Cara Mengaktifkan Fitur Dark Mode WhatsApp

WhatsApp adalah salah satu media komunikasi paling banyak digunakan saat ini. Banyak fitur yang membuat para penggunanya merasa nyaman dan betah ketika memakai aplikasi ini. Belum lagi fiturnya juga selalu diperbarui untuk menambah pengalaman dan kenyamanan para pengguna. Terakhir ada WhatsApp Dark Mode yang membuat para pengguna diuntungkan.

Dari namanya saja mungkin kamu sudah tahu seperti apa fitur tambahan WhatsApp ini. Ya, WA dark mode merupakan fitur baru yang telah diluncurkan pihak WhatsApp agar membuat tampilan background menjadi lebih gelap atau bahkan hitam pekat. Dengan menggunakan fitur ini, pengguna tidak akan silau saat memakainya di malam hari.

Mengenal WhatsApp Dark Mode Lebih Jauh

cara-aktifkan-whatsapp-dark-mode

Sebelum memakai aplikasi ini tentu saja kamu harus tahu seperti apa fitur unggulan ini agar bisa lebih paham saat memakainya. WhatsApp selalu memberi pembaruan agar para penggunanya semakin betah. Contoh fitur tambahan yang disediakan adalah Dark Mode yang hingga sekarang populer karena menjadi pembicaraan.

Sebelumnya fitur ini memang sudah ada di Instagram dahulunya. Saat itu, semenjak fitur ini diluncurkan ternyata memberi dampak yang positif terhadap para pengguna, baik yang sudah lama maupun yang pengguna baru. Jadi tidak heran pengembang WhatsApp yang kebetulan satu manajemen dengan Instagram juga ingin melakukan hal yang sama.

Dark mode atau yang akrab dikenal dengan sebutan mode gelap akhirnya dikembangkan dan diterapkan di WhatsApp juga. Dimana aplikasi ini adalah yang paling populer selain Instagram. Dengan rilisnya fitur ini akhirnya tidak sedikit pengguna yang merasa nyaman saat pemakaian di malam hari. Pasalnya WhatsApp tidak menjadi silau seperti standar resminya.

Kabar menariknya, aplikasi ini bisa digunakan di berbagai perangkat, baik IOS maupun android. Jadi siapapun penggunanya bisa menikmati. Nah, untuk menggunakan aplikasi ini, kamu bisa cek di artikel ini. Pasalnya akan ada pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan WA dark mode serta cara mengaktifkannya.

Kelebihan dan Kekurangan Fitur WA Dark Mode

Dibanding fitur lainnya di WhatsApp, WA Dark Mode ini memiliki kelebihan tersendiri. Adapun kelebihan yang ditawarkan sebagai berikut

  1. Saat menggunakan fitur ini, mata tidak akan tegang saat menatap layar di malam hari nantinya. Bahkan meskipun kamu menggunakan WhatsApp dalam waktu yang lama sekalipun. Kamu bisa membuktikannya sendiri dengan mengaktifkan fitur ini.
  2. Baterai saat menggunakan fitur ini juga bisa dihemat dengan maksimal. Pasalnya fitur ini tidak menguras konsumsi baterai yang kamu gunakan. Jadi baterai lebih hemat saat perangkat digunakan.
  3. Fitur ini memang cocok untuk penderita penyakit fotofobia yang memiliki rasa takut terhadap cahaya yang berlebihan pada suatu hal. Jadi memang bagus untuk kesehatan mental penderita tersebut.
  4. Dengan mengaktifkan WA Dark Mode ini, kamu bisa tampil keren meskipun berada di pencahayaan yang kurang/ Bahkan tidak sedikit pengguna yang merasa fitur ini memiliki desain sangat elegan dan mewah.
  5. Tampilan aplikasi menjadi lebih elegan dan juga kontras sehingga tampak tidak membosankan sedikitpun ketika digunakan
  6. Saat mengaktifkan fitur ini, tulisan yang ditampilkan di ponsel menjadi lebih jelas dibanding ketika menggunakan WhatsApp standart.
  7. Mengaktifkan WA dark mode juga bagus untuk kesehatan mata. Pasalnya bisa mengurangi cahaya biru yang biasanya muncul saat perangkat smartphone digunakan. Padahal cahaya biru ini sangat buruk untuk kesehatan mata.

