5 Cara Login WhatsApp Web

Cara login WhatsApp Web paling mudah untuk pemula. WhatsApp Web merupakan nama yang tidak asing bagi pengguna WhatsApp. Sesuai namanya, WhatsApp Web sendiri menghubungkan akun WA dengan perangkat PC atau laptop. Biasanya pengguna terhubung dengan WhatsApp melalui smartphone.

Namun di WhatsApp Web ini kamu bisa menghubungkannya di perangkat lain seperti PC atau laptop. Tentu saja ada banyak keuntungan yang bisa didapat. Misalnya, kamu tidak perlu menghubungkan perangkat android untuk mengirimkan file yang ada di komputer. Artinya memang lebih simple dan sederhana nantinya.

Cara Login WhatsApp Web Paling Lengkap

cara-login-wa-web-tanpa-barcode

Untuk login di WhatsApp Web, kamu bisa menyesuaikan perangkat smartphone yang digunakan. Pasalnya, android dan IOS mempunyai cara berbeda. Hanya saja perbedaan tersebut tidak terlalu menonjol karena hanya ada di beberapa bagian saja. Tapi tetap saja kamu harus paham seperti apa langkah login yang benar. Dikutip dari teknoride, berikut cara login di WhatsApp Web:

1. Cara Masuk/Login WhatsApp Web Android

Kamu yang menggunakan perangkat android bisa login dengan cara yang sudah ada sebelumnya. Tenang karena cara login ini tidak terlalu rumit karena tidak membutuhkan waktu yang lama. Adapun caranya sebagai berikut:

  • Langkah pertama kamu harus membuka situs utama WhatsApp Web yang ada di https://web.whatsapp.com/. Buka website ini di perangkat PC atau laptop yang ingin terhubung dengan akun WhatsApp-mu.
  • Setelah masuk ke website resmi tersebut, kamu bisa membuka smartphone android yang telah disiapkan. Masuk ke aplikasi WhatsApp seperti biasa dan cari gambar titik tiga yang ada di bagian kiri atas.
  • Selanjutnya pilih menu WhatsApp Web yang ada di aplikasi
  • Setelah itu, kamu bisa beranjak ke tampilan website resmi yang sudah diakses melalui perangkat PC. Nanti muncul sebuah kode barcode di sana. Yang perlu dilakukan hanya scan QR Code di handphone dan arahkan ke kode yang ditampilkan di website tersebut.
  • Selesai, akun WhatsApp Web sudah terhubung ke perangkat PC. Kamu bisa menggunakannya sesuai kebutuhan.

Perlu diingat bahwa semua chat yang ada di WhatsApp bisa dilihat melalui WhatsApp Web. Inilah alasan kenapa fitur WhatsApp ini sangat membantu bagi pengguna yang ingin mengirimkan file atau dokumen tanpa harus berbagi ke perangkat lainnya.

2. Cara Masuk/Login WhatsApp Web IOS

Cara yang sudah disebutkan di awal adalah untuk pengguna android. Kini kamu yang menggunakan IOS tidak usah khawatir karena bisa menikmati fitur WhatsApp Web. Bagi yang ingin login, caranya tidak terlalu berbeda dengan sebelumnya.

Namun ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan karena menu di IOS beda dengan tampilan di android. Berikut cara loginnya:

  • Sama dengan sebelumnya, kamu harus membuka situs resmi WhatsApp yang ada di https://web.whatsapp.com/ terlebih dahulu untuk bisa login
  • Di tampilan website ini akan ada sebuah barcode khusus yang telah disediakan untuk login di WhatsApp Web.
  • Setelah menemukan barcode yang akan digunakan, kamu bisa beralih terlebih dahulu ke perangkat iPhone yang digunakan.
  • Seperti biasa kamu bisa membuka aplikasi WhatsApp yang telah terinstall di smartphone. Selanjutnya cari dan pilih gambar pengaturan di menu WhatsApp tadi.
  • Berikutnya kamu bisa klik WhatsApp Web di tampilan menu tersebut. Tidak jauh berbeda dengan sebelumnya, kamu harus scan QR Code yang telah disediakan di smartphone dengan mengarahkannya ke barcode di website WhatsApp sebelumnya.
  • Setelah itu, kamu bisa menggunakan WhatsApp Web di perangkat iPhone sesuai keinginan.

