Belajar Komputer Dasar

Dengan mempelajari keterampilan komputer yang mendasar, dan kemudian tingkat lanjut, Anda dapat memanfaatkan sistem dan Internet Anda untuk menemukan banyak informasi dan melakukan berbagai tugas. Dengan berkembangnya era digital, kemampuan untuk mengoperasikan komputer menjadi salah satu kemampuan dasar untuk setiap aspek sehingga belajar komputer dasar sangat diperlukan.

Belajar komputer dasar bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, mulai dari les privat sampai mempelajari panduan yang tersebar di internet. Mengetahui cara menggunakan komputer dan sistem operasi sangat penting.

Terutama karena banyak pekerjaan dan karier profesional memerlukan komputer. Beberapa keterampilan dasar yang harus dipelajari pemula termasuk membuka aplikasi dan program, menavigasi Internet dan berbagi file dengan komputer jaringan lain.

Berikut ini adalah beberapa daftar panduan belajar computer dasar yang kami kutip dari Teknohive. Simak panduannya berikut ini:

Hardware komputer

Komputer adalah teknologi serba guna yang sangat berguna, sampai-sampai sekarang kamera, telepon, termostat, dan banyak lagi semuanya adalah komputer kecil. Bagian ini akan memperkenalkan bagian dan tema utama tentang cara kerja perangkat keras komputer. “Perangkat Keras” merujuk pada bagian fisik komputer, dan “perangkat lunak” mengacu pada kode yang berjalan di komputer.

Sederhananya, perangkat keras komputer adalah komponen fisik yang diperlukan oleh sistem komputer untuk berfungsi. Ini mencakup semuanya dengan papan sirkuit yang beroperasi di dalam PC atau laptop; termasuk motherboard, kartu grafis, CPU (Central Processing Unit), kipas ventilasi, webcam, catu daya, dan sebagainya.

Meskipun desain perangkat keras berbeda antara PC desktop dan laptop karena perbedaan ukurannya, komponen inti yang sama akan ditemukan di keduanya. Tanpa perangkat keras, tidak akan ada cara menjalankan perangkat lunak penting yang membuat komputer sangat berguna. Perangkat lunak didefinisikan sebagai program virtual yang berjalan di komputer Anda; yaitu, sistem operasi, browser internet, dokumen pengolah kata, dll.

Untuk menggunakan komputer, Anda harus dapat melakukan hal-hal berikut dibawah ini:• Menggerakan kursor di layar dengan mouse atau touchpad.

• Klik kanan, klik kiri, dan double klik dengan mouse.
• Menggunakan fungsi-fungsi dasar keyboard seperti backspace, enter, spasi, delete, tab, shift, dan caps lock.
• Keterampilan dasar mengetik.

Belajar Bagaimana Menggunakan Sistem Operasi

Sistem operasi adalah perangkat lunak paling penting yang berjalan di komputer. Sistem operasi mengelola memori dan proses komputer, serta semua perangkat lunak dan perangkat kerasnya. Ini juga memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dengan komputer tanpa mengetahui cara berbicara bahasa komputer. Tanpa sistem operasi, komputer tidak akan berguna.

Sebagian besar dari Anda mungkin memiliki Windows, operating system yang diproduksi Microsoft, pada komputer Anda. Untuk menggunakan operating system dengan efektif, Anda harus dapat melakukan hal-hal berikut dibawah ini:

• Menemukan, mengoperasikan dan menutup suatu program.
• Bagaimana file, folder, dan direktori berfungsi.
• Menyimpan file.
• Menggunakan Windows Explorer untuk menemukan dan membuka sabuah file.
• Men-shut down dan restart komputer.

Menggunakan Word Processors

Sekarang Anda telah tahu bagaimana menggunakan operating system, hal lain yang harus Anda pelajari adalah word processor. Word processor pada dasarnya sebuah software Aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat tekstual dokumen. Aplikasi ini seperti sebuah mesin ketik.

Word processor Terkadang disingkat WP, pengolah kata adalah program perangkat lunak yang mampu membuat, menyimpan, dan mencetak dokumen yang diketik. Saat ini, pengolah kata adalah salah satu program perangkat lunak yang paling sering digunakan di komputer, dengan Microsoft Word menjadi pengolah kata yang paling populer.

Mengetahui cara kerja word prosesor sangat cukup penting sebelum menguasai keterampilan dasar komputer lainnya. Anda harus terbiasa dengan hal-hal berikut sebelum melangkah ke tahap yang lebih lanjut:

• Membuka Microsoft Word.
• Membuat dokumen baru di Word.
• Menggunakan fungsi format dasar (catak tebal, cetak miring, garis bawah, ukuran huruf, dan jenis hururf).
• Menyimpan dan mencetak dokumen yang telah selesai.

Online

Untuk menggunakan internet, Anda juga memerlukan sebuah web browser. Web browser merupakan Aplikasi yang dapat membuka website dan menghubungkan Anda dengan internet. Baik Windows dan sistem operasi lainnya dirancang dengan web browser di dalamnya.

Anda bisa menggunakannya untuk selalu berkomunikasi dengan teman dan kerabat. Membiasakan diri dengan internet adalah langkah awal untuk menguasai seluruh fungsi komputer. Menggunakan internet memerlukan pengetahuan dasar dengan hal-hal sebagai berikut dibawah ini:

• Menemukan dan membuka web browser.
• Membuka website.
• Mamahami link.
• Membuat dan menggunakan akun email.
• Mencari dengan Google.
• Membuka video

Demikian panduan belajar computer dasar, semoga panduan yang kami berikan membantu kamu dalam memaksimalkan dalam belajar komputer. Sampai jumpa pada artikel-artikel kami selanjutnya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.