Selain kelebihan yang sudah dibahas, ternyata fitur WhatsApp Dark Mode ini juga memiliki beberapa kekurangan. Misalnya, fitur ini tidak cocok digunakan untuk semua orang., Istilahnya, setiap orang punya selera berbeda mengenai apa yang ia ingin gunakan.

Selain itu, fitur ini juga tidak mendukung warna hitam di teks atau sticker. Misalnya, kamu yang dikirimi atau mengirim sticker warna hitam tentu tidak akan bisa melihat isi sticker tadi karena sama dengan background yang digunakan.

Cara Mudah Mengaktifkan WA Dark Mode di Android

Untuk mengaktifkan fitur ini tidaklah sulit karena memang sangat mudah dan bisa dilakukan siapa saja. Hanya saja kamu memang membutuhkan waktu untuk bisa melakukannya dengan baik. Adapun cara mengaktifkannya sebagai berikut

1. Install Aplikasi WhatsApp Versi Terbaru

Untuk bisa menggunakan atau mengaktifkan fitur WA Dark Mode ini, kamu harus mendownload dan menginstall aplikasi WhatsApp versi terbaru dari Google Play. pastikan mendownload versi resmi agar proses pengaktifan fitur ini bisa sesuai dengan apa yang diinginkan.

2. Buka Aplikasi

Setelah mendownload dan menginstall aplikasi, kamu bisa membuka aplikasi WhatsApp untuk mengaktifkan WA Dark Mode di smartphone. Pastikan koneksi internet yang kamu gunakan lancar agar proses pengaktifan fitur ini berjalan dengan baik nantinya.

3. Masuk ke menu setting atau setelan

Langkah berikutnya untuk mengaktifkan fitur WA Dark Mode ini adalah masuk ke menu setting pada aplikasi WhatsApp. Masuk saja ke menu Chats di aplikasi. Berikutnya pilih tiga simbol titik vertikal yang ada di pojok kanan atas. Pilih dan tekan Setelan atau Settings.

4. Pilih Menu Bantuan

Setelah menyelesaikan proses yang sebelumnya, kamu tinggal memilih menu Help atau bantuan di aplikasi yang digunakan pada saat itu. Setelah memilih menu bantuan ini, kamu akan dihadapkan dengan beberapa menu lainnya. Tekan atau pilih saja menu Pusat Bantuan di aplikasi. Lalu kamu bakal diarahkan ke website tambahan faq.WhatsApp.com

5. Pilih Download WA Android

Di bagian halaman web faq WhatsApp, kamu dapat scroll ke arah bawah sampai ketemu dengan menu unduh/download. Setelah menu yang diinginkan ketemu, kamu bisa memilih unduh/download dan pilih android. Jika ada peringatan, kamu bisa menekan tombol Download Now. Setelah masuk, kamu bisa klik Download Link dan otomatis WA android versi terbaru langsung terdownload.

6. Aktifkan Fitur

Ini adalah fitur paling penting untuk mengaktifkan Dark Mode. Dimana kamu tinggal memilih setting dan pilih chat. Setelah itu pilih saja tema di menu tadi. Nantinya akan ada banyak pilihan di menu berikutnya. Kamu tinggal memilih di bagian Dark/ Gelap saja. Selesai, kamu sudah mengaktifkan fitur Dark Mode WhatsApp di android.

Cara Mengaktifkan WhatsApp Dark Mode di iPhone

Bagi yang pengguna smartphone iPhone, tenang saja karena kamu juga bisa mengaktifkan fitur unggulan ini. Caranya juga tidak terlalu rumit dan tidak memakan banyak waktu. Untuk caranya sama dengan sebelumnya, yakni di android. Berikut langkah-langkahnya sebagaimana dilansir dari teknoride.com:

  1. Pertama masuk saja ke menu Setelan atau setting di perangkat iPhone yang kamu gunakan.
  2. Nantinya akan ada beberapa pilihan menu. Kamu bisa memilih di menu Chats dan kemudian arahkan ke Tema.
  3. Dari sini kamu bisa memilih dark atau gelap. Selesai, kamu sudah mengaktifkan WhatsApp mode gelap di iPhone.

Akhir Kata

Menggunakan fitur terbaru WhatsApp ini memang menguntungkan karena menyediakan beberapa kelebihan yang telah disebutkan. Jadi wajar dalam waktu singkat saja fiturnya sangat populer dan banyak diterapkan oleh pengguna WhatsApp.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.