Apa itu Atom?

Atom adalah zat pembangun dasar dari segala sesuatu di sekitar kita. Untuk benar-benar memahami bagaimana atom tergabung membentuk molekul, kita perlu mengenal strukturnya.

Dalam pembahasan ini, kita akan membedah atom agar kita dapat melihat apa saja yang ada di atom.

Partikel sub atom

Tahukah Anda bahwa tubuh Anda sebagian besar tersusun atas ruang kosong?

Sebagian besar tubuh manusia terdiri dari atom dan sebagian besar volume atom tersebut adalah ruang yang benar-benar kosong.

Atom adalah partikel terkecil dari suatu unsur yang masih memiliki sifat yang sama dari unsur itu. Unsur adalah zat murni yang hanya terdiri dari satu jenis atom.

Thomson, Rutherford, dan Millikan (para ilmuwan) menemukan bahwa atom terdiri dari partikel yang lebih kecil yang disebut partikel subatom.

Pada pembahasan ini kita akan fokus pada tiga partikel subatom utama: proton, neutron, dan elektron.

Dalam mempelajari atom, kita tidak bisa lepas dengan tabel periodik. Tabel periodik adalah referensi terorganisir dari semua elemen yang diketahui dan diatur sesuai dengan sifatnya.

tabel periodik unsur

Proton

Proton adalah salah satu bagian terpenting dari atom. Jumlah proton yang dimiliki atom menentukan jenis elemen apa itu.

Sebagai contoh, semua atom yang hanya memiliki satu proton akan menjadi atom hidrogen. Perhatikan hidrogen di sisi kiri atas tabel periodik, huruf H besar tercetak di dalamnya. Ini adalah simbol kimia untuk hidrogen.

Setiap elemen memiliki simbol kimia yang berbeda. Perhatikan angka satu yang dicetak di dalam kotak. Angka ini menunjukkan jumlah proton yang dimiliki atom unsur itu. Angka ini bertambah satu ketika dari kiri ke kanan dan dari atas ke bawah pada tabel periodik. Jadi, helium memiliki proton sebanyak dua, litium memiliki proton sebanyak tiga, dan seterusnya.

Jumlah proton disebut nomor atom. Perlu diingat bahwa tidak semua tabel periodik sama persis sehingga beberapa mungkin memiliki nomor atom untuk setiap elemen di lokasi yang berbeda.

Sifat lain yang dimiliki proton adalah membawa muatan listrik yang positif. Proton juga relatif berat. Proton memiliki massa sekitar satu amu, atau satuan massa atom.

Karena atom sangat kecil, kita memerlukan jenis unit yang berbeda untuk mengukur massa atom. Kita akan menggunakan satuan massa atom (atau amu) ketika kita membahas massa atom dan molekul.

Ciri terakhir proton adalah tersimpan di dalam inti atom. Nukleus adalah daerah yang sangat kecil dan padat di pusat atom. Nukleusnya sangat kecil, sehingga jika nukleusnya seukuran bola basket, sisa atomnya akan seukuran kota besar.

Satu hal yang agak membingungkan adalah bahwa kata nucleus dapat berarti hal-hal yang berbeda tergantung pada cabang ilmu pengetahuan Anda.

Dalam kimia, kata nucleus mengacu pada inti (atau pusat) dari sebuah atom. Dalam biologi, kata nucleus mengacu pada inti sel.

Neutron

Partikel berikutnya di dalam atom disebut neutron. Sama seperti proton, neutron juga terletak di dalam inti atom.

Neutron juga memiliki massa sekitar satu amu. Jadi proton dan neutron keduanya terletak di dalam nukleus dan keduanya memiliki massa sekitar satu amu.

Tidak seperti proton, neutron tidak membawa muatan listrik. Neutron adalah partikel netral. Semua atom dari unsur yang sama memiliki jumlah proton yang sama.

Apakah ini berarti mereka harus memiliki jumlah neutron yang sama?

Tidak!

Atom-atom dari unsur yang sama dapat memiliki jumlah neutron yang berbeda. Atom-atom dengan jumlah proton yang sama, tetapi jumlah neutronnya berbeda disebut isotop.

Sebagai contoh, semua isotop karbon memiliki jumlah proton yang sama yaitu enam. Namun, beberapa atom karbon akan enam neutron, beberapa memiliki tujuh neutron, dan beberapa memiliki delapan neutron.

Semua isotop ini akan bereaksi secara kimia dengan cara yang sama, tetapi mereka akan memiliki perbedaan dalam stabilitas nuklirnya, yang berarti bahwa beberapa akan dapat menjalani reaksi nuklir lebih mudah daripada yang lain. Ini karena mereka semua memiliki jumlah neutron yang berbeda dalam nukleusnya.

Elektron

Elektron adalah partikel subatomik yang stabil dengan muatan listrik negatif. Setiap elektron membawa satu unit muatan negatif (1,602 x 10-19 coulomb) dan memiliki massa yang sangat kecil dibandingkan dengan neutron atau proton.

Massa elektron adalah 9,10938 x 10-31 kg. Ini sekitar 1/1836 massa proton.

Simbol umum untuk sebuah elektron adalah e–.

Antipartikel elektron, yang membawa muatan listrik positif, disebut positron atau antielektron. Positron dilambangkan dengan menggunakan simbol e + atau β +.

Ketika sebuah elektron dan sebuah positron bertabrakan, kedua partikel tersebut dimusnahkan dan energi dilepaskan dalam bentuk sinar gamma.

Dalam sebuah atom, elektron mengorbit di sekitar inti atom yang bermuatan positif.

Dalam padatan, elektron adalah sarana utama untuk mengalirkan arus. Karena proton terikat dalam nukleus, sehingga proton tidak bergerak seperti elektron.

Interaksi antara elektron atom dan molekul menghasilkan reaksi kimia. Ikatan kimia terbentuk ketika elektron dibagi di antara atom.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.