Alasan Mengapa Anda Harus Punya Bisnis Sampingan

Gaji anda pas-pasan? Anda ingin mendapat penghasilan tambahan? Cobalah untuk membuka bisnis sampingan yang bisa membuat penghasilan anda per bulan meningkat. Banyak orang saat ini memiliki gaji bulanan yang hanya cukup untuk membiayai kebutuhan sebulan. Untuk menambah penghasilan tersebut, berbagai cara dilakukan salah satunya adalah dengan membuka usaha sampingan.

Apa itu usaha sampingan? Usaha sampingan adalah usaha yang dijalankan oleh orang yang sebenarnya sudah memiliki penghasilan utama per bulannya baik itu dari pekerjaan tetapnya atau usaha utama yang lain. Berikut ini adalah alasan mengapa usaha sampingan diperlukan meski anda sudah memiliki penghasilan tetap setiap bulannya

Orang Butuh Rekreasi

Setiap orang butuh rekreasi untuk melepas kepenatan dari rutinitas yang dijalaninya sehari-hari. Baik orang tersebut sedang menjalani studi (sekolah) maupun telah bekerja, rekreasi adalah hal yang mutlak diperlukan dalam jangka waktu tertentu. Anda seharusnya mengalokasikan biaya rekreasi ini pada wkatu tertentu, untuk sebulan sekali misalnya.

Memang anda bisa menabung untuk mencapai besaran biaya rekreasi, namun demikian hal tersebut tidak dianjurkan karena akan selalu habis dalam sekali pakai. Berbeda dengan membuka usaha sampingan yang bisa anda coba, sehingga biaya rekreasi bisa anda alokasikan dari keuntungan usaha sampingan anda.

Inflasi

Alasan kedua mengapa anda harus menjalankan bisnis sampingan mulai dari sekarang ini adalah karena laju inflasi. Tidak ada yang mengetahui berapa harga barang-barang yang saat ini kita nikmati dengan harga murah di masa mendatang. Contohnya saja, dulu harga bakso pada tahun 1990-an adalah Rp 200, kini harga semangkuk bakso mencapai Rp 15.000.

Inflasi membuat harga-harga barang naik. Tak Cuma itu, biaya pendidikan, biaya hidup dan lainnya juga akan naik. Mengandalkan gaji bulanan yang tidak kunjung naik tidak akan cukup untuk memenuhi kebutuhan yang banyak.

Persiapan Pensiun

Selain dua alasan di atas, sebagai manusia yang terus menua secara usia dan tidak bisa terus bekerja, maka membuka usaha sampingan juga bisa diartikan sebagai persiapan menghadapi hari tua alias pension. Bagi soerang pekerja swasta, persiapan pension sangat penting karena mereka tidak mendapat uang pension dari perusahaan.

Selain sebagai pengganti penghasilan utama anda, usaha sampingan ini bisa menjadi pengisi kesibukan anda di masa tua nantinya. Anda juga tidak mengalami stress yang dkarenakan perpindahan masa dari bekerja ke pension dengan adanya usaha sampingan.

Ekspresi diri

Usaha sampingan bisa juga terjadi karena anda ingin mengekspresikan diri. Jika anda seorang pekerja di suatu perusahaan merasa bahwa pekerjaan anda di kantor tidak sesuai dengan passion anda, maka dengan membuka usaha sampingan yang sesuai dengan minat anda, anda bisa mengekspresikan diri lebih bebas.

Hal ini berlaku juga jika anda mengalami mentok dalam hal karier di pekerjaan anda tersebut, usaha sampingan yang sesuai keinginan anda bisa mengajarkan banyak hal yang belum pernah anda temui di kantor. Proses semacam ini membawa anda akan semakin mengenali diri anda, di mana hal tersebut sangat baik dalam membentuk karakter.

Peluang Terbuka Luas

Ide membuka usaha sampingan bisa tercetus dengan melihat peluang yang terbuka luas saat ini. Anda bisa melakukan riset terlebih dahulu sebelum membuka usaha sampingan apa yang cocok dengan anda. Pastikan bisnis yang anda buka akan tetap memiliki pelanggan atau pembeli. Anda bisa memulai dengan mempromosikan ke keluarga anda.

Saat ini peluang pasar terbuka luas terlebih karena perkembangan teknologi dan informasi. Terutama berjualan menggunakan internet, anda bisa memiliki berbagai pelanggan yang membutuhkan barang-barang yang dijual melalui sebuah situs jual-beli online. Berjualan makanan bisa jga dipesan melalui sebuah aplikasi yang terkoneksi internet.

Itu dia beberapa faktor pendorong anda harus mulai membuka bisnis sampingan sejak saat ini. Bila anda bekerja di perusahaan selama 8 jam, maka anda masih memiliki sisa waktu dalam sehari untuk mengurus usaha sampingan anda. Jika anda memiliki hari libur, anda malah bisa fokus 100 persen dalam menggarap usaha sampingan anda.

Nantinya, usaha sampingan yang anda rintis malah akan semakin berkembang dan dengan demikian anda bisa membuka sebuah situs khusus untuk mempromosikan produk anda. Carilah jasa penulis artikel untuk mengisi situs anda. Selamat mencoba!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.