sama saja dengan Samsung Keis, yakni untuk mensinkronkan Smartphone ke komputer. Nah untuk mendownload Smart Switch terbaru silahkan “KLIK DISINI“.

Itulah beberapa ulasan yang membahas tentang cara cek HP Samsung palsu atau palsu dengan mudah yang kami rekomendasikan bagi Anda. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi Anda, sampai jumpa pada artikel-artikel kami selanjutnya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.