Cara Seru Nonton YouTube di TV

Menonton YouTube bisa menjadi sarana hiburan ketika seharian penuh beraktivitas. Anda bisa bebas memilih video yang Anda minati misalnya, melihat video tutorial cara menonton TV di Laptop.  sebab terdapat ribuan bahkan jutaan video yang ada di platform berbagi video terbesar satu ini.

Namun, kadang kala ada beberapa orang yang kurang puas jika menontonnya dengan handphone atau laptop, yang notabene layarnya cuma 6 – 15 inc saja. Sebagus apapun handphonenya tetap saja tangan dan leher akan terasa pegal setelah berjam-jam nonton.

Tentu akan lebih menarik dan seru jika menonton YouTube dengan media yang layarnya lebih besar, di tv misalnya. Anda bisa menonton YouTube di sofa sambil menghisap sebatang rokok ditemani dengan segelas kopi hitam. 

Penasaran gimana caranya ? Berikut 5 cara mudah menonton YouTube di tv.

Cara Mudah Menonton YouTube di TV

1. Menggunakan Anycast

Cara menonton YouTube di tv yang pertama yaitu dengan Anycast. Untuk yang belum tahu, Anycast adalah sebuah teknologi tanpa kabel yang memungkinkan seseorang untuk menyambungkan dari satu perangkat ke perangkat layar lainnya. Misalnya, tampilan yang ada di layar ponsel bisa muncul di perangkat televisi. Sistem kerja teknologi penghubung perangkat tersebut menggunakan Wifi Direct. 

Untuk bisa menggunakan teknologi tersebut, dibutuhkan sebuah alat yang bernama Dongle Anycast atau Mira Screen. Nantinya alat tersebut bakal dicolokan ke port HDMI yang ada di tv. Perangkat seperti Dongle Anycast atau Mirascreen ini bisa Anda dapatkan di toko elektronik terdekat atau di toko online dengan kisaran harga 100 ribuan.

Jika alat tersebut telah terpasang di port HDMI TV Anda, langkah selanjutnya yaitu, masuk ke bagian menu setting pada ponsel android Anda. Kemudian pilih opsi “wireless mirroring or cast screen”  atau opsi sejenisnya. Umumnya, handphone Android saat ini sudah support dengan teknologi Anycast ini.

Jika kedua perangkat tersebut telah terhubung satu sama lain, nantinya layar TV akan menampilkan tampilan yang sama dengan yang ada layar ponsel Anda. Jadi, teknologi ini bisa dikatakan sebagai screen mirroring. Nah, untuk menonton video YouTube, tinggal buka aplikasi YouTube dan buka video yang ingin Anda tonton. 

2. Menggunakan Google Cast

Google Cast merupakan perangkat yang dikembangkan oleh Google Inc. Sama halnya dengan Anycast, Google Cast juga menggunakan perangkat sejenis Dongle yang khusus diciptakan oleh Google. Nama perangkat tersebut yaitu, Chromecast. Harganya sedikit lebih mahal dibanding Anycast, namun masih cukup terjangkau. 

Cara kerjanya mirip dengan Anycast, pasangkan Chromecast pada port HDMI TV Anda. Sebelum dapat menyambungkan layar hp ke layar TV, Anda harus menginstall aplikasi Google Home pada perangkat hp android Anda. Lalu atur melalui aplikasi tersebut untuk menyambungkan Chromecast dengan ponsel menggunakan kode.

Setelah tersambung, buka video yang ingin Anda tonton di YouTube, kemudian pilih opsi cast video di YouTube. Nantinya Chromecast menerima link video dari handphone dan akan menayangkannya di TV.

3. Menggunakan Teknologi Airplay 

Untuk cara yang satu ini hanya diperuntukan bagi perangkat dengan Sistem Operasi dari Apple. Airplay sendiri merupakan fitur yang diberikan oleh Apple dimana penggunanya dapat menghubungkan ke perangkat Apple lainnya. Misalnya Airpods dengan Macbook atau Iphone. Untuk menghubungkannya pun terbilang cukup mudah. Anda hanya perlu melakukan pairing bluetooth atau menggunakan QR Code.

Teknologi ini juga memungkinkan pengguna Apple TV untuk menampilkan tampilan game yang sedang Anda mainkan di Iphone atau Ipad. Termasuk menonton YouTube. 

4. Menggunakan Kabel HDMI

Jika ingin menyambungkan laptop dengan TV cukup menggunakan kabel HDMI. Hal ini dapat memungkinkan TV untuk bisa jadi layar kedua. Nah, pada perangkat ponsel juga terdapat teknologi yang serupa bernama MHL. 

MHL yaitu Mobile High Definition Link, sebuah teknologi yang memiliki kemampuan transfer data sangat cepat dari satu perangkat ke perangkat layar lain. 

Anda bisa mendapatkan perangkat ini di toko-toko elektronik terdekat atau membelinya di toko online. Cara kerjanya cukup mudah, pertama hubungkan MHL adapter ke ponsel Anda. Setelah itu sambungkan kabel MHL satunya ke port HDMI di TV. 

Namun ada hal yang perlu diketahui, tidak semua handphone compatible dengan teknologi MHL ini. Smartphone keluaran terbaru rata rata sudah tidak menyertakan fitur ini, mengingat teknologinya sudah tergantikan dengan Anycast yang lebih simple tanpa kabel. 

Nah, itu tadi seutas tips dari kami tentang cara menonton YouTube di TV. Dengan berbagai pilihan cara menonton YouTube di TV ini, Anda bisa memilih cara mana yang paling mudah. Cara mana yang ingin Anda coba terlebih dahulu? Kasih tau di kolom komentar ya

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.