Cara Belajar Bahasa Inggris dengan Cepat

Cara Belajar Bahasa Inggris dengan Cepat dan Mudah Dipahami

Bahasa Inggris merupakan bahasa yang menyenangkan untuk dipelajari, beragam materi dan metode dapat Anda akses secara gratis dengan bantuan internet. Anda hanya perlu menemukan metode belajar bahasa inggris yang sesuai dengan Anda, dan dalam proses tersebut mungkin Anda akan menghabiskan banyak waktu hingga akhirnya menemukan yang sesuai.

Dalam materi kali ini, kami akan mengulas mengenai Cara Belajar Bahasa Inggris dengan Cepat dan Mudah Dipahami untuk semua orang dan berbagai tingkatan sesuai dengan hasil penelitian ilmiah. Simak ulasannya di bawah ini.

Cara Belajar Bahasa Inggris dengan Cepat dan Mudah Dipahami

1. Mendengarkan Banyak Materi Bahasa Inggris

Para ilmuan yang mempelajari mengenai linguistik memiliki istilah khusus bagi mereka yang ingin belajar bahasa asing, yakni Implicit Language Learning. Cara belajar bahasa inggris ini sangat mudah, Anda hanya harus menyediakan waktu untuk mendengarkan beragam materi bahasa inggris meski Anda sama sekali tidak mengerti.

Listening merupakan salah satu keahlian yang harus dikuasai bagi siapapun yang ingin mempelajari bahasa Inggris, dan kegiatan mendengarkan beragam materi bahasa Inggris akan membuat otak Anda menjadi familiar dengan bunyi huruf, aksen, kosakata dan tata bahasa Inggris meski Anda tidak mencatat materi tersebut.

Anda juga dapat melakukan Mimicking atau meniru cara pengucapan dan pelafalan suatu kata dalam bahasa Inggris dan hal ini juga merupakan salah satu metode belajar yang efektif dalam belajar bahasa asing. Hal ini dikarenakan saat kita mendengarkan bahasa asing maka otak kita mengenali pola dan merekam hal-hal yang diucapkan. Hal ini mirip dengan bayi yang meniru apa yang sering diucapkan oleh orang tuanya.

Oleh karena itu, kapanpun dan di manapun Anda memiliki waktu maka dengarkan materi-materi bahasa Inggris yang dapat Anda akses melalui channel Youtube ataupun Podcast, Anda juga dapat mendengarkan beragam interview dari artis-artis luar negeri yang Anda sukai.

2. Membaca Komik Bahasa Inggris

Metode kedua juga merupakan salah satu metode favorit penulis ketika belajar bahasa Inggris. Selain mendengarkan, membaca komik ataupun cerita anak akan membantu Anda dalam mempelajari bahasa asing. Cerita anak ataupun komik memiliki kosakata dan frasa baru yang mudah dipahami karena memang ditujukan untuk anak-anak dan remaja sehingga tidak menggunakan kosakata maupun frasa yang sulit.

Mempelajari frasa juga akan memudahkan Anda mempelajari bahasa Inggris. Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan pada jurnal Royal Society Publishing mengungkapkan bahwa mempelajari kata dan penggunaannya dalam sebuah frasa ataupun kalimat utuh merupakan cara yang paling efektif bagi mereka yang sedang mempelajari bahasa asing. Selain itu, mempelajari bagaimana sebuah kosakata digunakan dalam sebuah kalimat akan memudahkan Anda berkomunikasi secara alamiah layaknya native speaker.

3. Mendengarkan Musik

Apakah Anda masih mengingat lirik lagu Twinkle-Twinkle Little Star? Saya rasa mayoritas dari Anda yang pernah mendengar atau menyanyikan lagu tersebut saat kecil masih mengingat lirik lagu tersebut. Mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Saat kecil, mendengarkan musik merupakan salah satu cara belajar bahasa Inggris dengan cepat dan mudah dipahami. Mendengarkan lagu secara berulang-ulang akan membantu Anda mempelajari kosakata baru dan bagaimana digunakan dalam sebuah lirik.

Belajar bahasa asing dengan mendengarkan musik akan membuat belajar menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Terdapat beberapa lagu yang menggunakan kata dan frasa yang mudah dipahami bagi mereka yang baru memulai belajar bahasa inggris. Berikut daftar lagu yang dapat Anda gunakan untuk belajar bahasa asing.

  • ABC oleh Jackson 5
  • Always on My Mind oleh Elvis Presley
  • And I Love Her oleh The Beatles
  • Beautiful Day oleh U2
  • Every Breath You Take oleh The Police
  • Manic Mondays oleh The Bangles
  • Our House oleh Madness
  • California Dreaming oleh The Mamas dan The Papas
  • I Heard It Through The Grapevine oleh Marvin Gaye
  • The Lazy Song Bruno Mars

4. Belajar Asosiasi Kata

Belajar dengan menggunakan asosiasi kata bahasa inggris akan memudahkan Anda dalam belajar sinonim kata, suara, gerakan dan gambar. Saat Anda mendengar suara “Miau” Anda dengan mudah mengasosiasikan suara tersebut dengan kucing. Saat Anda melihat gambar bulan, maka secara reflek Anda akan menggunakan kata “Moon”. Anda tidak perlu memikirkannya karena kata-kata tersebut telah tertanam di otak Anda.

Mengutip BahasaInggris.PRO, belajar dengan asosiasi kata tidak hanya menyenangkan tetapi juga akan mempercepat proses belajar bahasa asing Anda. Dalam sebuah penelitian mengungkapkan bahwa orang-orang dapat mengingat dengan mudah kosakata bila dibarengi dengan gambar dari kata tersebut. Oleh karena itu, saat mempelajari kosakata baru maka sandingkan kata tersebut dengan gambar untuk memberikan otak Anda kemampuan untuk menyimpan kata dan asosiasi gambar yang mengikutinya.

5.  Bangun Kepercayaan Diri dengan Praktik Setiap hari

Salah satu cara belajar bahasa inggris yang cepat adalah dengan mempraktikkannya setiap hari, salah satunya dengan berinteraksi dengan para Native Speaker. Untuk berinteraksi Anda tidak harus pergi ke Bali untuk bertemu dan berinteraksi dengan Bule untuk meningkatkan kemampuan bahasa asing Anda.

Cukup akses platform yang memungkinkan Anda berbicara dengan orang dari berbagai belahan dunia seperti MyLanguageExchange.com atau ConversationExchange.com maka Anda dapat berinteraksi dan meningkatkan kemampuan bahasa asing Anda hanya bermodal koneksi internet yang stabil. Selain itu, terdapat aplikasi seperti Tandem yang memungkin Anda orang-orang dari seluruh dunia yang juga sedang belajar bahasa asing. Anda akan dipilihkan pasangan yang sesuai dengan algoritma profil Anda dan saling belajar bahasa asing.

Jangan takut melakukan kesalahan saat berkomunikasi dengan para native speaker. Selalu ingat bahwa Anda tidak akan pernah meningkatkan kemampuan bahasa asing Anda tanpa melakukan kesalahan. Tetap percaya diri!

Demikian pembahasan mengenai Cara Belajar Bahasa Inggris dengan Cepat dan Mudah Dipahami. semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam proses belajar Inggris.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.