Bisnis Ikan Laut

Ikan air laut memiliki kesegaran dan kelezatan tersendiri, sehingga biasa dijadikan sebagai salah satu lauk pauk favorit. Selain itu ikan air laut juga kaya akan nutrisi dan protein yang bermanfaat bagi tubuh.

Terlebih kebutuhan ikan air laut di pasaran cukup tinggi, sehingga bisa dikatakan bisnis ikan air laut adalah suatu hal yang menguntungkan. Meskipun terdapat banyak pesaing, pedagang ikan air laut senantiasa bermunculan dan tetap eksis sampai saat ini.

Jika anda merupakan salah satu pemula dalam bisnis ikan air laut, tentu saja anda akan membutuhkan beberapa cara dan tips. Sebab tanpa hal ini anda akan kesulitan dalam menjalankan bisnis ikan air laut dan bersaing dengan kompetitor di dalamnya.

Berikut beberapa tips dan cara untuk memulai bisnis ikan air laut:

1. Mencari informasi tentang ikan air laut

Sebelum memulai bisnis ikan air laut, alangkah baiknya terlebih dahulu anda harus mencari informasi dan pengetahuan umum terkait dengan ikan air laut. Tentunya hal ini bisa anda lakukan dengan melakukan sedikit riset di pasaran.

Selain itu anda juga harus tahu apa yang mesti dipersiapkan untuk memulai bisnis di bidang ini. Sebab ikan air laut akan sangat berbeda harganya dengan ikan air tawar, makan anda juga perlu mencari tahu informasi harga di pasaran agar nantinya tidak mengalami defisit atau kerugian.

2. Mencari ikan di grosir pantai

Setelah informasi terkumpul, selanjutnya anda dapat menemukan pemasok ikan air laut dengan mencarinya langsung ke pedagang di pantai atau nelayan. Sebab hal ini akan memberikan harga yang lebih ekonomis atau lebih murah. Selain itu biasakan untuk membeli dalam jumlah yang relatif banyak, agar biaya yang dikenakan juga menjadi lebih terjangkau.

3. Memilih jenis ikan laut

Setelah menemukan supplier ikan air laut, hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah menentukan jenis ikan laut yang sering dibeli atau dikonsumsi masyarakat.

Karena dengan mengetahui jenis ikan laut yang laku di pasaran, anda akan aman dalam menjualnya sebab banyaknya permintaan. Beberapa contoh ikan air laut yang memiliki permintaan tinggi di pasar di antaranya yaitu, tuna dan sarden.

4. Persiapan tempat penyimpanan ikan

Untuk menjaga kualitas dan kesegaran ikan air laut, makan anda juga perlu menyiapkan tempat penyimpanan ikan. Anda dapat menyimpannya pada wadah khusus seperti kulkas atau freezer.

Selain itu anda juga dapat menggunakan wadah penyimpanan lainnya yang digunakan bersama dengan beberapa balok es. Kotak penyimpanan ini akan lebih ekonomis dan terjangkau, serta lebih praktis dibawa kemana saja selama anda melakukan transaksi bisnis ini.

5. Menentukan lokasi

Apabila tempat penyimpanan telah disiapkan, cobalah untuk mendirikan kios atau tempat yang anda gunakan untuk menjual ikan air laut. Pertimbangkan agar memilih lokasi yang strategis dan tidak jauh dari pasar, serta mudah dijangkau oleh kebanyakan orang.

Anda juga bisa menggunakan mobil atau kendaraan dalam menjual ikan air laut ini atau juga bisa dengan membuka warung di pinggir jalan. Perlu diingat pula agar jangan terlalu memaksakan dalam penentuan lokasi, yang terpenting dapat mendukung bisnis yang dijalankan.

6. Promosi

Seperti halnya berbagai bisnis lainnya, anda juga harus melakukan berbagai upaya promosi agar bisnis ini dapat diketahui oleh banyak orang. Anda dapat mencoba menggunakan promosi harga, penambahan item, atau dengan melakukan pengemasan yang menarik bagi calon pembeli nantinya.

Selain itu anda juga bisa menjualnya keliling, menggunakan alat transportasi seperti mobil dan sepeda motor. Hal ini juga akan memudahkan anda dalam mencari konsumen yang tepat. Sebab menjual ikan air laut membutuhkan waktu yang tidak lama karena akan mempengaruhi tingkat kesegaran dari ikan air laut yang dijual.

Anda juga dapat bekerjasama dengan pedagang atau pengusaha seperti restoran atau catering yang menggunakan ikan air laut sebagai menu sajiannya.

Itu lah tips memulai bisnis perikanan ikan laut yang dapat anda lakukan untuk menambah wawasan anda mengenai bisnis budidaya. Untuk menambah wawasan tentang panduan budidaya secara lengkap bisa anda lihat di tipsbudidaya.com.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.