Keutamaan Membaca Al Quran

Setiap orang Islam, pasti telah mengetahui bahwa membaca Al Quran adalah suatu hal yang diutamakan. Bahkan keutamaan membaca Al Quran ini juga tertuang dalam Al Quran dan hadist. Orang yang mendengarkan bacaan Al Quran saja mendapatkan keutamaan, apalagi jika membacanya.

Al Quran adalah kitab suci sekaligus sebagai pedoman hidup umat muslim. Sudah menjadi sebuah keharusan bagi orang yang beragama Islam untuk membaca, memahami, dan mengamalkannya. Banyak keutamaan yang didapatkan dengan membaca Al Quran tersebut.

Keutamaan Membaca Al Quran

Perintah membaca Al Quran merupakan perintah langsung dari Allah SWT. Hal tersebut juga tertuang didalam surat Al Quran. Allah SWT memberikan pahala dan imbalan bagi siapa saja yang mau membaca Al Quran. Hal ini disebut dengan keutamaan dalam membaca Al Quran.

  • Balasan Kebaikan yang Berlipat

Membaca Al Quran bukan hanya sebagai bentuk ibadah kepada Allah SWT. Lebih dari itu, dengan membaca Al Quran maka akan mendatangkan balasan kebaikan yang berlipat-lipat. Salah satunya adalah mendapatkan pahala, serta diberikan apa yang dibutuhkan.

  • Diampuni Dosa-Dosanya

Dalam menjalani hidup, terkadang bisa saja melakukan kesalahan yang berakibat dosa. Sebagai umat Islam yang baik, maka harus segera memohon ampun agar dosa-dosa tersebut diampuni. Salah satu cara untuk mewujudkannya adalah dengan membaca Al Quran.

Dengan membaca Al Quran, apalagi hingga menghatamkannya maka akan mendapatkan keutamaan untuk diampuni dosa-dosanya. Para malaikat akan senantiasa berdoa serta memohonkan ampun atas dosa yang Anda miliki.

  • Mendapatkan Syafaat di Hari Akhir

Hari kiamat merupakan sebuah peristiwa akhir dunia. Tidak ada yang tahu pasti kapan hari kiamat akan terjadi, namun yang perlu dipersiapkan adalah bekal dalam menyambutnya. Contohnya adalah dengan memperbanyak amal dan meminta ampun atas dosa yang dilakukan.

Keutamaan membaca Al Quran ini yaitu Anda akan mendapatkan syafaat pada hari kiamat nanti. Al Quran yang dibaca akan menjadi saksi bahwasanya Anda sering membacanya ketika hidup di dunia. Hal ini akan menjadi penolong dari siksa yang pedih.

  • Diangkat Derajatnya

Pada dasarnya, derajat dari setiap manusia adalah sama. Hal yang membedakannya hanyalah amal ibadah serta kebaikannya. Semakin banyak Anda berbuat baik dan beribadah, maka derajatnya juga akan semakin tinggi dihadapan Allah SWT.

Begitu juga dengan membaca Al Quran, dimana merupakan salah satu ibadah yang bisa mengangkat derajat dihadapan Allah SWT. Bahkan hal tersebut tertuang dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Muslim, dimana Allah akan mengangkat derajat kaum yang membaca Al Quran.

  • Membuat Hati Tentram dan Mendatangkan Rahmat

Bacaan Al Quran bisa membuat orang yang membacanya merasa tentram, nyaman, dan merasa semua beban menjadi hilang. Dapat diartikan bahwa Al Quran menjadi penawar dari keburukan yang ada dalam diri seseorang, dimana akan muncul rasa tidak tenang, tidak tentram, dan rasa sakit.

Selain itu Al Quran juga mendatangkan rahmat bukan hanya pada diri sendiri namun kepada semua umat. Setiap membaca Al Quran, secara tidak langsung Anda sedang mengingat Allah. Dengan demikian Allah akan memberikan rahmat bagi umat yang selalu mengingatNya.

  • Membantu Orangtua di Akhirat

Selain membawa keutamaan untuk diri sendiri, dengan rajin membaca Al Quran juga akan mendatangkan kebaikan bagi orang tua kelak. Ketika berada di akhirat nanti, orang yang senantiasa membaca Al Quran dapat membangungkan rumah bagi orangtuanya di surga.

  • Dapat Memberikan Petunjuk

Manusia diciptakan untuk senantiasa beribadah kepada Allah SWT. Tujuannya adalah agar kelak akan mendapatkan balasan sesuai perbuatannya di akhirat. Dalam hal ini manusia memerlukan tuntutan atau petunjuk agar dapat menjalani kehidupan dengan baik.

Di dalam Al Quran terkandung petunjuk yang akan senantiasa membawa dalam kebaikan. Dengan rajin membaca Al Quran maka akan dibukakan jalan kehidupan yang sesuai dengan perintah Allah SWT.

  • Memperoleh Banyak Pahala

Dalam sebuah hadits dijelaskan, bahwa orang yang mau membaca satu huruf saja dalam Al Quran akan mendapatkan satu pahala. Allah akan melipatgandakan pahala tersebut menjadi sepuluh pahala dari setiap pahala yang didapatkan.

Anda pasti sudah memiliki gambaran betapa banyaknya pahala yang didapatkan ketika membaca ayat-ayat Al Quran. Pahala yang dihitung adalah setiap hurufnya bukan setiap kata. Semakin banyak ayat yang dibaca maka akan semakin banyak pula pahala yang didapatkan.

  • Keutamaan Mempelajari dan Mengamalkan

Ketika membaca Al Quran, Anda sudah mendapatkan pahala yang tinggi dihadapan Allah SWT. Terlebih lagi jika mengamalkan perintah atau petunjuk yang ada di dalamnya, maka akan semakin tinggi pahala dan derajat yang didapatkan.

  • Pahala Bagi yang Masih Terbata

Bagaimana jika belum fasih membaca Al Quran? Allah SWT tetap memberikan pahala bagi siapa saja yang membaca Al Quran, meskipun masih terbata-bata. Niat yang kuat dan semangat untuk belajar membaca Al Quran dengan baik, akan diperhitungkan juga di akhirat nanti. Tempat belajar mengaji online juga kini mulai banyak dan lebih mudah dijangkau oleh semua umur dan semua kalangan.

  • Dikaruniakan Hati yang Bercahaya

Dalam sebuah hadits dari Abu Hurairah dijelaskan, bahwa orang yang mendengarkan satu ayat dari bacaan Al Quran, maka akan ditulis sebagai sebuah kebaikan dan akan dilipatgandakan. Selain itu bagi orang yang mau membacanya, akan diberikan cahaya di hari kiamat nanti.

Apabila Anda ingin bercahaya ketika hari kiamat, sudah sepatutnya untuk senantiasa menjaga bacaaan Al Quran setiap harinya. Selain mendatangkan pahala, juga menjadi penolong ketika dihisab atau ditimbang amal perbuatan selama di dunia.

Membaca Al Quran merupakan salah satu bentuk ibadah yang memberikan kebaikan bagi umat Islam. Keutamaan membaca Al Quran ini, akan membantu ketika hari kiamat kelak. Bukan hanya untuk kehidupan akhirat, namun juga untuk kebaikan di dunia.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.