3. Login WhatsApp Web Tanpa Barcode

Cara yang sebelumnya dibahas adalah cara login di WhatsApp Web tapi menggunakan fitur barcode. Lantas apakah bisa jika ingin login di WhatsApp Web tapi tanpa barcode? Ternyata bisa. Ini cocok untukmu yang tidak mau ribet karena harus buka barcode dan scan barcode tadi. Berikut caranya:

  • Langkah pertama kamu bisa membuka browser yang digunakan di PC atau laptop. Bisa berupa Safari, Chrome, Firefox, Opera atau yang lainnya.
  • Setelah itu, kamu bisa masuk ke website resmi WhatsApp Web yang beralamat di https://web.whatsapp.com/. Sebelum melakukan scan barcode di awal penggunaan, kamu bisa mencentang bagian Keep me signed in atau Tetap Masuk yang tersedia di WhatsApp Web bagian awal.
  • Setelah itu, kamu bisa membuka WhatsApp di ponsel seperti biasa dan mengarahkan kode QR di layar laptop atau PC seperti biasanya. Pastikan melakukan cara ini dengan cepat karena kode QR cenderung berubah dan terbatas waktu.
  • Setelah menyelesaikan pemindaian, WhatsApp Web bisa langsung digunakan dengan tampilan yang sama persis dengan WhatsApp seperti biasa.

Cara ini sebenarnya cukup beresiko karena bisa saja data penting yang tersimpan di WhatsApp justru di curi. Hanya saja karena pengguna WhatsApp cenderung ingin cepat, cara login WhatsApp Web tanpa barcode ini sering digunakan. Alasannya karena memang tidak memakan banyak waktu.

Cara ini menekankan pada history yang kamu gunakan di PC. Jadi tidak heran kamu bisa login WhatsApp Web tanpa barcode. Cara ini cocok digunakan untuk pemakai komputer pribadi agar tidak terlalu beresiko.

4. Login WhatsApp Web Ponsel Ketinggalan

Ponsel ketinggalan memang sering terjadi dan sudah menjadi hal lumrah. Saat ponsel ketinggalan dan ternyata ingin login di WhatsApp Web, ternyata kamu bisa mengakalinya. Berikut langkahnya:

  • Langkah pertama kamu harus meminjam ponsel milik teman terlebih dahulu agar bisa menghubungi orang rumah dan mengaktifkan ponselmu. Pastikan orang rumah juga memiliki koneksi internet yang stabil agar tidak terganggu.
  • Cara ini membutuhkan kecepatan waktu sehingga perlu fokus saat memulainya.
  • Berikutnya, kamu bisa masuk ke website WhatsApp Web yang ada di https://web.whatsapp.com/. Seperti biasa nantinya akan muncul barcode yang akan digunakan untuk login.
  • Foto saja kode barcode tadi dan kirimkan ke orang rumah. Pastikan melakukannya dengan cepat.
  • Selanjutnya setelah orang rumah menerima kode barcode ini, pastikan melakukan pemindaian barcode dengan akun WhatsApp yang kamu miliki. Pastikan melakukannya dengan cepat agar barcode tidak terganti.
  • Setelah orang rumah melakukan barcode, kamu bisa login di WhatsApp Web. Cara ini cukup cerdas, khususnya bagi ponsel yang ketinggalan di rumah.

Untuk memulai cara ini, pastikan kamu melakukannya dengan cepat. Begitu pula dengan orang rumah yang dimintai tolong. Jangan sampai terlalu lama sehingga barcode sudah berganti. Tentu cara ini tidak akan berhasil.

5. Login WhatsApp Web melalui Emulator

Emulator bisa menjadi media terbaik bagi yang ingin login ke WhatsApp Web. Caranya sendiri juga tidak terlalu sulit. Bagi yang ingin mencoba, silahkan simak caranya berikut

  • Pertama, kamu harus mendownload emulator yang akan digunakan terlebih dahulu. Misalnya seperti Memu, Koplayer atau Bluestack. Di sini kami menggunakan Koplayer.
  • Setelah diinstall, login akun WhatsApp terlebih dahulu di aplikasi ponsel. Nantinya akan masuk SMS verifikasi yang dikirimkan ke nomor yang didaftarkan.
  • Setelah itu, kamu bisa menggunakan akun WhatsApp di Web.

Akhir Kata

Itulah cara login di WhatsApp Web yang bisa kamu coba di rumah. Siapapun bisa mencoba cara ini. Untuk cara standar memang ada di nomor 1 dan 2 di tutorial. Selamat mencoba!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.